SOSIALISASI PENILAIAN KINERJA GURU DI SD/TK MUTIARA HATI KOTA TANGGERANG

Robiatul Munajah

Abstract


Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan dalam memberikan penjelasan tentang sosialisai penilaian kinerja guru di SD/TK mutiara hati kota tanggerang. Penilaian Kinerja Guru atau biasa disingkat PKG atau PK Guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan dan penerapan kompetensinya. Kegiatan Pengabdian masyarakat yang berbentuk pelatihan sosialisasi tentang penilaian kinerja guru di SD/TK mutiara hati kota tanggerang bertujuan: Menentukan tingkat kompetensi seorang guru; Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja guru dan sekolah; Menyajikan suatu landasan untuk pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja guru; Menyediakan landasan untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru; Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya serta mempertahankan sikap-sikap yang positif dalam mendukung pembelajaran peserta didik untuk mencapai prestasinya; Menyediakan dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir guru serta bentuk penghargaan lainnya.

Keywords


Penilaian, Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

References


Badan PSDMPPMP. 2012. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mulyasa, E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: BumiAksara.

Mulyasa, E. 2013. Uji kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: RemajaRosdakarya. Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Taufiq. 2006. Model-Model Pelatihan Bagi Pengawas Sekolah. Jakarta: DepartemenAgama RI.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v3i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.