PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN DUSUN TERTINGGAL DI DESA JENGGRIK MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE

Alvin Risma Shaniapuri

Abstract


Dalam kehidupan bermasyarakat, pembagian fasilitas yang dapat diketahui adalah fasilitas umum dan fasilitas sosial. Fasilitas umum dan fasilitas sosial adalah milik bersama dan harus dijaga dan dirawat sebelum dapat digunakan untuk waktu yang lama. Pengelolaan, pemeliharaan dan pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial menjadi tanggung jawab pemerintah daerah melalui musyawarah desa untuk rancangan APBDes (anggaran pendapatan dan belanja desa). Penelitian ini bertujuan untuk mendata kondisi dari 7 dusun yang ada di desa Jenggrik Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi sehingga dapat menetapkan prioritas dalam pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas baik fasilitas umum dan fasilitas sosial yang kurang terawat dan rusak serta dapat melakukan pembangunan ulang pada fasilitas yang kurang lengkap. Harapan dengan adanya penelitian ini yaitu untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam penggunaan fasilitas yang baik dan terawat. Serta pemerintah desa dapat memiliki data terkait dengan pembangunan dari setiap dusunnya agar dapat memajukan desa dari segi geografis dan memudahkan dalam melakukan penilaian terhadap prioritas pembangunan dari setiap dusun. Dari perhitungan persentase jawaban kuisioner dengan 93 pertanyaan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem telah berjalan dengan baik dan dapat digunakan sebagaimana fungsingnya. Persentase 94,6% sistem telah valid dalam proses pengujian menunjukkan sistem dapat dioperasikan dan dikelola dengan baik.

Keywords


desa; sistem pendukung keputusan; promethee; website

Full Text:

PDF

References


T. P. K. P. B. D. P. Nasional, Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

K. N. J. Barat, “Dasar pembentukan TIM Fasos - Fasum,” 2016. https://www.kejari-jakbar.go.id/index.php/tim-fasos-fasum/dasar-pembentukan (accessed Apr. 21, 2021).

U.-U. R. Indonesia, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA.” 2014.

A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Metode Webqual 4.0 Untuk Evaluasi Kualitas Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” Pros. SNATI F Ke- 4 Tahun 2017, pp. 355–361, 2017.

A. Setyawan, Z. Muttaqin, and M. S. S. Angpa, “Aplikasi Pengadaan Barang Berbasis Web Pada Pt. Powerblock Indonesia,” J. PROSISKO, vol. 6, no. 1, pp. 73–77, 2019, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/1129.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT(JPIT), vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A. P. Nasution, D. A. Harahap, and R. Watrianthos, “Application Decision Support System using PROMETHEE Method,” Jour Adv Res. Dyn. Control Syst., vol. 11, no. 01, pp. 506–511, 2019.

M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, p. 70 halaman, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/240.

R. Nazli, “Pemodelan Aplikasi Mobile Pelayanan Publik Desa (Smart Village) Berbasis Cloud Computing,” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 2, no. 2, pp. 87–95, 2019, doi: 10.36378/jtos.v2i2.363.

Suryaningrat, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORI MESIN KONSTRUKSI RINGAN BERBASIS WEB (Studi Kasus PT. GMW Tangerang Banten),” Humanika J. Ilmu Sos. Pendidikan, dan Hum. Vol., vol. 3, no. 3, pp. 30–53, 2020.

Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871.

P. B. Suganda, F. Nugrahanti, N. Asnawi, and T. Informatika, “APLIKASI VOTING PEMILIHAN KETUA BEM DI UNIVERSITAS PGRI MADIUN BERBASIS WEBSITE VOTING APPLICATION FOR SELECTING THE CHAIRMAN OF BEM IN THE WEBSITE-BASED PGRI MADIUN UNIVERSITY sehari-hari , dengan adanya sistem informasi tentang pemilihan ketua BEM di Un,” pp. 233–238, 2020.

D. Setiawan, Saifulloh, and I. B. Kurniawan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi LENTERA Untuk Membentuk " Smart Society “ Di Lingkungan Kampus Menggunakan Metode OOAD ( Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun ),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2019, pp. 155–159, 2019.

M. Agarina, S. Sutedi, and A. S. Karim, “Evaluasi User Interface Desain Menggunakan Metode Heuristics Pada Website Sistem Informasi Manajemen Seminar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, pp. 192–200, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1718.

E. Novida and H. Sunandar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Lensa Kacamata Menggunakan Metode Promethee Ii,” J. Pelita Inform., vol. 17, no. 1, pp. 71–78, 2018.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v3i2.974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.