IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR PENDIDIKAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS TRILOGI

Winda Amelia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter dalam perkuliahan pengantar pendidikan  berbasis  projek untuk  meningkatkan  kemampuan  soft  skill  mahasiswa.  Metode yang digunakan merupakan  penelitian  tindakan  kelas dengan  pendekatan model  Kurt Lewin.  Penelitian  ini  dilakukan  dalam  dua  siklus.  Subjek  penelitian  adalah  mahasiswa  Prodi  PGSD Universitas Trilogi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret sampai Juni 2017. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa implementasi  pendidikan  karakter  dalam  perkuliahan  pengantar pendidikan  terdiri  atas  beberapa  aspek  utama,  yakni  meliputi  aspek  perencanaan,  pelaksanaan,  dan  evaluasi  pembelajaran. Serta, kemampuan  soft  skill  mahasiswa  dapat  ditingkatkan  melalui  pengembangan nilai-nilai karakter dalam wujud sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli dan kerja sama dalam kegiatan pembelajaran pengantar pendidikan berbasis projek.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Soft Skill Mahasiswa, Pembelajaran Pengantar Pendidikan Berbasis Projek.

Full Text:

PDF

References


Educating for Character: How Our School Can Teach Res- pect and Responsibility. New York, To- ronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Marzuki. 2012. “Pengembangan Soft Skill berbasis Karakter melalui Pembe- lajaran IPS SD”. Makalah Semnas Pengembangan Soft Skill Berbasis Ka- rakter di IKIP PGRI Madiun, 1 April 2012. http://staff.uny.ac.id/, diunduh tanggal 17 November 2014.

Putra, I. S. & Pratiwi, A. 2005. Sukses dengan Soft Skills. Bandung: Direktorat Pen- didikan Institut Teknologi Bandung.

Rosyiidah, Afiifah Al. 2013. “Pendidikan Karakter pada Classic Fairy Tales”. Jurnal Pedidikan Karakter, Tahun III/ Nomor 3. h. 252. Yoyakarta: LPPMP UNY.

Wahab, Rochmat. 2010. Kontribusi UNY Untuk Pendidikan Karakter, di laman: http://staff.uny.ac.id.pdf, diunduh tang- gal 29 Sepember 2012.

Zuchdi, Darmiyati et. al. 2011. Model Pen- didikan Karakter Terintegrasi. Yogya- karta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i01.120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.