Home Berita COMPANY VISIT

COMPANY VISIT

Home Berita COMPANY VISIT

COMPANY VISIT

by Akuntansi Akuntansi

­­­COMPANY VISIT

2017

3 ACTION PART VIII

COMPANY VISIT

“STRATEGIC COST MANAGEMENT: THE WAY TO GET A COMPETITIVE ADVANTAGE IN DIGITAL ECONOMY ERA”

Rabu, 26 April 2017  Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI) mempersembahkan kembali COMPANY VISIT 3 Action Part VIII dengan tema “Strategic Cost Management: The Way to Get a Competitive Advantage in Digital Economy Era” . Company Visit kali ini bertujuan untuk mengajak peserta belajar mengenai Strategic Cost Management yang diterapkan pada PT. Indosat Tbk.

Acara dibuka oleh bapak Adrian Prasanto selaku Corporate Communication Indosat Ooredoo sebagai MC dan pemberi sambutan dari pihak PT. Indosat Tbk,  dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Trilogi Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. dan sambutan dari Ketua HIMAKSI Trilogi, Yuli Latifatun Ahsani. Selanjutnya Bapak Donny Febrio selaku Senior Project Manager, Pricing & Profitability memberikan materi seminar kepada para peserta Company Visit. Setelah semua materi telah disampaikan peserta diberi kesempatan untuk bertanya kepada pemberi materi serta pemberian doorprize kepada penanya terbaik. Sebagai tanda terima kasih atas kesediaan PT. Indosat Tbk, untuk menerima kunjungan, Universitas Trilogi memberikan plakat kepada PT. Indosat Tbk yang diberikan langsung oleh Rektor Universitas Trilogi Bapak Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

Selanjutnya yaitu berkunjung ke I-noc, yang mana I-noc ini adalah fasilitas yang digunakan sebagai pusat pemantauan performa jaringan Indosat secara Nasional. Peserta dibagi kedalam 4 batch untuk melihat kegiatan di I-noc. Untuk batch 1 sampai 4 peserta diberi kesempatan untuk melihat atau mengetahui kegiatan apa saja yang di lakukan di PT. Indosat Tbk,. Saat peserta berada di ruangan  I-noc dan dipandu oleh Bapak Andreas.

Dengan konsep acara ”Explore Education” maka kami juga memasukkan unsur hiburan dalam acara Company Visit tahun ini. Setelah mengunjungi PT. Indosat Tbk, kami melanjutkan perjalanan menuju Joglo Resort and Café, Ciapus, Bogor (Kampung Horta 2). Acara yang pertama ialah Welcome Drink, para peserta dijamu dengan minuman teh hangat dan makanan kecil. Setelah itu peserta dan panitia melakukan kegiatan pembuatan kue tradisional yang dilanjutkan dengan pembelajaran teknik-teknik mendasar membatik, serta kegiatan pembuatan boneka horta. Semua peserta terlihat sangat menikmati dan terhibur dengan diadakannya kegiatan di kampung Horta.

2018

COMPANY VISIT

BELAJAR MANAJEMEN RISIKO, MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI SAMBANGI PERTAMINA

Selasa, 16 Januari 2018 ratusan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi Jakarta menyambangi kantor pusat PT Pertamina (Persero). Kegiatan Company Visit ini dalam rangka mempelajari lebih dalam ilmu manajamen risiko yang diterapkan di Pertamina yang mana Manajemen Risiko itu sendiri menjadi materi perkuliahan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.

Dosen Universitas Trilogi, Dr. Anies Lastiati mengatakan, dengan diselenggarakannya kunjungan belajar ke Pertamina, mahasiswa Universitas Trilogi dapat memahami secara teknis bagaimana penerapan manajemen risiko dalam upaya mendukung jalannya roda bisnis Pertamina. Seperti yang kita ketahui bahwa PT. Pertamina sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  dengan manajemen risiko yang baik. Melalui Company Visit ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melihat korelasi antara teori yang mereka pelajari dengan praktik di perusahaan secara real.

Sementara itu, Vice President Enterprise Risk Management Pertamina Ludi Sugianto menyambut hangat kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Trilogi Jakarta. Dirinya mengapresiasi karena saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang peduli akan pentingnya memberikan materi terkait ilmu manajemen risiko. Beliau mengatakan bahwa dengan terselenggaranya acara tersebut menjadi suatu kehormatan bagi Pertamina atas adanya atensi dari Universitas atau lembaga pendidikan yang saat ini tertarik juga masalah Risk Management. Beliau juga memaparkan bahwasannya yang dimaksud risiko itu adalah konsekuensi dari suatu event yang mungkin terjadi, menghalangi atau mengganggu target kita.

3 ACTION PART IX

COMPANY VISIT

INSIGHT INTO FINANCIAL TECHNOLOGY, ACCOUNTING PRACTICES, AND REGULATIONS IN INDONESIA”

Kamis, 26 april 2018. Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI) mempersembahkan kembali COMPANY VISIT 3 ACTION Part IX dengan tema Insight Into Financial Technology, Accounting Practices, And Regulations In Indonesia. Selanjutnya peserta Company Visit menuju PT. YAKULT INDONESIA PERSADA di Sukabumi.

Sesampainya di PT. YAKULT INDONESIA PERSADA, peserta diarahkan menuju ruang seminar dimana seluruh peserta akan menerima presentasi dan mendapatkan welcome drink dari pihak Yakult, setelah mendapat materi seluruh peserta dan para dosen berkeliling melihat proses produksi Yakult. Setelah itu, sambutan dari Kaprodi Jurusan Akuntansi oleh ibu Sri Opti sekaligus penyerahan plakat kepada pihak Yakult, dan sambutan dari Marchela Benedicta Trisanti  selaku ketua Pelaksana Company Visit. Acara Company Visit di PT. YAKULT INDONESIA PERSADA diakhiri dengan foto bersama.

Selanjutnya adalah menuju Otoritas Jasa Keuangan. Sesampainya di tujuan, peserta dan dosen diarahkan menuju Wisma Mulia 2. Acara seminar dimulai dengan sambutan dari pihak OJK, Kaprodi Jurusan Akuntansi oleh ibu Sri Opti, dan Ketua HIMAKSI Trilogi oleh Dian Anatasya. Acara selanjutnya adalah seminar dengan tema FINTECH, dilanjutkan pemberian plakat oleh Ibu Sri Opti kepada Bapak Billy Syaputra selaku staff  Direktur Learning Center OJK. Acara di Otoritas Jasa Keuangan diakhiri dengan foto bersama. Selanjutnya  peserta mulai kembali ke bus masing-masing untuk kembali ke Universitas Trilogi. Selama diperjalanan seluruh peserta dan dosen dibagikan 1 pack Yakult yang telah disediakan oleh pihak Yakult.

2019

COMPANY VISIT

PENGENDALIAN INTERNAL, MAHASISWA UNIVERSITAS TRILOGI KUNJUNGI GARUDA TRAINING CENTER

Kamis, 14 Februari 2019 ratusan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi Jakarta menyambangi Garuda Training Center. Kegiatan Company Visit ini dalam rangka mempelajari lebih dalam ilmu pengendalian Internal yang diterapkan di Garuda Training Center yang mana Pengendalian Internal itu sendiri menjadi materi perkuliahan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.

Dosen Universitas Trilogi mengatakan, dengan diselenggarakannya kunjungan belajar ke Garuda Training Center, mahasiswa Universitas Trilogi dapat memahami secara teknis bagaimana penerapan Pengendalian Internal dalam upaya mendukung jalannya roda bisnis Garuda. Seperti yang kita ketahui bahwa  Garuda Training Center sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  dengan Pengendalian Internal yang baik. Melalui Company Visit ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melihat korelasi antara teori yang mereka pelajari dengan praktik di perusahaan secara real.

Sementara itu, Manajemen Garuda Training Center Harry Herlambang menyambut hangat kunjungan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Trilogi Jakarta. Beliau mengapresiasi karena saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang peduli akan pentingnya memberikan materi terkait ilmu Pengendalian Internal. Beliau mengatakan bahwa dengan terselenggaranya acara tersebut menjadi suatu kehormatan bagi Garuda Training Center atas adanya atensi dari Universitas atau lembaga pendidikan yang saat ini tertarik juga masalah Internal Control. Semoga dengan terlaksananya kegiatan tersebut dapat memberikan kita ilmu serta pengalaman baru yang dapat kita aplikasikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

3 ACTION PART X

COMPANY VISIT

”TRAIN YOUR INTEGRITY, ENERGY, INTELLIGENCE TO IMPROVE ACCOUNTANT COMPETITIVENESS”

Kamis, 25 April 2019 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI) mempersembahkan kembali COMPANY VISIT 3 ACTION Part X dengan tema ”Train Your Integrity, Energy, and Intelligence to Improve Accountant Competitiveness In Industry Revolution 4.0”. Kunjungan kali ini bertujuan ke Museum Bank Mandiri dan Pocari Sweat.

Kunjungan pertama Company Visit kali ini yaitu berkunjung ke Museum Bank Mandiri yang terletak di Pinangsia, Jakarta Barat. kegiatan pertama yang dilakukan yaitu berkumpul di auditorium untuk menampilkan video tentang ”Jakarta Tempo Doeloe” dan ”Sejarah Museum Bank Mandiri”. Setelah menonton video tersebut pihak Museum Bank Mandiri mengadakan sesi tanya jawab dan peserta berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dari pihak Museum Bank Mandiri. Selanjutnya semua peserta dibagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan kelompok bus untuk mengelilingi Museum Bank Mandiri, lalu dilanjutkan dengan foto bersama di Taman Museum Bank Mandiri dan diadakan briefing untuk pergi ke perusahaan selanjutnya.

Kunjungan kedua Company Visit yaitu ke Pocari Sweat yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Setibanya di Pocari Sweat, rangkaian acara pertama yaitu diadakannya foto bersama terlebih dahulu yang dilakukan di halaman Pocari Sweat. Setelah itu semua peserta diarahkan untuk ke ruang Auditorium untuk mengikuti acara selanjutnya. Sambutan juga dilakukan di dalam ruangan ini. Rangkaian acara selanjutnya yaitu mengelilingi pabrik Pocari Sweat yang dibagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan pembagian bis. Rangkaian acara selanjutnya yaitu bermain games diruangan 3D Pocari Sweat yang dilakukan ±30 menit. Setelah itu semua peserta diarahkan untuk menuju ke ruangan souvenir Pocari Sweat, pada saat itu pihak pocari sweat memberikan souvenir untuk para peserta dan panitia yang didalam souvenir tersebut terdapat produk-produk dari Pocari Sweat. Lalu saat itu dibagikan doorprize dari panitia company visit dan dari pihak pocari sweat. Rangkaian dilanjutkan untuk pulang menuju Universitas Trilogi.

COMPANY VISIT

TRAIN YOUR INTEGRITY, ENERGY, AND INTELLIGENCE TO IMPROVE ACCOUNTANT COMPETITIVENESS IN INDUSTRY REVOLUTION 4.0”

Kamis, 18 Juli 2019  Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI Trilogi) mempersembahkan kembali acara Company Visit dengan tema Train Your Integrity, Energy, and Intelligence to Improve Accountant Competitiveness In Industry Revolution 4.0” dimana tujuan kunjungannya yaitu ke Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan.

Kunjungan pertama Company Visit kali ini yaitu berkunjung ke Bank Indonesia yang terletak di Thamrin, Jakarta Pusat. Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu berkumpul di auditorium untuk mendengarkan sejarah Bank Sentral oleh Ibu Sari dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “sistem pembayaran non tunai” setelah itu pihak Bank Indonesia mengadakan sesi tanya jawab, apabila ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut dan ada yang mengajukan pertanyaan maka akan diberikan hadiah oleh pihak Bank Indonesia. Semua peserta diarahkan untuk berfoto bersama di auditorium.

Kunjungan kedua Company Visit yaitu ke Kementerian Perdagangan yang terletak di Jl. M.I. Ridwan Rais, Gambir, Jakarta Pusat. Rangkaian acara pertama yaitu sambutan dari Ibu Sri Opti, SE.Ak., MM. CA selaku Kaprodi Universitas Trilogi dan Ibu Fajarini Puntodewi selaku Kepala Biro Humas Kementerian Perdagangan yang juga dilakukan di dalam ruangan ini. Rangkaian acara selanjutnya yaitu pemaparan materi tentang ”Pemanfaatan E-Commerce di Era Revolusi Industry 4.0: Tantangan dan Peluang” yang disampaikan oleh Bapak I Gede Ketut Astawa selaku Direktur Bina Usaha dan Distribusi Kementerian Perdagangan. Rangkaian acara selanjutnya yaitu sesi foto bersama di ruangan tersebut. Rangkaian acara selesai dan dilanjutkan dengan kembali menuju Universitas Trilogi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =