Home Berita Manfaatkan Dana Rp2,9 Miliar dari Pemerintah, Inkubator Inbistro Bina 9 Bisnis Rintisan

Manfaatkan Dana Rp2,9 Miliar dari Pemerintah, Inkubator Inbistro Bina 9 Bisnis Rintisan

Home Berita Manfaatkan Dana Rp2,9 Miliar dari Pemerintah, Inkubator Inbistro Bina 9 Bisnis Rintisan

Manfaatkan Dana Rp2,9 Miliar dari Pemerintah, Inkubator Inbistro Bina 9 Bisnis Rintisan

by Universitas Trilogi

Sejak tahun 2016 yang lalu, Universitas Trilogi telah mulai menjalankan sebuah inkubator bisnis yang bernama Inkubator Bisnis Trilogi (Inbistro). Lewat program tersebut, mereka bisa memberikan berbagai fasilitasi seperti co-working space, akses pendanaan, hingga bantuan penyempurnaan model bisnis dan pemasaran. Selain untuk mahasiswa mereka, Inbistro pun membuka program ini untuk startup potensial dari luar Universitas Trilogi.

 

Di tahun 2017 ini, Inbistro berhasil mendapatkan pendanaan sebesar Rp2,9 miliar dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Dana segar tersebut kemudian mereka manfaatkan untuk mendukung pertumbuhan sembilan bisnis rintisan yang tengah mereka bina.

 

“Dukungan ini adalah bukti bahwa negara hadir dalam upaya menciptakan generasi entrepreneur baru di negeri ini,” ujar Lahandi Baskoro, Direktur dari Inbistro. Lahandi sendiri merupakan dosen di Universitas Trilogi, dan sebelumnya pernah menjadi Senior Content Strategist di forum onlineKaskus.

Berikut ini adalah beberapa bisnis digital yang tengah dibina oleh Inbistro:

Xpert.id

Xpert adalah platform yang berusaha menghubungkan pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan para ahli yang bisa membantu pengembangan bisnis mereka. Lewat platform tersebut, kamu bisa menanyakan berbagai hal seputar bisnis yang kamu jalankan.

API Kingdom

API Kingdom adalah layanan yang bisa membantu para perusahaan yang ingin mengelola Application Programming Interface (API) secara online. Para developer pun bisa membuat API dan memonetisasi API tersebut lewat platform ini.

SaltDec M102

Bisnis ini membuat alat pengukur kualitas garam (NaCl), derajat keputihan, serta kadar air. Alat ini bisa digunakan secara portabel, serta bisa langsung mencetak hasil pengukuran yang didapat.


 

Selain para startup digital seperti di atas, Inbistro pun membina enam bisnis rintisan lain yang didominasi oleh sektor kuliner. Contohnya adalah Yourina yang mengembangkan yoghurt premium dengan probiotik, serta Pure Natural yang membuat jamu siap minum.

 

Di Indonesia sendiri telah ada beberapa universitas yang membuat inkubator untuk mendorong semangat entrepreunership para mahasiswa mereka, seperti Universitas Bina Nusantara dengan Binus Incubator dan Universitas Multimedia Nusantara dengan Skystar Ventures.

 

(Diedit oleh Septa Mellina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =