IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR PENDIDIKAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS TRILOGI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dalam perkuliahan pengantar pendidikan berbasis projek untuk meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi PGSD Universitas Trilogi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai Juni 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam perkuliahan pengantar pendidikan terdiri atas beberapa aspek utama, yakni meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Serta, kemampuan soft skill mahasiswa dapat ditingkatkan melalui pengembangan nilai-nilai karakter dalam wujud sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan kerja sama dalam kegiatan pembelajaran pengantar pendidikan berbasis projek.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Soft Skill Mahasiswa, Pembelajaran Pengantar Pendidikan Berbasis Projek.Full Text:
PDFReferences
Educating for Character: How Our School Can Teach Res- pect and Responsibility. New York, To- ronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.
Marzuki. 2012. “Pengembangan Soft Skill berbasis Karakter melalui Pembe- lajaran IPS SD”. Makalah Semnas Pengembangan Soft Skill Berbasis Ka- rakter di IKIP PGRI Madiun, 1 April 2012. http://staff.uny.ac.id/, diunduh tanggal 17 November 2014.
Putra, I. S. & Pratiwi, A. 2005. Sukses dengan Soft Skills. Bandung: Direktorat Pen- didikan Institut Teknologi Bandung.
Rosyiidah, Afiifah Al. 2013. “Pendidikan Karakter pada Classic Fairy Tales”. Jurnal Pedidikan Karakter, Tahun III/ Nomor 3. h. 252. Yoyakarta: LPPMP UNY.
Wahab, Rochmat. 2010. Kontribusi UNY Untuk Pendidikan Karakter, di laman: http://staff.uny.ac.id.pdf, diunduh tang- gal 29 Sepember 2012.
Zuchdi, Darmiyati et. al. 2011. Model Pen- didikan Karakter Terintegrasi. Yogya- karta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.120
Refbacks
- There are currently no refbacks.