PENYUSUNAN PERENCANAAN KEBERLANGSUNGAN BISNIS PADA PT PROMEDIKA MITRA UTAMA KOTA SAMARINDA

Ananda Oktavia Putri, Gerry Muhammad Putra, Hidayat Hidayat Hidayat, Rizky Febrian Nur, Gilvy Langgawan Putra, Dwi Nur Amalia

Abstract


PT Promedika Mitra Utama adalah badan usaha yang bergerak di bidang distributor penjualan perlengkapan alat medis dan laboratorium secara grosir maupun eceran. Perusahaan menggunakan sistem manajemen Odoo agar memudahkan karyawan dalam melakukan pelaporan dan pencatatan ketersediaan barang namun terdapat hambatan dan risiko TI yang akan berpengaruh pada proses keberlangsungan bisnis perusahaan. PT Promedika Mitra Utama belum memiliki perencanaan strategi yang baik dan tersusun sesuai dengan standar dalam melakukan pengelolaan keberlangsungan bisnis berbasis risiko. PT Promedika Mitra Utama juga belum memiliki dokumentasi alur atau proses dalam menangani permasalahan diperusahaan dari kondisi pra dan pasca bencana. Sehingga perusahaan perlu merencanakan proses keberlangsungan bisnis perusahaan yang berguna untuk memulihkan keadaan jika terjadi bencana dan agar perusahaan dapat melanjutkan proses bisnis setelah terjadinya gangguan atau ancaman pada perusahaan. Perencanaan keberlangsungan bisnis dapat didokumentasikan ke dalam bentuk laporan business continuity planning (BCP), agar perusahaan dapat melakukan review, analisis risiko dan dampak serta mengetahui prosedur aksi manajemen untuk tiap kejadian ancaman atau bencana yang ada diperusahaan. Penelitian berjudul Business Continuity Plan pada Teknologi dan Sistem Informasi BPR Bank Surya Yudha Banjarnegara yang diteliti oleh Anindita Alisia Amanda pada Tahun 2014 menjadi acuan serta referensi dalam pembuatan kerangka kerja BCP dan cara yang benar serta sesuai dengan kebutuhan PT. Promedika Mitra Utama agar menunjang objektifitas yang ada. Hasil akhir dari penelitian yang penulis lakukan adalah berupa rekomendasi pelaksanaan yang diberikan untuk strategi perusahaan dalam mendukung objektifitas perusahaan.

                                                                                                                                              

Kata Kunci: Proses Keberlangsungan Bisnis, Risiko TI.


Keywords


Sistem Informasi; Perencanaan Keberlangsungan Bisnis

References


Amanda, A. A. (2014). Business Continuity Plan pada Teknologi dan Sistem Informasi BPR Bank Surya Yudha Banjarnegara.

Zebe, L. R. (2017). Penyusunan Business Continuity Planning Perusahaan Peternakan dan Pemotongan Ayam Pedaging PT SR Uktuk Meningkatkan Kesiapan Perusahaan dalam Menghadapi Keberadaan Ancaman Bencana. Bandung: Repository UNPAR.

Putra, M. R., Saedudin, R. R., & Yunan, U. (2018). Implementasi Modul Accounting dan Finance Menggunakan Aplikasi Odoo dengan Enterprise Resource Planning Metode Iterative Waterfall pada PT. Albasia Nusa Karya. e-Proceeding of Engineering, 5(2), 3215.

Alberts, C. D. (2003). Introduction to the OCTAVE Approach. Pittsburgh: Carnegie Mellon University.

Panda, P. (2005). The Ocative Approach to Information Security Risk Assessment. ISACA Journal, Vol. 4.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v3i1.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.