PENDAMPINGAN PENINGKATAN KECAKAPAN GURU PAUD DALAM PEMBELAJARAN ABK

Novita Ashari, Tien Asmara Palintan

Abstract


Penanganan dan pemberian layanan terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK) pada Lembaga PAUD diasumsikan belum maksimal. Para pendidik di TK/RA merasa belum siap untuk mendidik siswa berkebutuhan khusus dengan alasan kurangnya pemahaman dan pengalaman. Namun, kondisi yang terjadi bahwa semakin banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya dengan kondisi berkebutuhan khusus pada TK/RA. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan guru PAUD dalam mendampingi ABK di TK/RA di Kota Parepare. Pendampingan diberikan kepada 40 orang guru dari TK/RA yang berbeda. Kegiatan dilaksanakan melalui 3 tahapan, yakni: Observasi, Wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan Pelatihan Peningkatan Kecakapan Guru TK/RA dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Hasil pelatihan diukur melalui pemberian preetest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru PAUD terkait pendampingan ABK serta pengisian angket respon guru (ARG) dengan hasil 98 % respon guru positif.


Keywords


Anak Berkebutuhan Khusus, Kecakapan Guru

Full Text:

PDF

References


Ashari, N. (2020). Anak Berkebutuhan Khusus (1st ed.). IAIN Parepare Nusantara Press.

Emilia, K. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Yrama Widya.

Erna Fitriatun, N. (2012). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusif. International Conference in Special Education, 70, 612–630.

Hartati, S. (2017). Pelayanan Anak berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3 Nomor 3b, 188–198.

Herawati, N. I. (2018). Re-Interpretasi Dan Re-Orientasi Pendidikan Inklusif. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 128. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11906

Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini di Kota Kediri. Jurnal Children Avisory Research and Education, 4(2), 53–68.

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66

Saputra, A. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 1 No., 1–13.

Triyanto, T., & Permatasari, D. R. (2016). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 176–186. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p176




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i1.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.