PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KAIN FLANEL BAGI GURU PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 KENDARI
Abstract
Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar peser ta didik dalam pembelajaran yang diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai peserta didik. Penggunaan media dalam pembelajaran terhadap proses dan hasil belajar pada peserta didik menunjukkan perbedaan antara pembelajaran tanpa media dengan pembelajaran menggunakan media, oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk mempertinggi kualitas pembelajaran. Lingkungan belajar yang diatur oleh guru mencakup tujuan pembelajaran, bahan pembelajaran, metodologi pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Secara khusus terkait dengan metodologi pembelajaran, aspek ini terkait dengan dua hal yang saling menonjol yaitu metode dan media pembelajaran. Media memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Guru PAUD sebagai tenaga pendidik profesional yang berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran dituntut kreatvitasnya untuk menggali potensi sumber dan media pembelajaran yang ada dilingkungannya agar dapat membelajarkan anak didiknya secara berkualitas. Agar dapat jadi fasilitator yang baik guru PAUD diharapkan dapat membekali diri dengan wawasan dan keterampilan pembuatan media pembelajaran sehingga guru dapat menjalankan perannya dengan baik. Kenyataan bahwa guru PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Kendari pada umumnya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran di PAUD masing-masing. Keadaan ini disebabkan kurangnya sarana dan prasarana yang dapat menunjang keaktifan dan motifasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Itulah sebabkan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran akan dilakukan. Hal ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru-guru dalam membuat media pempelajaran.
Keywords
Metode Pelatihan dan Pendampingan, Pembuatan Media Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan
Pengembangan Sumber Belajar
untuk Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Hasnida. 2015. Media Pembelajaran
Kreatif. Jakarta Timur: Luxima
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2011. Model
Penyelenggaraan PAUD Terpadu
dengan Perpustakaan Mainan.
Medan: Balai Pengembangan
Pendidikan Nonformal dan
Informal Regional I.
Sudono, Anggani. 2011. Alat Permainan
dan Sumber Belajar TK. Jakarta:
Dirjen PPTA Depdikbud.
Wiyani, Novan Ardi. 2012. Format
Pendidikan Anak Usia Dini.
Yokyakarta: Ar-Ruzzmedia
DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v5i1.1219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.