PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film dokumenter dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen treatment 2 x 2, dilaksanakan di kelas IV SDN Pancawati II Klari Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan media film dokumenter dengan media gambar, (2) interaksi antara media film dokumenter dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) perbedaan antara siswa yang mengikuti pembelajaran film dokumenter dan motivasi belajar tinggi dengan siswa yang diberi pembelajaran media gambar dan motivasi belajar tinggi, (4) perbedaan antara siswa yang mengikuti pembelajaran film dokumenter dengan motivasi belajar rendah dengan siswa yang diberi pembelajaran media gambar dan motivasi belajar rendah
Kata kunci : Media Film Dokumenter, Motivasi Belajar, Kemampuan berpikir kritis
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Sani, Ridwan 2015 Inovasi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers
Effendi Heru . 2014, Mari Membuat Film. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia
Johnson, B Elaine 2002, CTL Contextual Teaching & Learning. Corwin Press
Susilana Rudi dan Cepi Riyana, 2008 Media pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan penilaian, Bandung: Jurusan Kurtekpend PIF UPI
Warsita, Bambang. 2008, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineke Cipta
Yusufhadi Miarso 2015, Menyemai Benih Teknologi, Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.108
Refbacks
- There are currently no refbacks.