ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PANTUN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BAM, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa SMA Negeri 4 Surakarta: Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(1), 281-301.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.
Do'embana, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Pantun
Melalui Teknik Balas Pantun di Kelas IV SDN 1 Tatura. Jurnal Kreatif
Tadulako, 4(6), 121007.
Fatmawati, P. Y. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Dengan Video Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas VI SDN 1 Rangkasbitung Timur. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 1(1), 9-17.
Firdausi, T., Rahmawati, R. D., & Ekayani, D. (2019). Peran Orang Tua sebagai Pendidik dalam Keterampilan Berbicara Anak Usia SD dari Komunitas Sedulur Sikep. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik
Pendidikan, 28(1), 55-59.
Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku
Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), 119-125.
Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196-210.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis
Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.
Magdalena, I., Khofifaturrahmah, M., Nurbaiti, L., & Padyah, P. (2021).
Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Peninggilan 1. NUSANTARA, 3(1), 41-47.
Margareta, N. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Kelas 3 SD Negeri 2 Bangoan. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9), 121-131.
Murti, F. N. (2017). Jejak pesona pantun di dunia (Suatu tinjauan diakronik-komparatif). FKIP e-Proceeding, 543-558.
Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis
Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP
PGRI Bojonegoro, 1(1).
Novianti, I., & Fatimah, V. S. (2019). Pengaruh Bahasa Daerah dan Gaul
Terhadap Guru dan Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan, 1, 543–549.
Novianti, W. S., Herlina, H., & Kusumajati, W. K. (2019, December).
Meningkatkan Keterampilan Pelafalan Siswa melalui Media Podcast. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190-200.
Panjaitan, C. J., & Hasanah, U. (2018, September). Meminimalisir kesulitan membaca dengan metode reading aloud pada siswa min 1 langsa. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 547-552).
Permana, E. P. (2016). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah
Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133-140.
Purwanti, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS ( THINK TALK WRITE ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 52–56.
Rezeki, N., Syahrial, S., & Surya, Y. F. (2019). Peningkatan Keterampilan
Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Pair Share.
Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 946-954.
Saputri, R. W., Amalia, N. (2018). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas tinggi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Selo
(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Manajemen Tools, 9(1), 41–52. Retrieved from http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191
Sari, Y., Syahrul, R., & Rasyid, Y. (2018). Hubungan antara keterampilan
membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil
observasi siswa kelas X SMK Negeri 3 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 446-453.
Setiawati, A. (2016). Peningkatan Keterampian Berbalas Pantun Dengan
Metode IOC Berbantu Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IV SDN Bringin 02 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Shara, A. (2019). Analisis Kemampuan Menentukan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas V Sd Negeri 161 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 346-352.
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v6i1.1463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.