IMPLEMENTASI PENULISAN ILMIAH BERBASIS MEDIA MASSA MELALUI PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS PADA MAHASISWA SEMESTER 1 PGMI UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Budiansyah Budiansyah

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to improve the motivation of Scientific Writing on PGMI student UIN Raden Fatah Palembang. The type of research used is action research. Subjects in this study as many as 36 students semester 1 Year 2017. Data collected by observation, interviews, and documentation using data analysis techniques descriptive qualitative. The results showed that with Scientific Publications in Mass Media in Scientific Writing course can improve writing motivation, as evidenced by the observations made have achieved 75% success indicator. In the 1st cycle of the meeting 1 enthusiastic aspect of 62%, the aspect of defining the topic or title 57% aspects of editing, shooting, punctuation based, sentence structure by 55%, systematic aspects 56%, and aspects of publishing scientific papers by 55%. on the 2nd cycle of meeting 2, the enthusiasm aspect is 82%, the aspect determines the topic or title 80,83% aspect of editing, punctuation based, sentence structure 80,15%, systematic aspect 80,16%, and aspect publish scientific paper by 90%. The results of this study show that with the publication in mass media in the subjects of Scientific Writing can improve the motivation of writing to students PGMI UIN Raden Fatah Palembang.

Keyword: Implementation, Of Scientific Writing, Students

Abstrak: Tujuan dalam Pelatihan ini adalah untuk meningkatkan motivasi Menulis Ilmiah pada mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang. Jenis Pelatihan yang digunakan yaitu Pelatihan tindakan. Subjek dalam Pelatihan ini sebanyak 36 orang mahasiswa semester 1 Tahun ajaran 2017. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif. Hasil Pelatihan menunjukan bahwa dengan Publikasi Ilmiah di Media Massa dalam Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dapat meningkatkan Motivasi menulis, terbukti dengan pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan 75%. Pada siklus 1 pertemuan 1 aspek antusias sebesar 62%, aspek menentukan topik atau judul 57% aspek mengedit, berdasarkan tanda baca, struktur kalimat sebesar 55%, aspek sistematis 56%, dan aspek mempublikasikan tulisan ilmiah sebesar 55%. pada siklus 2 pertemuan 2, aspek antusias sebesar 82%, aspek menentukan topik atau judul 80,83% aspek mengedit, menyuting, berdasarkan tanda baca, struktur kalimat sebesar 80,15%, aspek sistematis 80,16%, dan aspek mempublikasikan tulisan ilmiah sebesar 90%. Hasil Pelatihan tersebut menunjukan bahwa dengan Publikasi di media massa dalam Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dapat meningkatkan motivasi menulis pada mahasiswa PGMI UIN Raden Fatah Palembang.


Kata Kunci: Implementasi, Penulisan Ilmiah, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pelatihan Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Mitra Karya.

Hasbullah, 2009. Dasar-Dasar Pendidikan Jakarta: Grafindo Persada

Husaini Usman, 2008 Metodologi Pelatihan Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mukayat, 1998. Penulisan Karangan Ilmiah. Bandung:CV Akademika Pressindo.

Rusmaini. 2014. IlmuPendidikan. Palembang: GrafikaTelindo Press.

Uno, B. Hamzah. 2008. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi aksara

W.S.Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Garasindo.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i01.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.