SOSIALISASI PERAN IBU RUMAH TANGGA SEBAGAI PONDASI KETAHANAN BANGSA DI TENGAH COVID-19 PADA IBU PKK DESA BADAK BARU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Novita Majid

Abstract


Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan dalam memberikan penjelasan tentang sosialisai peran Ibu Rumah Tangga sebagai pondasi ketahanan bangsa di tengah Covid-19 pada Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa Badak Baru Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui ceramah dan tanya jawab (sharing). Pelaksanaan pengabdian ini akan dilaksanakan pada bulan Mei 2020. Adanya pendampingan sosialisasi ini diharapkan Ibu PKK Desa Badak Baru memahami akan pentingnya edukasi Covid-19 pada keluarga terlebih di tengah pandemi dengan kasus yang terjadi terus meningkat, dan mampu mengemban peran sebagai Ibu dan Istri yang hebat di dalam keluarga di tengah pandemi dan sebagai masyarakat yang cerdas mampu memberikan edukasi yang baik melalui media sosial. Dengan upaya yang sungguh-sungguh dari seluruh keluarga di Indonesia dalam pencegahan Covid-19 yang dibarengi dengan seriusnya upaya pemerintah dalam memeranginya, kita dapat meyakini hasilnya akan cepat terlihat dalam bentuk terkendalinya penyebaran penyakit ini. Pada akhirnya seluruh keluarga, masyarakat, bangsa dan negara kita akan dapat kembali meraih kehidupan yang aman, tenteram dan sejahtera.


Keywords


Ibu, Peran, Covid-19, Sosialisasi

Full Text:

PDF

References


Abeng, D. (2015). Jendela Keluarga Cetakan III. Bandung: MQS Publishing.

Budi. (2020, April 29). Warga Samarinda Terjaring, Abaikan Physical Distancing, Dihukum Push Up dan Menyanyi Indonesia Raya. Dipetik Mei 17, 2020, dari Tribun Kaltim: https://kaltim.tribunnews.com/2020/04/29/warga-samarinda-terjaring-abaikan-physical-distancing-dihukum-push-up-dan-menyanyi-indonesia-raya.

Cowie. (1994). Advanced Learner’s Dictionary (4th ED). . Britain: Oxford University Press.

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Herimanto, & Winarno. (2012). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soetjipto, A. W., & Adelina, S. (2013). Suara dari Desa Menuju Revitalisasi PKK. Tangerang Selatan: CV Marjin Kiri.

Yee-Jin, S. (2014). Mendidiik Anak di Era Digital. Bandung: PT Mizan Publik.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v3i2.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.