RANCANG BANGUN APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS SDN CIBUBUR 05)

Husein Abdul Qodir Yahya

Abstract


Perpustakaan merupakan bagian dari sumber belajar yang harus dimiliki oleh setiap sekolah atau perguruan tinggi, karena dapat memudahkan peserta didik dalam mencari informasi atau ilmu pengetahuan. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat manusia berfikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu membuat sistem konvensional menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan fasilitas website yang terhubung ke internet, perpustakaan dapat lebih efektif dan efisien dalam pencarian dan peminjaman buku. Pada penelitian ini dirancang suatu aplikasi perpustakaan berbasis web menggunakan Framework Codeigniter. Dengan sistem ini, diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user untuk mencari buku, filter buku yang sering dipinjam, pencatatan data anggota, pencatatan data buku, pengembalian buku, perhitungan denda serta memudahkan administrasi sekolah dalam sirkulasi peminjaman buku dan pembuatan laporan. Adapun metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle model Waterfall yang meliputi tahapan perencanaan, analisis perancangan, dan implementasi sistem. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Pre Processor dan database menggunakan MySQL. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis mengimplementasikan hasil penelitian tersebut kedalam Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web di Sekolah Dasar Negeri Cibubur 05 Jakarta Timur.


Keywords


Sistem Informasi, Perpustakaan, Sistem Informasi Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Edenia, R. (2019) ‘Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Perpustakaan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia ( WBI )’.

Fauzi, A. S. (2015) ‘PERANCANGAN SISTEM INVENTARIS LABORATORIUM DI SMA 1 JENANGAN PONOROGO BERBASIS WEB’.

Hutagalung, D. D. and Arif, F. (2018) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Smk Citra Negara Depok’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Jinteks, J. et al. (2019) ‘RANCANG BANGUN SIMULASI EDUKASI TATA CARA SHOLAT 5 WAKTU DAN Abstraksi’, 1(1), pp. 76–86.

Karya, J. (2020) ‘RANCANG BANGUN APLIKASI PERPUSTAKAAN PADA SMP NEGERI 1 CIASEM SUBANG’, pp. 1–2.

Rudi Setiawan, U. A. F. (2019) ‘Sistem Informasi Koperasi Taburpuja Berbasis Tanggung Renteng’, Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 1(1), pp. 1–7.

Muttaqin, F. (2015) ‘ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 8(1), p. 79320.

Renatha, F. A., Satoto, K. I. and Nurhayati, O. D. (2015) ‘Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus Jurusan Sistem Komputer)’, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(3), pp. 343–353. doi: 10.14710/jtsiskom.3.3.2015.343-353.

Sasmito, G. W. (2017) ‘Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal’, Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1), pp. 6–12.

R. Setiawan, R. Munajah.(2020). Evaluation of the Application of Online Learning in Indonesian Universities.TEM Journal, 9(3), 1194-1199

Wijaya, H. (2018) APLIKASI PENGOLAHAN DATA PEGAWAI OUTSOARCING PADA BANK MANDIRI KANWIL REGIONAL II SUMATERA 2’, pp. 1–6.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v2i2.663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.