PELATIHAN GURU SD PEMBIMBING OLIMPIADE MATEMATIKA SE-GUGUS 7 KECAMATAN SUKUN KABUPATEN MALANG

Ketut Suastika, Vivi Suwanti

Abstract


Tingkat kesulitan soal-soal olimpiade matematika yang berada jauh di atas soal-soal rutin. menutut guru pembimbing olimpiade matematika memiliki kemampuan yang lebih dari guru matematika Sekolah Dasar (SD) pada umumnya. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi para guru pembimbing olimpiade matematika terutama guru SD gugus 7 UPT Dinas pendidikan di kecamatan Sukun. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan 3 tahap yaitu a) tahap persiapan : identifikasi permasalahan mitra, diskusi solusi permasalahan, dan penyusunan materi workshop, b) tahap pelaksanaan : kegiatan 1 workshop dan kegiatan 2 latihan soal dan pembahasannya, c) tahap evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa a) peserta lebih aktif dan paham ketika dilibatkan dan praktik secara langsung dalam pengerjaan soal daripada hanya materi dan teori, b) kesulitan paling sering dihadapi peserta saat mengerjakan soal yang membutuhkan kemampuan berpikir kreatif.

Keywords


pelatihan, guru, Olimpiade Matematika

Full Text:

PDF

References


Awaliyah, G. 2017. Pelajar indonesia raih prestasi terbaik di olimpiade matematika. Republika.co.id (terbit online 24 Mei 2017 : http://m.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/17/15/04/oqg14n330-pelajar-indonesia-raih-prestasi-terbaik-di-olimpiade-matematika).

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Malang University Press

Kennedy, L.M., Tipps,S.,& Johnson, A.. 2008. Guiding Children’s Learning of Mathematics. California: Thomson Higher Education.

Welch, T. 2007. Introduction to Teaching Mathematics Through Problem Solving. (Online), (http://cnx.org/content/m14800/1.1/) diakses 20 November 2011

Syukarni, P. 2017. Olimpiade matematika internasional : indonesia raih medali emas. Tempo.co. (terbit online tanggal 1 Agustus 2017 : nasional.tempo.co/amp/896279/olimpiade-matematika-internasional-indonesia-raih-medali-emas).




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.