PROGRAM PELATIHAN 3R UNTUK GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH IBTIDAYIAH AL KHOIRIYAH RENGASDENGKLOK, KARAWANG JAWA BARAT

Sulistyani Puteri Ramadhani

Abstract


Artikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, warga sekolah dan sekaligus peluang bagi mereka untuk bekerja pada pengolahan sampah yang dapat menghasilkan nilai bisnis. Lebih diutamakan, program ini juga memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di wilayah tersebut. Karena sampah-sampah inilah yang kemudian nanti mencemari sungai Citarum karena wilayah Rengasdengklok merupakan DAS dari sungai Citarum. Fakta membuktikan rata-rata satu orang akan menghasilkan sampah 0,76 Kg per hari. Oleh sebab itu program ini akan memberikan jalan keluar bagi permasalahan sampah di masa yang akan datang. Pelaksanaan kegiatan berupa pemberian materi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan berupa pendampingan dimana para siswa mendemonstrasikan sikap memilah sampah organic, nonorganik, dan B3 (beracun, bergas dan berbahaya) dalam mewujudkan sikap peduli terhadap sampah dan pendampingan sekolah sehat. Metode yang digunakan yaitu : (1) observasi awal untuk mengetahui kondisi mitra (2) mengadakan pre-test tentang 3R dan peduli sampah untuk guru dan siswa, (3) memberikan sosialisasi pelatihan untuk guru dalam membuat RPP berbasis Lingkungan, (4) dan mengadakan post test terkait 3R dan peduli sampah. Hasil dari pengabdian ini adalah (1) Guru dapat membuat RPP berbasis lingkungan bersih. (2) siswa di sekolah Madrasah Ibtidayiah AlKhoiriyah, Rengasdengklok, Karawang telah memahami materi 3R dan peduli sampah yang telah disampaikan, (3) siswa dapat memahami pelatihan mendaur ulang sampah dengan bahan plastik, (4) pelaksanaan action plan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Keywords


pengabdian masyarakat, karakter peduli lingkungan, peduli sampah, sekolah sehat

Full Text:

PDF

References


Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Hamzah Uno, 2015 Tugas Guru dalam Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Detik. https://news.detik.com/beritajawa-barat/d-3563781/hororsampah-di-sungai-citarum-masihmenghantuiPublishing.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v3i1.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.