Home Berita NATIONAL SEMINAR

NATIONAL SEMINAR

Home Berita NATIONAL SEMINAR

NATIONAL SEMINAR

by Akuntansi Akuntansi

NATIONAL SEMINAR

2017

3 ACTION PART VIII

NATIONAL SEMINAR

“STRATEGIC COST MANAGEMENT: THE WAY TO GET A COMPETITIVE ADVANTAGE IN DIGITAL ECONOMY ERA”

Kamis, 20 April 2017  Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI Trilogi) mempersembahkan kembali acara Seminar Nasional 3 Action Part VIII dengan tema Strategic Cost Management: The Way to Get a Competitive Advantage in Digital Economy Era”  di Auditorium Universitas Trilogi.

Acara pertama dibuka dengan Keynote Speech oleh Prof. Lindawati Gani, MBA., MM, Ak., CA., FCMA., CGMA dengan tema ”Accounting and Growth of the Digital Economy Era in Indonesia”. Pada sesi ini, Ibu Linda menjelaskan mengenai pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dan menjelaskan peranan akuntansi dalam perkembangan ekonomi digital. Selanjutnya pada sesi pertama, dengan tema ”Digitalized Accounting and E-commerce Potential Growth in Indonesia” dengan moderator Ibu Novita, S.E, Ak, M.Ak, CA yang memandu jalannya penyampaian materi oleh para narasumber, yaitu Bapak Norman Sasono (www.bizzy.co.id), Bapak Regi Ade Pratama, S.IP (Elevenia), dan Aprilia Hasrul Sani (Start Up Universitas Trilogi). Pada sesi ini, para narasumber memaparkan mengenai potensi pertumbuhan e-commerce di Indonesia dan bagaimana peranan digitalisasi akuntansi dalam mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia, lalu dilanjutkan sesi tanya jawab. Sebelum masuk dalam sesi kedua, terdapat sosialisasi yang disampaikan oleh Jasa Raharja yang di pimpin oleh Bapak Samuel Winarko, SH, Bapak Syafarudin, SE, dan Bapak Pri Susiladi, SH. Sosialisasi ini membahas mengenai profil Jasa Raharja dan program-program yang terdapat di dalam Jasa Raharja.

Acara seminar dilanjutkan ke sesi berikutnya dengan tema ”Achieve Competitive Advantage through Strategic Cost Management”, dengan Ibu Lely Dahlia, S.E, Ak, M.Ak sebagai moderator yang memandu jalannya pemaparan materi oleh Bapak Irsan Lubis, M.Akt., Ak., BKP., CAP (KPP Irsan Lubis & Rekan). Pada sesi ini, pembicara membahas tentang keunggulan kompetitif dengan menerapkan manajemen biaya strategis.

Seminar dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Dr. Hendrikus Passagi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memaparkan bagaimana manajemen biaya strategis dalam menciptakan keunggulan bersaing dari e-commerce terutama start-up.

2018

3 ACTION PART IX

SEMINAR NASIONAL

INSIGHT INTO FINANCIAL TECHNOLOGY, ACCOUNTING PRACTICES, AND REGULATIONS IN INDONESIA”

Selasa, 17 April 2018 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI Trilogi) mempersembahkan kembali acara Seminar Nasional 3 Action Part IX dengan tema Insight Into Financial Technology, Accounting Practices, And Regulations In Indonesia di Auditorium Universitas Trilogi.

Acara dibuka dengan dengan Keynote Speech oleh Bapak Saryo, SH., MH dengan tema ”Perkembangan FinTech, Praktisi Akuntansi,  dan Regulasi di Indonesia”. Pada sesi ini, Bapak Saryo menjelaskan mengenai bagaimana perkembangan regulasi terhadap financial technology di Indonesia. Serta dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada Bapak Saryo selaku Keynote Speech yang diberikan langsung oleh Bapak Dr. Aam Bastaman. Selanjutnya yaitu sesi pertama, dengan tema ”Perkembangan dan Strategi Start up FinTech dalam menciptakan keunggulan bersaing bagi pertumbuhan ekonomi indonesia” dengan moderator Ibu DR. Anies Lastiati yang memandu jalannya penyampaian materi oleh para narasumber, yaitu Bapak Yuniar Kris Santoso (VP Bussines Development Wallezz Finansial Teknologi) dan Bapak Teddy Setiawan Tee (Founder & CEO Cashlez Worldwide Indonesia). Pada sesi ini, para narasumber memaparkan mengenai bagaimana perkembangan dan strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing Start up FinTech bagi pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Sebelum masuk dalam sesi kedua, ada perbincangan dan games dengan salah satu tamu undangan kita yaitu Jefri Nichol selaku Artis Muda, perbincangan ini sedikit membahas bagaimana tanggapan dari Jefri Nichol mengenai Fintech dan Start Up.

Pada sesi kedua dengan tema ”Sistem Praktisi Akuntansi & Regulasi yang ditetapkan akibat perkembangan FinTech di Indonesia”, dengan Ibu Muyassaroh, SE., Ak., MM., CA. sebagai moderator yang memandu jalannya pemaparan materi oleh Bapak Bagas Setiaji, MBA. (Analis Junior Direktorat Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Financial Technology Otoritas Jasa Keuangan) dan Ibu Ersa Tri Wahyuni Ph.D., CA (Anggota DSAK-IAI). Pada sesi ini pembicara memaparkan bagaimana sistem praktisi akuntansi dan regulasi yang ditetapkan untuk para pelaku perusahaan besar maupun start up akibat perkembangan FinTech di Indonesia.

2019

3 ACTION PART X

NATIONAL SEMINAR

”TRAIN YOUR INTEGRITY, ENERGY, AND INTELLIGENCE TO IMPROVE ACCOUNTANT COMPETITIVENESS”

Kamis, 11 April 2019 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI Trilogi) mempersembahkan kembali acara Seminar Nasional 3 Action Part X dengan tema Train Your Integrity, Energy, and Intelligence to Improve Accountant Competitiveness in Industry Revolution 4.0”  di Auditorium Universitas Trilogi.

Acara dimulai dengan Keynote Speech oleh Bapak Isnaeni Achdiat CISA., CISM., CGEI dengan tema Integrity: Membentuk Dasar Karakter Akuntan yang Berintegritas”. Pada sesi ini, Bapak Isnaeni menjelaskan mengenai mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan serta kejujuran. Selanjutnya pada sesi pertama, membahas tentang Energy: Kekuatan yang dibutuhkan untuk Kolaborasi dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0” yang dipandu oleh moderator kita Ibu Novita, SE.Ak., MM., CA. dalam penyampaian materi oleh para narasumber. Sesi pertama ini di isi oleh Bapak Isnaeni Achdiat CISA., CISM., CGEI (Partner PT Ernst & Young Indonesia), Ibu Andar Ramona Sianaga, SST., Ak., MPP., CA, CPA, BPK (Kementerian Keuangan Republik Indonesia), Bapak Taufan Anggi Brata, SE., Ak., MBA, CPA (Senior Manager Finance Operations and Tax-Indonesia Stock Exchange) dan Bapak DR. Tito Sulistio (Direktur Utama dan Independen PT. Citra Marga).

Sebelum memasuki sesi kedua, ada pemberian Sertifikat Zahir dan penandatanganan MOU Oleh Ibu Shanaz Ubud selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan kepada PT. ZAHIR INTERNASIONAL yang diwakili oleh Bapak Adhi Praditia,  M.Pd. Pada sesi kedua dengan tema Intelligence: Pengaruh Intelegensi dalam Peningkatan Kompetensi Profesi”, dengan Ibu Anies Lastiati SE. Ak., MHRM., M.Educ.Stud., CA. sebagai moderator yang memandu jalannya pemaparan materi oleh  Bapak Adhi Praditia, M.Pd (PT. Zahir Internasional Training and Certification Manager). Pada sesi ini pembicara memaparkan apa saja kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Sehingga mempengaruhi kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Sebelum acara seminar ini selesai, terdapat penampilan dari Guest Star yaitu Ebel (Stand Up Comedian).

SEMINAR NASIONAL AUDITING VOL 1

KECURANGAN PADA LAPORAN KEUANGAN DAN STRATEGI ANTI-FRAUD PERUSAHAAN DI ERA DIGITAL”

Kamis, 03 Oktober 2019 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi mempersembahkan Seminar Nasional Auditing Vol. 1 yang di dukung oleh ACFE (Association of Certified Fraud Examiners) Indonesia Chapter yang bertema Kecurangan pada Laporan Keuangan dan Strategi Anti-Fraud Perusahaan di Era Digital” di Auditorium Universitas Trilogi.

Acara pada sesi pertama, membahas mengenai Peran Akuntan Forensik & Audit Investigasi dalam Mendeteksi Kecurangan Pelaporan Keuangan di Era Digital dan Peran Profesi Akuntan dalam Menghadapi Kecurangan Pelaporan Keuangan dengan Pendekatan Pentagon di Era Digital” yang dipandu oleh moderator kita Ibu Novita, SE.Ak., M.Ak., CSRS., CA. Pada penyampaian materi oleh para narasumber, sesi pertama diisi oleh Mairizal Chaidir, CA, CACP, CFE selaku pihak ACFE (Association of Certified Fraud Examiners) Indonesia Chapter  dan Bapak Jamaludin Iskak , MSi., Ak., CA., CPI., ACPA., CPA selaku Partner KAP Jamaludin, Ardi, Sukimto & Rekan (Member Firm Of Audittrust International). Pada sesi ini, para narasumber menjelaskan tentang peran para akuntan forensik mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan di era digital. Karena pada era ini profesi akuntan forensik dituntut untuk bisa mendeteksi dan mengidentifikasi kecurangan dengan pendekatan pentagon di era digital serta peran profesi akuntan dalam mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan berdasarkan model pentagon.

Sebelum istirahat, ada pemberian kenang-kenangan dari ACFE (Association of Certified Fraud Examiners) Indonesia Chapter kepada pihak Universitas Trilogi yang berisi Jurnal APFJ (Asia Pacific Fraud Journal) yang dikelola ACFE Indonesia Chapter, Report to The Nation (RTTN) riset ACFE Global 2018, Survei Fraud Indonesia ACFE Indonesia Chapter 2016.

Pada seminar sesi kedua dengan tema Tantangan Perusahaan dalam Menghadapi Kecurangan Pelaporan Keuangan di Era Digital” dengan Ibu Dr. Nurul Aisyah Rachmawati, SE., M.S.Ak sebagai moderator yang memandu jalannya pemaparan materi oleh Bapak Irwan Dwiyana Makdoerah dan Bapak Boyke Wibowo Hukijat. Pada sesi ini, pembicara memaparkan berbagai tantangan bagi perusahaan dalam menghadapi kecurangan pelaporan keuangan di era digital dan kemampuan perusahaan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional dalam menghadapi peluang terjadinya kecurangan di suatu perusahaan karena perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Sebelum acara seminar selesai ada sosialisasi mengenai Sertifikasi Teknisi Akuntan yang disampaikan oleh Ibu Khoirina Farina, S.E., MS.Ak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − seven =