Home Biodata Singkat & CV Lely Dahlia

Biodata Singkat & CV Lely Dahlia

Home Biodata Singkat & CV Lely Dahlia

Biodata Singkat & CV Lely Dahlia

by admin trilogi

BIODATA SINGKAT:LELY DAHLIA

 

Lely Dahlia, lahir pada tanggal 4 Agustus 1973 di Jakarta. Tercatat sebagai Dosen Universitas Trilogi pada Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Jejak hidupnya dapat ditemukan di akun instagram @lelydahlia dan facebook lelydahlia. “Dalam hidupnya, segala sesuatu perlu diperjuangkan dengan doa dan ikhtiar”.  Ia adalah Alumni dari Universitas Trilogi (dh STEKPI), mendapat gelar Sarjana Ekonomi (Manajemen) pada tahun 1996 dan Sarjana Ekonomi (Akuntansi) pada tahun 2002, serta meraih gelar Magister Akuntansi dari Universitas Indonesia (FEB-UI) dengan konsentrasi Bidang Ilmu Akuntansi Manajemen pada tahun 2008. Dalam karirnya di Universitas Trilogi, Ia memulainya sebagai Asisten Dosen pada beberapa mata kuliah, yaitu Akuntansi, Statistik, dan Matematika, dan kemudian banyak melibatkan diri di dalam pengembangan organisasi dan kepanitian baik di tingkat universitas, maupun program studi. Ia pernah menjadi Kepala Laboratorium Akuntansi (2005-2006), Sekretaris Jurusan Manajemen (2006-2007), Kepala Sub Direktorat Laboratorium (2009-2010), Kepala Program Studi Akuntansi (2010-2011), Direktur Pelayanan Mahasiswa dan Alumni (2011-2013), Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni (2013-2014), Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu Akademik (2017), Sekretaris Satuan Penjaminan Mutu Akademik (2018), Kepala Bagian Akreditasi dan Sertifikasi Dosen merangkap Kepala Bagian Data dan Informasi, Badan Penjaminan Mutu (2018 – sekarang), serta Ketua Koperasi Trilogi Mandiri Sejahtera (2019 – sekarang). Salah satu prestasinya adalah membangun unit usaha ritel koperasi yaitu Trilogi Mart Warung Kita untuk kalangan anggota koperasi, mahasiswa, civitas akademika Universitas Trilogi, dan masyarakat umum. Beberapa artikel ilmiahnya yang ditulis bersama mahasiswa dan dosen sudah dipresentasikan pada berbagai konferensi nasional dan internasional di Indonesia, dan diantaranya  dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah Bijak tahun 2020, Buletin IAMI: 10 Besar Paper Terbaik, Edisi Khusus Juni 2020, serta di berbagai e-proceeding. Ia juga beberapa kali menjadi narasumber/instruktur pada Pelatihan Akuntansi sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Kulon Progo, Kota Yogyakarta, dan Bengkalis, Pekanbaru.


Accounting Lecturer Universitas Trilogi

  1. Identitas Diri

 

1. Nama Lengkap : Lely Dahlia, S.E., M.Ak
2. Jenis Kelamin : Perempuan
3. Jabatan Fungsional : Lektor
4. NIK : 020601
5. NIDN : 0304087302
6. Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 4 Agustus 1973
7. E-mail : lelydahlia@trilogi.ac.id
8. Nomor Telepon : 021-7980011 / 7981350
9. Alamat Kantor : Gedung Universitas Trilogi, Jl. TMP Kalibata, Jakarta Selatan, 12760
10. Nomor Telepon/Faks : 021-7980011 / 021-7981352
11. Alamat Rumah : Jl. Mawar 5 No.60, RT 09 RW 04, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, 13850
12. Status : Menikah, dengan 3 anak
13. Mata Kuliah yang Diampu : 1. Bisnis dan Akuntansi
2. Akuntansi Keuangan
3. Akuntansi Biaya
4. Akuntansi Manajemen
5. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen
6. Akuntansi Manajemen Lanjutan
7. Praktikum Akuntansi Biaya
8. Praktikum Akuntansi Manajemen

 

  1. Riwayat Pendidikan

 Pendidikan Formal

No Jenjang Pendidikan Tahun Pendidikan Bidang Ilmu Nama Sekolah/Universitas
1. Strata – 2 2006 – 2008 Akuntansi Universitas Indonesia
2. Strata – 1 1999 – 2002

1992 – 1996

Akuntansi

Manajemen

STEKPI

STEKPI

3. SMA 1989 – 1992 IPA SMAN 70, Jakarta
4. SMP 1986 – 1989 SMPN 56, Jakarta
5. SD 1980 – 1986 SD Triguna, Jakarta

 Pendidikan Informal/Pelatihan/Workshop

No Jenis Pendidikan Informal/Pelatihan/Workshop Tahun Tempat/Instansi Penyelenggara
1. Bimtek Peningkatan Mutu Program Studi 2019 Jakarta/LLDIKTI III
2. AsiaWorks – Advanced Course 2019 Jakarta/AsiaWorks Indonesia
3. AsiaWorks – Basic Training 2019 Jakarta/AsiaWorks Indonesia
4. Workshop Pemutakhiran Kurikulum yang Mengacu pada KKNI dan SN-DIKTI 2018 Universitas Trilogi
5. Workshop Model Sistem Pembelajaran Blended 2018 Universitas Trilogi
6. Pelatihan Moodle 2018 Universitas Trilogi
7. Bimtek Teknik Pemutakhiran Dokumen SPMI 2018 Universitas Trilogi
8. Bimtek Peningkatan Mutu Institusi – Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT 3.0) 2018 Bogor/LLDIKTI III
9. Workshop Mata Kuliah Citra Diri 2018 Universitas Trilogi
10. Pelatihan Instruktur (TOT) Mata Kuliah Soft Skill 2017 Universitas Trilogi
11. Workshop Audit Mutu Internal SPMI 2016 Universitas Trilogi
12. Workshop on Material Flow Cost Accounting (MFCA) 2016 Jakarta/Asian Productivity Organization (APO)
13. Pelatihan Instruktur (TOT) Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2015 Puncak, Bogor/Kementerian Tenaga Kerja RI
14. Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2015 Universitas Trilogi/Asosiasi Lembaga Pelatihan Jasa K3 Indonesia
15. Pelatihan Excel Untuk Akuntan dan Auditor 2015 Universitas Trilogi/Microsoft  Indonesia
16. Pelatihan “Optimalisasi Peran Petugas Rehabilitasi dalam Organisasi Sosial” 2014 Badan Narkotika Nasional (BNN)
17. Workshop Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang Mengacu pada KKNI 2014 Universitas Trilogi
18. Pelatihan Pendidikan Anti Korupsi Bagi Dosen Perguruan Tinggi 2013 Jakarta/Kopertis III
19. Workshop Desain Pembelajaran Bagi Dosen Universitas Trilogi 2013 Universitas Trilogi/Center for Teaching Staff Development, UIN Yogyakarta
20. Workshop Jati diri, Nilai-nilai dan Pembelajaran Universitas Trilogi 2013 Universitas Trilogi

 

  1. Riwayat Pekerjaan
No. Nama Jabatan Periode Jabatan
1. Dosen Tetap Program Studi Akuntansi – Universitas Trilogi 2002 – sekarang
2. Kepala Bagian Akreditasi dan Sertifikasi Dosen merangkap

Kepala Bagian Data dan Informasi , Badan Penjaminan mutu – Universitas Trilogi

2019 – sekarang
3. Ketua Koperasi Trilogi Mandiri Sejahtera 2019 – sekarang
3. Kepala Bagian Akreditasi dan Sertifikasi Dosen, Badan Penjaminan Mutu – Universitas Trilogi 2018 – 2019
4. Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu Akademik – Universitas Trilogi 2017
5. Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni – Universitas Trilogi 2013 – 2014
6. Direktur Pelayanan Mahasiswa dan Alumni – STEKPI 2011 – 2013
7. Ketua Program Studi Akuntansi – STEKPI 2010 – 2011
8. Kepala Sub Direktorat Laboratorium – STEKPI 2009 – 2010
9. Staf Kantor Kendali Mutu – STEKPI 2008 – 2009
10. Sekretaris Jurusan Manajemen – STEKPI 2006 – 2007
11. Kepala Laboratorium Akuntansi – STEKPI 2005 – 2006
12. Asisten Dosen untuk Mata Kuliah Akuntansi , Statistik, dan Matematika – STEKPI 1999 – 2002

 

  1. Pengembangan Organisasi
No. Jabatan Dalam Organisasi/Kepanitiaan Tahun
1. Tim Pengelola Jurnal Trilogi Accounting and Business Research (TABR), Program Studi Akuntansi – Universitas Trilogi 2020
2. Anggota Tim Pemutakhiran SPMI – Universitas Trilogi 2018 – 2020
3. Koordinator Event – Call For Paper pada 1st National Conference on Accounting and Auditing Program Studi Akuntansi – Universitas Trilogi 2019
4. Bendahara Tempat Uji Kompetensi Mandiri, Program Studi Akuntansi – Universitas Trilogi 2019 – sekarang
5. Koordinator Undangan dan Kegiatan Internal Pada Acara Pengajaran Jarak Jauh (Teleteaching): Jakarta – Natuna – Timika – Kerjasama Universitas Trilogi dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) 2019
6. Ketua Pelaksana Audit Mutu Internal – Universitas Trilogi 2019
7. Ketua Tim Pemutakhiran Balanced Scorecard dan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran 2019 – Universitas Trilogi 2018 – 2019
8. Koordinator Pemilihan Dosen Berprestasi – Universitas Trilogi 2018
9. Sekretaris Tim Penyempurnaan Statuta Universitas Trilogi 2018
10. Bendahara International Conference on Cold, Chain and Logistic – Direktorat Bina Produktivitas (NPO Indonesia) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi 2018
11. Tim Penyusun Kurikulum Program Studi Akuntansi – Universitas Trilogi 2018
12. Sekretaris Tim Pemutakhiran KPI Dosen – Universitas Trilogi 2017
13. Auditor Mutu Internal – Universitas Trilogi 2017 – sekarang
14. Moderator Seminar Nasional Akuntansi “Strategic Cost Management: The Way To Get The Competitive Advantage in Digital Economy Era 2017
15. Tim Penyusun Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Universitas Trilogi – Penanggung Jawab Standar 3 2017
16. Koordinator Pemilihan Mahasiswa Berprestasi – Universitas Trilogi 2017
17. Koordinator Pelaksana Acara Wisuda – Dies Natalis Universitas Trilogi Tahun Akademik 2016/2017 2016 – 2017
18. Dosen Pembimbing Lapangan KKN Mahasiswa – Universitas Trilogi 2017 – sekarang
19. Ketua Pelaksana Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) – Universitas Trilogi 2015
20. Koordinator Lomba Karya Tulis (Essay) dan Puisi Bagi Mahasiswa Secara Mandiri – Universitas Trilogi 2015
21. Anggota Tim Penerbitan Buku Pedoman Mahasiswa Tahun Akademik 2014/2015 – Universitas Trilogi 2014 – 2015
22. Ketua Pelaksana Wisuda Tahun Akademik 2013/2014 – Universitas Trilogi 2013 – 2014

 

  1. Seminar/Webinar
No Judul Seminar/Webinar Penyelenggara Tahun
1. Akuntansi New Normal: Peluang dan Riset Terkait IAI dan FEB Universitas Jember 2020
2. “Evolusi ERP dan Tantangannya di Era Digital” Universitas Trilogi dan ED-SEN (Electronic Data With Sense) 2020
3. Challenges To New Normal An ERM Approach IAMI 2020
4. “Dampak Covid 19 Bagi Profesi Akuntan Manajemen Dalam Mempersiapkan Laporan Keuangan Yang Berkualitas” IAMI 2020
5. “Mendeteksi Kecurangan Melalui Akuntansi Forensik & Investigasi” The Center of Indonesian Forensic Accounting Studies (CIFAST) 2020
6. Seminar Nasional 1st National Conference on Accounting and Auditing: “Preventing Fraud in Era 4.0” Universitas Trilogi dan ACFE 2019
7. Seminar Nasional Parade Riset Akuntansi (PRA) 4: “Bumdes dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Oleh Akademisi” IAI Jabar dan Universitas Pakuan, Bogor 2019
8. Trilogi Accounting Competition and Seminar (TACS) Vol.1: Kecurangan pada Laporan Keuangan dan Strategi Anti-Fraud Perusahaan di Era Digital Universitas Trilogi 2019
9. Seminar International Management Accounting IMAC 2019
10. Seminar Nasional Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi; Penerapan Akuntansi Forensik dan Audit Investigasi dalam Mengatasi Fraud di Kalangan Kerah Putih” Universitas Trilogi & ACFE Chapter             Indonesia 2018
11. Peran Akreditasi Institusi dalam Mendukung Upaya Menjadi Universitas yang Berdaya Saing Global Universitas Mercu Buana 2017
12. Seminar Nasional Akuntansi “Strategic Cost Management: The Way To Get The Competitive Advantage ini Digital Economy Era Universitas Trilogi 2017
13. Seminar Nasional Komitmen Indonesia Atas Automatic Exchange of Information ISEI 2017
14. CPD Event; “Decision Making in The New ERA” IAI & CIMA 2016
15. Seminar Nasional “ Dampak Tax Amnesty Terhadap Pelaporan              Keuangan Sesuai PSAK 70 Universitas              Mercu Buana 2016

 

  1. Publikasi
No Tahun Judul Publikasi
1. 2020 Pengaruh Pengendalian Internal, Motivasi, Kompensasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai, ditulis bersama Ayu Dwi Puspitasari, dipresentasikan pada Parade Riset Akuntansi (PRA) 4, diselenggarakan oleh Universitas Pakuan, Bogor, Oktober 2019, dan diterbitkan pada Jurnal Ilmiah Bijak, STIAMI, Volume 17 No. 1, 2020.
2. 2020 Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan BUMD Dengan Intervensi Pengendalian Sebagai Variabel Moderasi, ditulis bersama Anisa Nurpaida, dipresentasikan pada 1st IAMI Call For Essay and Paper, diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI), September 2019, dan diterbitkan pada Buletin IAMI 10 Besar Paper Terbaik, Edisi Khusus Juni, 2020.
3. 2019 Digitalisasi Koperasi dan Produk UMKM di Indonesia, ditulis bersama Anies Lastiati, dan Novita, dan dipresentasikan pada 1st IAMI Call For Essay and Paper, diselenggarakan oleh Ikatan Akuntansi Manajemen Indonesia (IAMI), September 2019.
4. 2019 Kaizen Costing Dan Kualitas Layanan Administrasi Akademik Studi Kasus: Biro Administrasi Akademik Universitas Trilogi 2019, ditulis bersama Nurisa Anzani, M. Zamzami, dan Aulia Nurazizah, dan dipresentasikan pada 1st National Conference on Accounting and Auditing (NCAA), diselenggarakan oleh Universitas Trilogi, Desember 2019, dan diterbitkan pada e-Proceeding NCAA (ISSN 2715-5293).
5. 2019 Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 Dan Persepsi Keamanan Teknologi Untuk Menjelaskan Perilaku Penggunaan Uang Elektronik Di Jakarta Selatan, ditulis bersama Bunga Sukma Mefatisani, dan dipresentasikan pada 3rd National Conference On Business, Management and Accounting (NCBMA), diselenggarakan oleh Universitas Pelita Harapan Karawaci, Oktober 2019, dan diterbitkan pada Proceeding of NCBMA (ISBN 978-979-96162-7-2).
6. 2019 Analisis Profitabilitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing Pada Vast Consulting, ditulis bersama Dea Ivana, dan dipresentasikan pada 1st National Conference on Accounting and Auditing (NCAA), diselenggarakan oleh Universitas Trilogi, Desember 2019, dan diterbitkan pada e-Proceeding NCAA (ISSN 2715-5293).
7. 2019 Pengaruh Prinsip Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Fintech Paypro), ditulis bersama Wilis Dwi Jayanti, dipresentasikan pada 1st National Conference on Accounting and Auditing (NCAA), diselenggarakan oleh Universitas Trilogi, Desember 2019, dan diterbitkan pada e-Proceeding NCAA (ISSN 2715-5293).
8. 2019 Analisis Penerapan Environmental Management Accounting dengan Material Flow Cost Accounting Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Perusahaan (studi kasus pada PT. IPT), ditulis bersama Gabrielie Adelina  Katherine, dipresentasikan pada 1st National Conference on Accounting and Auditing (NCAA), diselenggarakan oleh Universitas Trilogi, Desember 2019, dan diterbitkan pada e-Proceeding NCAA (ISSN 2715-5293).
9. 2019 Penerapan Kaizen Costing Dengan Menggunakan Activity Based Management Untuk Mengurangi Biaya Produksi Pada Pabrik Susu X, ditulis bersama Dinah Diyanasari, dipresentasikan pada 1st National Conference on Accounting and Auditing (NCAA), diselenggarakan oleh Universitas Trilogi, Desember 2019, dan diterbitkan pada e-Proceeding NCAA (ISSN 2715-5293).
10. 2019 Pengaruh Penerapan Enterprise Risk  Management    Dalam    Mengantisipasi  Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Ritel Yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 -2017), ditulis bersama Nur Khaliza Luthfiyanti, dipresentasikan pada Parade Riset Akuntansi  (PRA) 4, diselenggarakan oleh Universitas Pakuan, Bogor, Oktober 2019, dan diterbitkan pada Prosiding Parade Riset Akuntansi 4 (ISBN 978-623-91696-8-8).
11. 2019 Pengaruh Good Governance, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Pengendalian Internal Terhadap kinerja Organisasi, ditulis bersama Sephin Lustia Dipajora, dipresentasikan pada Parade Riset Akuntansi  (PRA) 4, diselenggarakan oleh Universitas Pakuan, Bogor, Oktober 2019, dan diterbitkan pada Prosiding Parade Riset Akuntansi 4 (ISBN 978-623-91696-8-8).
12. 2018 Pengaruh    Kerangka Levers Of Control  Dan Organizational   Learning  Terhadap  Peningkatan Organizational Performance, ditulis bersama Ani Suftiani, dipresentasikan pada The 2nd Airlangga National Conference of Accounting (ANCA), diselenggarakan oleh PSDKU Universitas Airlangga, Banyuwangi, November 2018, dan diterbitkan pada Prosiding The 2nd Airlangga National Conference Of Accounting (ANCA) (ISBN 978 602 6185617).
13. 2014 Analisis     Pengaruh     Sumber     Daya    Manusia, Dukungan Sentra Kulakan Posdaya (Senkudaya), Pengelolaan Warung Posdaya/KAKB, dan Modal Sosial Terhadap Pengembangan Warung Posdaya/KAKB    di    Kabupaten    Kulonprogo,   DI Yogyakarta, ditulis bersama Tim Dosen Universitas Trilogi, dipresentasikan pada Seminar Nasional Universitas Trilogi, Bogor, 2014.
14. 2010 The Effect of Corporate Social Responsibility on Firm Performance (Empirical Study of Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange 2005 & 2006), dipresentasikan pada Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh STIE Perbanas, Surabaya, 2010.
15. 2008 Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia 2005 & 2006), dipublikasikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XI, diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura, Pontianak, Juli 2008.

 

  1. NarasumberPelatihan
No Tahun Judul Kegiatan Penyelenggara
1. 2020 Pelatihan Pelaporan Akuntansi Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi EMKM – Siklus Akuntansi Dan Diskusi Ide Bisnis 3K Foundation, Depok
2. 2020 Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan untuk UMKM – Persamaan Dasar Akuntansi 3K Foundation, Depok
3. 2019 Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan untuk Pengembangan UMKM di Desa Pamijahan LPPM Universitas Trilogi
4. 2019 Pelatihan Penghitungan Biaya Produksi untuk Pengembangan UMKM di Desa Pamijahan LPPM Universitas Trilogi
5. 2019 Workshop Kepemimpinan Dasar Universitas Trilogi
6. 2018 Penyusun Soal Ujian Profesi Akuntan Publik – Materi Sistem Informasi dan Pengendalian Internal Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI)
7. 2018 Pelatihan Penyusunan Proposal dan Anggaran Berbasis Microsoft Excel dan Word Perikapi (PT PII)
8. 2018 Pelatihan Akuntansi Bagi UMKM Dalam Rangka Kegiatan Pra-Inkubasi  Program Pengembangan Kewirausahaan Inkubator Bisnis Universitas Trilogi Inkubasi Bisnis Universitas Trilogi (Inbistro)
9. 2017 Pelatihan Akuntansi Nirlaba untuk Organisasi Pos Pemberdayaan Masyarakat se-Jabodetabek LPPM Universitas Trilogi
10. 2017 Pelatihan Akuntansi Biaya untuk Start Up dalam Kegiatan Business Connection dan Capacity Building Inkubator Bisnis Universitas Trilogi
11. 2014 Instruktur Pelatihan MYOB Accounting Untuk Guru-Guru SMA/SMK se-Kabupaten Bengkalis, Pekan Baru, Sumatera Selatan

 

Pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis, Sumatera Selatan
12. 2008 Widyaswara Calon Ahli Auditor (Akuntansi dan Non Akuntansi) BPK-RI BPK-RI

 

8. Perolehan HKI dan Sertifikasi

No. Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor P/ID/Nilai
1. Digitalisasi Koperasi dan Produk UMKM di Indonesia 2020 Karya Seni

(Poster)

EC00202002823/

000176256

2. MYOB Accounting Software – Intermediate Level 2014 Sertifikasi 83/100
3. MYOB Accounting Software – Basic Level 2010 Sertifikasi 99/100