Home Berita Ulasan Acara Seminar Mechatronic 2020

Ulasan Acara Seminar Mechatronic 2020

Home Berita Ulasan Acara Seminar Mechatronic 2020

Ulasan Acara Seminar Mechatronic 2020

by Teknik Informatika

Pada hari rabu, tanggal 11 Maret 2020, Himpunan Mahasiswa Program Studi Informatika ( HIMATIKA) telah melaksanakan seminar dengan tema “Mechatronic Introduction” di Ruang Damandiri Universitas Trilogi. Narasumber dari acara ini merupakan salah satu mahasiswa dari Program Studi Informatika angkatan 2019 yaitu mas Reza Pahlevi yang telah memiliki segudang pengalaman di bidang Mechatronic dan berprestasi internasional yaitu salah satunya di region ASEAN yaitu peraih medali emas tahun 2014 di Hanoi-Vietnam.

Acara seminar Mechatronic dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Trilogi, kemudian langsung dibuka oleh Bapak Yaddarabullah.S.Kom.,M.Kom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Trilogi. Beliau menyampaikan pesan secara khusus kepada para peserta seminar agar dapat mempergunakan momen seminar ini untuk menambah pengetahuan di bidang mechatronic yang akan berguna bagi para peserta yang tertarik belajar mechatronic.

Setelah pembukaan yang telah disampaikan oleh bapak Yaddarabullah, maka dilanjutkan pada sesi materi yang dibawakan oleh  mas Reza Pahlevi. Materi yang dibawakan oleh mas Reza Pahlevi dimulai dengan pengenalan tentang seputar apa yang dimaksud dengan bidang Mechatronic. Sejarah dari Mechatronic sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 oleh perusahaan Jepang yaitu Yaskawa Electric Cooperation dan dalam pengapliasianya dimanfaatkan di berbagai industri manufaktur yang ada di dunia seperti mesin perakit mobil secara otomatis, Smart House, mesin pembuat botol air mineral dan lainnya. Dalam ceramahnya mas Reza Pahlevi memprediksi dalam 5 tahun kedepan, penerapan mechatronic di Industri di Indonesia akan semakin meningkat, serta kebutuhan akan pakar yang menguasai bidang tersebut akan sangat dibutuhkan. Untuk itu perlu dilakukan persiapan semenjak sekarang untuk dapat menjadi pemain di bidang mechatronica dan bukan hanya sebatas penonton saja dalam waktu 5 tahun mendatang.

Di Akhir sesi dari pemaparan materi dilakukan sesi tanya jawab secara interaktif kepada peserta seminar dan setiap penanya mendapatkan marchandise yang telah disiapkan oleh panitia

Facebook : http://facebook.com/trilogiti

Instagram : http://instagram.com/trilogiti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 12 =