PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN AKTIVITAS DAN SUMBER BELAJAR KREATIF UNTUK MENGATASI DEFISIT WAKTU DAN KUALITAS BELAJAR PTM TERBATAS PASCA PANDEMI DENGAN BLENDED LEARNING DI SMP KRISTEN 01 SURAKARTA

Wahyudi Wahyudi, Tri Nugroho Budi Santoso, Adi Winanto, Kristina Kuriniawan, Dwi Lucky, Hermiyanto Hermiyanto, Feybiola Agustine

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan manusia, termasuk dalam Pendidikan. Proses belajar yang harusnya bisa dilakukan di sekolah harus berpindah ke rumah dengan cara daring dengan dampingan orang tua. Perubahan cara belajar yang sangat tiba-tiba ini, membuat guru mengalami kesulitan dalam menyiapkan maupun melaksanakan pembelajaran. Hasil survie awal yang dilakukan kepada 519 responden dari unsur Kepala Sekolah, guru, dan siswa didapatkan bahwa 45,7% setuju dengan PTM Terbatas dan 54,3% berharap dengan PTM Terbatas dengan tambahan fasilitas lain yang dilakukan daring. Hasil survie ini menunjukkan bahwa PTM Terbatas yang saat sudah dilaksanakan belum memberikan fasilitas belajar yang cukup bagi siswa. Beberapa masalah yang muncul antara lain 1) Guru dan sekolah kesulitan menyiapkan pembelajaran untuk mengatasi defisit waktu; 2) Belum tersedia  fasilitas dan sumber belajar sebagai sumplemen belajar; 3) Belum ada fasilitas belajar dengan pola Blended learning berbasis tema untuk mengatasi kekurangan defisit waktu dan sumber belajar selama PTM Terbatas. Solusi yang diusulkan adalah penyediaan fasilitas dan sumber belajar Blended learning berbasis tema sebagai suplemen pendukung pelaksanaan PTM Terbatas dalam bentuk Ruang Belajar 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningful), dan pelatihan penggunaan, dan pengembangan aktivitas dan sumber belajar blended learning berbasis tema, serta pendampingan implementasinya dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan PkM: 1) FGD, Pengenalan Teknis Pelaksanaan Pengabdian dengan Mitra dan analisis Kebutuhan, 2) Pengenalan aplikasi Ruang Kreatif Guru dan Siswa serta Ruang Konsultasi Berbasis Web dan 3CM Learning kepada Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan siswa, 3), Pelatihan penggunaan aplikasi Ruang Belajar 3CM serta Ruang Konsultasi Berbasis Web dan 3CM Learning kepada Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan siswa untuk mengembangkan aktivitas belajar dan sumber belajar selama PTM Terbatas, 4) Pelatihan pengembangan aktivitas belajar dan sumber belajar selama PTM Terbatas, 5) Implementasi dan observasi aktivitas belajar dan sumber belajar Ruang Belajar 3CM, dan 6) Evaluasi dan tindak lanjut

Keywords


Kualitas Pembelajaran; Sumber Belajar; Defisit Waktu; PTM terbatas; Blended Learning berbasis tema; Ruang Belajar 3CM

Full Text:

PDF

References


Anthony, B., Kamaludin, A., Romli , A., &

Raffei, A. F. (n.d.). Blended Learning

Adoption and Implementation in

Higher Education: A Theoretical and

Systematic Review. Technology,

Knowledge and Learning, 27(2),

-578.

Bonk, C., & Graham, C. (2006). The

Handbook of Blended Learning:

Global Perspective, Local Design

California. USA: John Wiley and

Sons, Inc.

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog ,

D. A., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M.

(n.d.). An effective blended online

teaching and learning strategy

during the COVID-19 pandemic.

Education for Chemical Engineers,

, 116-131.

Li , X., Yang, Y., Chu, S. K., Zainuddin, Z., &

Zhang, Y. (2022). Applying blended

synchronous teaching and learning

for flexible learning in higher

education: an action research study

at a university in Hong Kong. Asia

Pacific Journal of Education, 2, 211-

Pratiwi, W. D. (2021). Dinamika learning

loss: Guru dan orang Tua. Jurnal

Edukasi Nonformal, 2(1), 147-153.

Rossa, V., & Efendi, D. A. (2021, Oktober

. Hasil Survei: Satu Tahun

Pandemi, Siswa Alami Learning Loss

yang Setara dengan 6 Bulan.

Retrieved from Suara.com:

https://www.suara.com/lifestyle/2

/10/13/220254/hasil-surveisatu-tahun-pandemi-siswa-alamilearning-loss-yang-setara-dengan6-bulan

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell,

J. D. (2008). Instructional

technology and media for learning.

New Jersey: Pearson Merril Prentice

Hall Inc.

Wahyudi, & Winanto, A. (2018).

Development of Project-based

Blended Learning (PjB2L) Model To

Increase Pre-Service Primary

Teacher Creativity. Journal of

Educational Science and Technology

(EST), 2, 91-102.

Wahyudi, Ambarwati, M., & Indarini, E.

(2019). Development of web game

learning materials for primary

school students. Journal of

Mathematics Education, 8(2), 199-

Wahyudi, Waluya, S. B., & Suyitno, H.

(2019). Development of 3CM (coolcritical-creative-meaningful)

learning model to increase creative

thinking skill (Vol. 1321, No. 2, p.

. IOP Publishing. In Journal

of Physics: Conference Series,

(2), 1-9.

Wahyudi, Waluya, S. B., Suyitno, H., , S., &

Anugraheni, I. (2019). Development

of Problem-based Blended Learning

(PB2L) model to increase preservice primary teacher’s creative

thinking skill. Journal of Education

and Learning (EduLearn), 13(3),

-334.

Wahyudi, Winanto, A., & Relmasira, S. C.

(2015). Developing Teaching and

Learning Model with TPACK

Framework and Blended Learning

Content for Science and

Mathematics in Elementary School

Teacher Education Program. Online

International Interdisciplinary

Research Journal, V(1), 36-43.

Watson, J. (2008). Blended Learning:

Convergence between Online and

Face-toFace Education. USA: North

American: Council for Online

Learning




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v5i2.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.