Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penilaian Anak Usia Dini dengan Teknik Fortopolio
Abstract
Rendahnya keinginan dan kemauan seorang pendidik dalam melakukan penilaian pada anak usia dini sudah dirasakan dan terlihat dari kemampuan seorang guru dalam melakukan penilaian. Bagi seorang guru penilaian merupakan hal yang sulit dan menyita waktu sehingga banyak yang melupakan dan meninggalkannya akan tetapi kita sadar bahwa penilaian merupakan kunci utama dalam melihat kemampuan anak selanjutnya dengan demikian guru merupakan ujung tombak untuk menentukan masa depannya. Namun apa yang kita temukan di daerah purwakarta ternyata kemampuan seorang guru dalam mengolah penilaian masih terlihat kurang memahami terutama penilaian yang berbentuk portofolio, mereka masih belum tahu bagaimana cara membedakan antara hasil karya anak dan fortopolio, sebagian pendidik beranggapan bahwa hasil karya anak yang disatukan disebut dengan fortopolio namun sebenarnya tidak demikian, akibat dari minimnya pemahaman dan pengetahuan tentang fortopolio sehingga pendidik melakukan banyak kesalahan dalam penilaian bentuk fortopolio. Pengabdian ini dilakukan dari hasil temuan bahwa guru-guru yang ada di purwakarta belum cukup pengetahuannya dalam penilaian fortopolio.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budimansyah D. 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Genesindo. Bandung.
Buku pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru PAUD, 2010, Kementerian Pendidikan nasional Direktorat Jenderal Peingkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jakarta.
Depdiknas. 2003. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian, Jakarta: Depdiknas
Duffy, J., Jones, J., & Thomas, S. W. (1999). Using Portfolio to Foster Independent Thinking. Intervention ini School and Clinic 35 (1); 34-37. Tersedia: http://www.sagepub.com
Gronlund, E. Norman. 2003. Assessment of Student Achievement Seventh Edition. Boston: Allyn and Bacon
Nasution. S, 1995, Didaktik Asas-Asas Mengajar, Bumi Aksara: Jakarta.
Nitko AJ. (1996). Educational Assessment of Students, 2nd Ed. Columbus Ohio : Prentice Hall
Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015.
Surapranata, S. & Muhammad, Hatta. (2006). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rodakarya
Oemar Hamalik, 2002, Belajar Mengajar, Jakarta: Rieneka Cipta.
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta : Bandung.
Suharsimi Arikunto, 1997, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta : Jakarta.
Surapranata, S. & Muhammad, Hatta. (2006). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rodakarya
Suryati & Tilaar, 1993, Analisis Kebijakan Pendidikan Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya: Bandung.
DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.