RANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PERMINTAAN PEMBELIAN PT SEPANJANG INTI SURYA UTAMA 2 MALENGGANG MIIL

Nico Benjamin, Rapat Piter Sony, Hatauruk Hatauruk

Abstract


Permintaan Pembelian merupakan suatu transaksi yang harus dipahami, karena transaksi ini berkaitan dengan kegiatan operasional pabrik. Permintaan pembelian memiliki dua transaksi yaitu permintaan pembelian pusat dan permintaan pembelian lokal. Keduanya ini memiliki alur yang telah ditetapkan perusahaan tetapi memiliki perbedaan dibagian persetujuan.. Metode dekskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan, dianalisis, dan akan muncul teori-teori sebagai penemuan penelitian serta berdasarkan data yang ada untuk diolah dan dianalisis untuk memberikan gambaran masalah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alur yang ditetapkan diperusahaan berbeda dengan dilapangan dikarenakan tidak adanya acuan. Solusi permasalah tersebut adalah pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Kata Kunci : Permintaan pembelian, Standard Operating Prosedures (SOP)


Full Text:

PDF

References


Benjamin, Nico. 2018. Mutu Internal Audit Prosedur Evaluasi untuk ISO 9001: 2008 Submission di Casablanca Club. Vol. 8. Ijsrm.Human.

Febianti, Yopi, 2014.. Permintaan Dalam Ekonomi Mikro. Jurnal Volume 2 No. 1., Cirebon

Hajar, siti. 2016. Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (Sop) Pelayanan Surat Tanah Di Kantor Camat Sukajadi Kota Pekanbaru Jurnal Jom FISIP Vol.3., Riau.

Kasengkang, Rio A & Sientje Nangoy & Jacky Sumarauw. 2016. Analisis Logistik (Studi Kasus Pada Pt. Remenia Satori TepasKota Manado).Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 01., Manado. P. Purnamasari, Evita. 2015. Panduan Menyusun SOP, cet.I,Kobis, Yogakarta.Saleh, sirajuddin. 2016. Administrasi Perbekalan/Logistik, cet. I, Pustaka Ramadhan, Bandung

Setiawati, Wiwien. 2015. Penyusunan StandardOperating Procedures (Sop) Pada Pt Sketsa Cipta Graha Di Surabaya Jurnal AGORA Vol. 3, No. 1., Surabaya.

Soemohadiwidjojo, A.T. 2014. Mudah Menyusun SOP, cet. I, Penebar Swadaya Grup, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31326/.v2i1.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.