PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PADA LIFESKILL STORYTELLING

Risa Mufliharsi, Eva Nurul Candra

Abstract


Tehnik bercerita (storytelling) merupakan suatu tehnik yang berasal dari pengembangan keterampilan berbicara dan membaca. Dalam tehnik ini diperlukan penguasaan pengetahuan membaca yang mencangkup kosakata, ekspesi, intonasi dan genre. Proses imajinasi pembaca pun berperan penting dalam storytelling. Untuk meningkatkan keterampilan siswa pada program life skill storytelling, maka perlu adanya media yang tepat. Storytelling merupakan sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Kalau di film, para film maker bersenjatakan kamera; dikomik, para komikus bersenjatakan gambar dan angle cerita; dicerpen atau novel, para penulis bersenjatakan pena, diksi dan permainan kata serta deskripsi, dengan menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng.Dikarenakan kompleksitas dari storytelling dimana para siswa harus memahami konteks bercerita terlebih dahulu baru baru mengaktifkan aspek komunikasi dalam menyampaikannya kepada orang lain, maka tim mensosialisasikan website sebagai sarana pembelajaran yang dapat digunakan. Hasil dari pemanfaatan website ini terhadap lifeskill story telling adalah para siswa menjadi aktif semcari elemen – elemen cerita dari pertanyaan – pertanyaan yang siberikan sebelumnya, sehingga para siswa dapat mengeksplorasi cerita dengan interpretasi sendiri sebelum mereka membaca cerita tersebut.
Kata


Keywords


storytelling, website, cerita

Full Text:

PDF

References


Rahman, D. I. (2016). PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DENGAN TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA MATERI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1) , 61-70.

Wahlgren, B. M.-A. (2016). Expanding the traditional role of the adult education teacher–The development of relational competences and actions. Teaching and Teacher Education, 60 , 303-311.

Wardani, R. A. (2018). PENINGKATAN KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK STORYTELLING PADA SISWA KELAS I DI SDN SIDOMUKTI III. (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang) .

Wardoyo, S. L. (2017). IbM TPR Warm Up Game dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Karakter bagi Guru-guru PAUD di Kecamatan Tembalang Semarang. EDIMAS, 4(1) , 35-45.

https://www.kompasiana.com/pepihnu graha/5c026eacbde575219e4 e55e6/mengajar-menulis-4storytelling-yangmenggelinding ( diakses pada 15 Januari 2019) https://evrinasp.com/menulis-dengangaya-story-telling/ https://www.carolinaratri.com/2018/0 5/menulis-artikelstorytelling.html https://www.ilmubahasainggris.com/st ory-telling-pengertian-tujuandan-generic-structure-dalambahasa-inggris-besertacontohnya/ thi.or.id. (2015, March). thi.or.id. diakses Jumat 01 Maret, dari thi.or.id: www.thi.or.id




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v3i1.608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.