BRANDING, PACKAGING DAN PROMOSI “NOGA” SEBAGAI PRODUK UNGGULAN KELOMPOK TANI MUKTI DESA SUKAJADI, TAMANSARI, BOGOR
Abstract
Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di di Kampung Gadogsisi, Desa Sukajadi, Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bertujuan untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan promosi panganan lokal Noga yang merupakan produk unggulan kelompok tani “Mukti Tani”. Metode pelaksanaan berupa edukasi dan pendampingan dalam merumuskan merek dan disain kemasan produk serta pelatihan digital marketing untuk promosi produk Noga. Hasil dari kegiatan ini berupa merek yang mudah diingat dan kemasan poduk Noga yang lebih elegan serta memiliki nilai jual yang lebih baik, serta menjangkau konsumen yang lebih banyak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, D. (2019). Pengaruh Merek (Brand), Kemasan (Packaging) dan Harga (Price) Terhadap Keputusan Pembelian Selai Buah Homemade Marwah di Medan. Jurnal Manajemen Tools, 11(2), 1–12. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/687
Foster, B., Reyta, F., Johansyah, M. D., Nadeak, B., & Sormin, E. (2020). Peranan Desain Kemasan dan Branding Dalam Peningkatan Citra Merek Produk Usaha Unggulan Bandung Selatan. In Jurnal Comunita Servizio (Vol. 2, Issue 2). http://ejournal.uki.ac.id/index.php/cs/article/view/2898
Irayani, I. G. A., & Ayuningsasi, A. A. K. A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Jenis Produk Terhadap Pemanfaatan E-commerce dan Omzet Penjualan Pada UMKM di Kota Denpasar. E-JURNAL EKONOMI PEMBANGUNAN UNIVERSITAS UDAYANA, 10(2), 658–685. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/60632
Khurniawan, A. W., Rivai, M., & Turijin. (2019). Pengembangan Kewirausahaan SMK: Profil Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. In W. Kamdi, Suwarna, H. Muhammad, I. Ismara, & Irmawaty (Eds.), Vocational Education Policy, White Paper (No. 1; 5th ed., Vol. 1). Direktorat Pembinaan SMK, Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud RI. https://www.researchgate.net/publication/338101832_Pengembangan_Kewirausahaan_SMK_Profil_Pelaku_Usaha_Mikro_Kecil_Dan_Menengah_UMKM_Di_Indonesia
Lidyasuwanti, A., Rinuastuti, H., & Furkan, L. M. (2017). Pengaruh Kemasan, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Pancake Durian Sharie Radjanya di Kota Mataram. JURNAL MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS MATARAM, 6(2), 1–17. https://jmm.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/105
Mulyadi, G. (2015). Pengaruh Merek dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Jurnal Ekonologi, 2(1), 105–109. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1127
Permadi, A. H., Rifisani, A. , Timur, A. J. L. P. , Syakina A., Wiguna, D. P. , Nurwati, D., Purwanto, H. , Mutaharoh, H. L. , Ariestanto, I. , Setyawan, L. H. , Hidayatulloh, M. , Ibad, M. N. , Mahfudz, Mas’an, M. H. , Amin, Moh. , Kamid, M. S. , Muchlis, Yusuf, M. , Yakin, N. A. , … Ibad, Z. (2020). Bisnis UMKM di tengah Pandemi : Kajian Komunikasi Pemasaran (1st ed.). Unitomo Press. https://www.google.co.id/books/edition/BISNIS_UMKM_DITENGAH_PANDEMI/6E72DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=umkm+di+masa+pandemi&pg=PA41&printsec=frontcover
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Tim Yanmas DPKM-UGM. (2020). Dampak Awal Pandemi Covid-19 terhadap UMKM. https://pengabdian.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/854/2020/05/Dampak-Awal-Pandemi-COVID-19-terhadap-UMKM.pdf
Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 9(2), 65–74. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/1820
DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v5i1.1198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.