SISTEM INFORMASI EDUKASI INVESTASI UNTUK GENERASI MUDA BERBASIS WEBSITE

Silvester Dian Handy Permana, Ade Syahputra, Ketut Bayu Yogha Bintoro, Fariz Allawi Ghozali

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19 ini banyak aplikasi mengenai investasi yang mulai bermunculan. Mereka menawarkan jasa untuk membeli instrumen investasi dalam aplikasi mereka. Namun, belum banyak konten edukasi yang terintegrasi mengenai keuangan dan belajar investasi. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mulai berinvestasi. Baru sekitar kurang dari 2% dari masyarakat Indonesia yang sudah memulai investasi. Padahal, kebutuhan investasi di suatu negara harus lebih dari 30% agar memajukan perekonomian dari negara tersebut oleh maka itu penelitian ini ini akan membuat suatu media edukasi mengenai investasi yang dapat sad dilakukan oleh para generasi muda. Para generasi muda tentunya belum begitu banyak uangnya, namun kita bisa tahu bahwa generasi muda di Indonesia lah yang sekarang ini akan berkembang dan akan memimpin indonesia di masa yang akan datang.  Media edukasi mengenai investasi ini berwujud suatu website yang akan dirancang dengan metode waterfall dimana nantinya para masyarakat dapat menikmati konten edukasi mengenai investasi dan literasi keuangan di dalamnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu para generasi muda dalam memahami literasi keuangan.

Keywords


Website Edukasi; Investasi Digital; Referensi Investasi

Full Text:

PDF

References


Ismail, A. R. N. et al. (2021), Investasi Digital Sebagai Solusi Mengurangi Perilaku Konsumtif Milenial Masa Pandemi Covid-19, CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen 4.2: 125-136.

Putri, D. P. et al. (2019), Analisis Literasi Keuangan Dan Lingkungan Melalui Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa, Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 7.2.

Utami, A. P. (2020), Pengaruh Edukasi Pasar Modal, Ekspektasi Return, Persepsi Risiko, Motivasi Pada Minat Investasi Mahasiswa.

Firdhausa, Findri, Apriani, R. (2021), Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal, Supremasi Hukun 17.02: 96-103.

Rahardjo, J. S. D., Nurmaesah, N., Nuradilah, S. E. (2019), Sistem Informasi Pengelolaan Data Keuangan Siswa Berbasis Web di SDIT Ibnu Arkom, JURNAL SISFOTEK GLOBAK 9.1.

Rahman, Y., Katakteristik Ayat Para Penulis Buletin Jumat Al- Fatā (Muslim Muda Indonesia): Studi Analisis Buletin Edisi 26-50, BS thesis.

Anggraini, Dwi, V. (2020), Pengaruh Literasi Keuangan, Modal Sosial dan Financial Technology terhadap Inklusi Keuangan Pada Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang, Diss, STIE Malangkuçeçwara.

Dara, S. R., Mariah, M. (2020), Peran Fintech Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Pada Masyarakat di Jakarta, AKURASI: Jurnal Riser Akuntasi dan Keuangan 2.3: 127-138

Alpina, D., Witriyono, W. (2022), Pemanfaatan Framework Laravel Dan Framework Bootstrap Pada Pembangunan Aplikasi Penjualan Hujab Berbasis Web, JURNAL MEDIA INFOTAMA 18.1: 36-42

Laaziri, M. et al. (2019), A Comparative study of Laravel and Symfony PHP Frameworks, International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), vol. 9, no. 1, pp. 704-712.

Pranata, B. A. et al. (2018), Perancangan Application Programming Interface (API) Berbasis Web Menggunakan Gaya Arsitektur Representational State Transfer (REST) untuk Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Pasien Klinik Perawatan Kulit, Jurnal Komputasi, vol. 6, no. 1.

Perkasa, M. I., Setiawan, E. B. (2018), Pembangunan Web Service Data Masyarakat Menggunakan REST API dengan Access Token, Ultima Computing, vol. X, no. 1.

Salim, A., Amrie, R. Y. (2021), Perancangan Frontend Aplikasi Pemandu Pariwisara Menggunakan Framework React.Js di Provinsi Jawa Barat, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi – TEMATIK, vol. 8, no. 1.

Lazuardy, M. F. S., Anggraini, D. (2022), Modern Front End Web Architectures with React.Js and Next.Js, International Research Joutnal of Advanced Engineering and Science, vol. 7, no. 1, pp. 132-141.

Tristianto, C. (2022), Penggunaan metode waterfall untuk pengembangan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan pedesaan, Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi) vol. 12, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v4i1.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.