PENGUATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR PADA PEMBUATAN BAHAN AJAR TEMA SEALU BERHEMAT ENERGI BERBASIS APLIKASI PREZI

Elly Sukmanasa, Dadang Kurnia, Tatang Muhajang, Lina Novita, Shifa Maulina

Abstract


Pembelajaran Abad 21 memerlukan guru yang memiliki kemampuan dalam mensinergikan teknologi dengan pembelajaran. Dengan kata lain guru pada pembelajaran Abad 21 harus mampu membuat perangkat pembelajaran berbasis TPACK. Hal tersebut didasarkan pada kemampuan Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovatif, Collaborative, and Communicative (4C). Proses pembelajaran dalam pembelajaran Abad 21 memerlukan kemampuan guru dalam bidang teknologi, terutama dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang mudah dan menarik.  PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran, yaitu bahan ajar berbasis Prezi pada pembelajaran kurikulum 2013 tema 2 tentang Selalu Berhemat Energi untuk Peserta Didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Julang Tanah Sareal Kota Bogor. Keterbatasan kompetensi penguasaan teknologi menjadi salah satu permasalahan mendasar di sekolah dasar Tana Sareal. Pelatihan  dan pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis tekmologi dalam hal ini aplikasi Prezi pada guru-guru di lingkungan sekolah tersebut  merupakan alternatif solusi yang ditawarkan. Hasil pelatihan dan pendampingan ditemukan antusiasme guru dan respon guru sangat baik, hal ini terlihat dari bahan ajar yang dibuat serta angket yang diberikan kepada guru yang mengikuti pelatian dan Pedampingan.


Keywords


TPACK; Tematik; Bahan_Ajar_Prezi

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Yelsi. (2012). Penerapan Media Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunarungu (Single Subject Research di Kelas 1 SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmah Pendidikan Khusus). Vol.1 No. 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Aqila, Smart. (2012). Hypnoparenting: Cara Cepat Mencerdaskan Anak Anda. Jogjakarta: Starbooks.

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D.,

Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017).

Developing Learning Media using

Online Prezi into Materials about

Optical Equipments. Jurnal

Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102

Mardian Hadi Suryanto, Asmaul Khair, Siti Rachmah S. (2015). Penggunaan Power Point Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pedagogi, Vol 1. No.5 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ pgsd/article/ view/ 1809

McLuhan, Marshall. (2016). The Medium is the Message. United Kingdom : Blackwell.

Muslimin, Muhammad Ikhwanul. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas II SD. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. VI No. 1. Tersedia journal.student.uny.ac .id›ojs›index.php›fiptp›article

Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana. Fazriani, Rifa. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Untuk Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar JPPGuseda| Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Vol.2 No. 2. Halaman 82-86.

Novita, Lina, Windiyani, Tustiyana, Fauziah, Siti Sarah. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol.6 No.1. 2443-3268

Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, I Komang Sudarma. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Peserta didik Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 9 No. (2) pp. 8-18. Tersedia https://ejournal.undiksha. ac.id› index.php›JEU› article›

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sukmanasa, Elly., Windiyani, Tustiyana., Novita, Lina. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal JPSD Untirta. Vol.3 No.2. Tersedia pada http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2138.

Sukmanasa, Elly, Novita, Lina, Majid, Rifki Abdul. (2019). Use Of Learning Video Media On Human And Environmental Subthema. JHSS (Journal Of Humanities And Social Studies). Vol. 3 No. 2. 72-75

Noprianti, Izza Darina dan Syarifuddin, Ahmad. (2015). Pengaruh Penerapan Media Slide Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang. Vol. 1. No. 1. JIP. Jurnal Imliah PGMI. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/515

Novita, Lina dan Novianty, Anggun. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran. Jurnal: JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education). Halaman 46-53

Purnomo, Candra Hadi. (2011). Pengenalan Microsoft 2013. Jogyakart: Grafika.

Restika, R. R., Ibrahim, M., & Kuswanti, N.

(2016). Validitas Media Prezi the

Zooming Presentation pada Materi

Sistem Pencernaan Makanan

Manusia. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 213–219.

Sudjana, Nana. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukmanas, Elly, Novita, Lina dan Maesya, Aries. (2020). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat. UIN Mataram. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/2140.

Rodhi, M. Y., & Wasis. (2014).

Pengembangan Media Pembelajara

Berbasis Prezi untuk meningkatkan

keterampilan Berpikir Kritis Pada

Materi Kalor. Jurnal Inovasi

Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 137–

Zurrahma, Rusyfian (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung

Kepada Masyarakat, ISSN:2502-5

Departemen Pekerjaan Umum. 2006. ‘’Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Persampahan Di Indonesia’’. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Hartono Rudi (2008), ‘’Ebook Penanganan dan Pengolahan Sampah’’




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i1.1630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.