Pengembangan Penilaian Otentik Berbasis Website
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin lama semakin pesat dibidang teknologi informasi, salah satu contohnya adalah teknologi internet. Pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar belum banyak sekolah yang memanfaatkan dengan baik teknologi ini. Seperti layanan untuk mengetahui informasi nilai. Penilaian otentik dalam konteks penilaian karakter merupakan penilaian yang berdasarkan atas kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik. Hal tersebut untuk mengetahui perkembangan kreatifitas, kemampuan, belajar dan karakter peserta didik. Maka dari itu, guru harus mampu mengatur strategi dan mengembangkan model penilaian karakter dalam penilaian otentik berbasis website guna meningkatkan komunikasi antara guru siswa dan orang tua murid. Selain itu, guru berusaha mampu berlaku adil dan mampu menilai atau mengidentifikasi karakteristik yang dimiliki peserta didik. Pengolahan data nilai otentik atau penilaian karakter saat ini masih menggunakan cara manual, proses ini dinilai cukup lamban dan dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk menjaga keakuratan data tersebut. Oleh karena itu diperlukannya pengembangan sistem untuk mengefisienkan waktu dan keakuratan data. Melalui penelitian ini peneliti berusaha untuk mengembangkan suatu produk instrumen penilaian berbasis website yang berdaya guna. Pada penelitian ini produk yang dihasilkan adalah model instrumen penilaian berbasis website sebagai alternatif alat penilaian yang mudah di akses dan bersifat otentik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arronoff, Stanley. 1989. Geographic Information System: A Management Perspective, Ottawa, Canada: WDL Publication.
Coles, Robert. 2016. Menumbuhkan Kecerdasan Moral pada Anak. Jakarta: Gramedia.
Dja’ali. H. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dharma kesuma, et.al. 2012. Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik di Sekolah. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Kulik C & Kulik J. 1994. In: Baker EL & O’Neill HF (eds) Technology assessment in Education and Training. New Jersey, Hillsdale: Lea Publishers
Mukhtar & Iskandar. 2016, Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press
Suhartono, Suparlan. 2015. Pengantar Ilmu Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM Scardamalia, M., and Bereiter, C., Schofield,J.W. 1996. Computers and Classroom Culture. New
York: Cambridge University Press.
Shambaugh, Neal & Susan G.Magliaro. 2006. Instructional Design. United States of America:
Lybrary of Congress Cataloging in Publication Data.
Salamah. 2016. “Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume
, No 1, April 2016.
Suparno, P., dkk. 2015. Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah: Suatu Tinjauan Umum. Yogyakarta:
Kanisius.
Suyadi. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Tedi Kurnia, Dini Destiani, Asep Deddy Supriatna., jurnal Perancangan Sistem Informasi Akademik
Nilai Siswa Berbasis Web (Studi Kasus : SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut). (diakses
pada tanggal 05 Juni 2017).
Zainal Arifin. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakara
DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v1i2.721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JOURNAL IDENTITY
Journal Name: Journal Information System and Science Technology
Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi
e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing)
Indexing: Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index Copernicus, WorldCat, Scilit, Dimensions (find by DOI article)
OAI address: http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)
Contact: jurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)
license :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia.
Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.