FUN MATH CLASS KELAS MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SD NEGERI 056035 KECAMATAN BESITANG

Nurhayati Malau, Lusia Novita Sari Situmeang, Novita Marlina Damanik, Indriani Pasaribu, Imelda Imelda

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKMM) yang didanai kemenristekdikti tahun 2018. Khalayak sasaran dari pengabdian ini adalah siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD Negeri 056035 Kecamatan Besitang. Kegiatan pembelajaran berbasis permainan tradisional di kelas telah dilaksanakan pada tanggal 2 juli 2018 hingga 28 juli 2018 yang diikuti oleh 20 peserta siswa/siswi SD. Dari hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah membantu pihak SD Negeri 056035 Kecamatan Besitang dalam menumbuhkan minat siswa terhadap pelajaran matematika, membantu siswa untuk tertarik terhadap matematika sehingga dapat menumbuhkan kemampuan matematikanya dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang Matematika. Hasil dari pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan berbasis permainan tradisional berjalan dengan baik dan siswa mampu menggunakan permainan tradisional dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Permainan Tradisional, Matematika, Siswa SD

This Community Service is a Community Service Student Creativity Program (PKMM) funded by Kemenristekdikti in 2018. The target audience of this service is the 5th and 6th grade students of 056035 State Elementary School in Besitang District. Traditional game-based learning activities in the classroom have been held on July 2 2018 to July 28 2018 attended by 20 elementary school students. From the results of the evaluation, the results and benefits of this service were obtained, including helping 056035 Public Elementary School in Besitang District to foster students 'interest in mathematics, helping students to be interested in mathematics so that they can develop their mathematical abilities and increase students' creativity in Mathematics. The results of the PKM implementation show that the learning process based on traditional games runs well and students are able to use traditional games in the learning process.

Keywords: Traditional Games, Mathematics, Elementary Students

 



Full Text:

PDF

References


Gibbs, Y. 2009. Upaya Peningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP Melalui Optimalisasi Pembelajaran Kontekstual Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Haloho, F.S. 2015. Perbedaan Kemampuan Kreatif Siswa Dengan Menerapkan Pendekatan Open-Ended Dengan Pembelajaran Biasa Di SMP Nasrani1 Medan. Skripsi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan.

Pramudiyanti, Noviana. 2013. Keefektifan Pembelajaran Model MMP Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dimensi Tiga. Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.