Indexing metadata

Perbedaan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Puzzle Smart O’clock


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Perbedaan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Puzzle Smart O’clock
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Lu’lu’ Ilmaknun; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Isa Hidayati; Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Medan, Indonesia; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Anak Usia Dini; Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan; Puzzle Smart O’Clock
 
4. Description Abstract Kajian ini ditujukan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media Puzzle Smart O’Clock terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Siti Hajar Medan. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika di tahun-tahun awal pendidikan adalah kesulitan anak dalam memahami konsep angka dan bilangan, yang seringkali bersifat abstrak. Anak-anak pada usia ini umumnya berada pada fase pertumbuhan berpikir praoperasional, di mana mereka lebih mampu memahami konsep melalui pengalaman konkret. Maka dari itu, dibutuhkan media ajar yang nyata dan melibatkan partisipasi anak guna memudahkan pemahaman konsep tersebut. Pendekatan penelitian memanfaatkan metode eksperimen menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest, melibatkan 25 anak sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan mengenal lambang bilangan dan dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon guna menilai perbedaan kemampuan antara kondisi awal dan akhir setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Puzzle Smart O’Clock secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Anak-anak menunjukkan kemajuan yang baik dalam mengidentifikasi, menyebutkan, dan mengaitkan simbol angka dengan jumlah benda. Penemuan ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan bervariasi, seperti Puzzle Smart O’Clock, tidak hanya efektif untuk mengembangkan kompetensi mengenali simbol angka, melainkan juga membangun lingkungan belajar yang aktif dan menggembirakan. Temuan ini mendorong pentingnya penerapan media konkret pada pengajaran matematika guna menunjang pertumbuhan berpikir anak usia dini, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk terus mengintegrasikan alat pembelajaran yang inovatif.
 
5. Publisher Organizing agency, location Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2025-06-09
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF, Turnitin
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/2229
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2229
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini; Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
 
12. Language English=en ind
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 Lu’lu’ Ilmaknun, Isa Hidayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.