PEMBINAAN SISWA SMA REGINA PACIS BOGOR DALAM PERSIAPAN MENGIKUTI OLIMPIADE EKONOMI
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan melalui pembinaan kepada siswa untuk pendalaman materi dan pelatihan soal olimpiade ekonomi, untuk mengikuti seleksi olimpiade ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa yang sudah dipilih oleh pihak guru sekolah SMA Regina Pacis Bogor. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah atau praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan observasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Metode ceramah dilakukan melalui sosialisasi dan pembinaan terkait materi olimpiade. Sedangkan metode praktik dilakukan melalui pelatihan dan pendalaman terhadap soal olimpiade ekonomi. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa mampu menganalisis dan terarah cara belajarnya dalam menghadapi seleksi.
Kata kunci: materi, olimpiade, pembinaan
Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan melalui pembinaan kepada siswa untuk pendalaman materi dan pelatihan soal olimpiade ekonomi, untuk mengikuti seleksi olimpiade ke tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa yang sudah dipilih oleh pihak guru sekolah SMA Regina Pacis Bogor. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pendekatan secara langsung, ceramah atau praktik. Metode pendekatan dilakukan dengan observasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Metode ceramah dilakukan melalui sosialisasi dan pembinaan terkait materi olimpiade. Sedangkan metode praktik dilakukan melalui pelatihan dan pendalaman terhadap soal olimpiade ekonomi. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa mampu menganalisis dan terarah cara belajarnya dalam menghadapi seleksi.
Kata kunci: materi, olimpiade, pembinaan
Full Text:
PDFReferences
Djamarah Bahri Syaiful dkk.2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Kurniati, Maris. 2014. Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kimia pada Siswa SMA.
Sung Sik Kim. 2012. A study on the relationship between school characteristics improvement and student achievement in elementary schools: focused on school resources and climates. The Journal of Korean Education
Udin S. Winataputra. 2006. Model-model Pembelajaran Inovatif, Jakarta : Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional, Dirjen Dikti, Depdiknas
DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i01.262
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.