PEMBINAAN SISWA SMA REGINA PACIS BOGOR DALAM PERSIAPAN MENGIKUTI OLIMPIADE EKONOMI

Marsiana Luciana Sitanggang, Benedicta Evienia Prabawanti

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan melalui pembinaan kepada siswa untuk pendalaman materi dan pelatihan soal olimpiade ekonomi, untuk mengikuti seleksi olimpiade ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa yang sudah dipilih oleh pihak guru sekolah SMA Regina Pacis Bogor. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah atau praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan observasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Metode ceramah dilakukan melalui sosialisasi dan pembinaan terkait materi olimpiade. Sedangkan metode praktik dilakukan melalui pelatihan dan pendalaman terhadap soal olimpiade ekonomi. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa mampu menganalisis dan terarah cara belajarnya dalam menghadapi seleksi.

Kata kunci: materi, olimpiade, pembinaan

Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan melalui pembinaan kepada siswa untuk pendalaman materi dan pelatihan soal olimpiade ekonomi, untuk mengikuti seleksi olimpiade ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa yang sudah dipilih oleh pihak guru sekolah SMA Regina Pacis Bogor. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah atau praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan observasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Metode ceramah dilakukan melalui sosialisasi dan pembinaan terkait materi olimpiade. Sedangkan metode praktik dilakukan melalui pelatihan dan pendalaman terhadap soal olimpiade ekonomi. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa mampu menganalisis dan terarah cara belajarnya dalam menghadapi seleksi.

Kata kunci: materi, olimpiade, pembinaan

 


 


Full Text:

PDF

References


Djamarah Bahri Syaiful dkk.2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Kurniati, Maris. 2014. Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA.

Sung Sik Kim. 2012. A study on the relationship between school characteristics improvement and student achievement in elementary schools: focused on school resources and climates. The Journal of Korean Education

Udin S. Winataputra. 2006. Model-model Pembelajaran Inovatif, Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Dirjen Dikti, Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i01.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.