Pengembangan Aplikasi KKN Berbasis Android (Studi Kasus Universitas Lampung)
Abstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Lampung (Unila) merupakan mata kuliah yang wajib diikuti
oleh seluruh mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang menempuh program sarjana/strata (S1). KKN adalah
bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu
dan daerah tertentu. Kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah
setingkat desa yang telah ditentukan oleh pihak Unila. Bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN
diwajibkan mendaftarkan diri dengan mengisi form yang telah disediakan oleh pihak BP-KKN yang terdapat di
website KKN. Semua info mengenai kegiatan KKN sudah tertera pada website KKN. Akan tetapi untuk
memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi mengenai KKN dan melakukan pendaftaran, penilitian
ingin membangun sebuah aplikasi KKN yang diperuntukkan khusus bagi mahasiswa Universitas Lampung yang
berbasis Android. Aplikasi ini dapat digunakan mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal KKN,
mendaftar sebagai peserta KKN, mendapatkan informasi mengenai lokasi penempatan dan peta lokasi desa,
mendapatkan informasi mengenai Dosen Pembimbing Lapangan yang menjadi pembimbing di wilayah yang
telah ditentukan, informasi mengenai nilai yang di dapat setelah kegiatan KKN selesai dan dapat juga mengirim
dan mengelola laporan kegiatan harian mahasiswa. Dengan ini mahasiswa dapat lebih mudah dalam mendapatkan
informasi mengenai KKN. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) pengujian fungsional dengan menggunakan
metode Black Box Testing dan teknik Equivalence Partitioning (EP) memperoleh hasil sesuai dengan yang
diharapkan, (2) pengujian dan penilaian menggunakan kuisioner dengan perhitungan hasil kuisioner
menggunakan metode Skala Likert yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 87.12%, nilai ini termasuk dalam
kategori “Sangat Baik”. Dari hasil penilaian yang didapat maka aplikasi ini berjalan sangat baik dan dapat
digunakan oleh mahasiswa Universitas Lampung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar,S.2011. Sikap dan Perilaku. Dalam:SikapManusiaTeoridanPengukurannya.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Pratama, Danzen H. 2017. Pengembangan Sistem Pelaporan Kegiatan KKN Berbasis Android. Lampung:Universitas Lampung.
Pressman,R,S. 2001. Software Engineering A Practitioner’s Approach Fifth Edition. McGraw-Hill Companies, Inc, New York.
R, Setiawan, Pengujian Perangkat Lunak Berbasis Flow Graph, Cyclomatic Complexity dan Graph Matrix, Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA) 2017. ISBN: 978-602-50525-0-7
DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v1i1.326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JOURNAL IDENTITY
Journal Name: Journal Information System and Science Technology
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing)
Indexing: Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index Copernicus, WorldCat, Scilit, Dimensions (find by DOI article)
OAI address: http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)
Contact: jurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)
license :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia.
Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.