PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW TERHADAP PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN BALISTUNG

Anak Agung Ayu Ditia Andriyani, I Gusti Ngurah Nyoman Wismantara

Abstract


Era globalisasi memberikan berbagai dampak pada segala aspek kehidupan manusia, hal ini salah satunya berdampak pada proses jual beli atau pemasaran yang dilakukan oleh pebisnis. Dalam dunia Pendidikan saat ini terdapat berbagai cara pembelajaran yang diterapkan selain pembelajaran tatap muka (offline), privat, namun saat ini pendidikan dapat ditempuh dimana saja dengan menggunakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Balistung adalah salah satu Lembaga Pendidikan non formal yang terdapat di Denpasar Bali, perusahaan ini memberikan layanan Pendidikan dari usia 3 tahun sampai SMP (Sekolah Menengah Pertama). Balistung memberikan pelayanan serta pembelajaran yang “dibutuhkan” oleh pelanggan atau customer sebagai orang tua dan murid. Strategi yang diterapkan ini dapat membantu bisnis di bidang Pendidikan ini berjalan dengan baik dan tentunya akan menjadi wadah yang tepat baik bagi orang tua dan siswa/siswi.  Untuk mengetahui penilaian atau kesan pesan yang diterima oleh customer tersebut maka dibentuklah aplikasi untuk sebuah perusahaan dalam menunjang kinerja kualitas. Aplikasi ini atau fitur yang dimaksud adalah Google Review. Google Review menjadi salah satu fitur yang dibuat oleh Google untuk seluruh alamat yang tercantum dalam peta Google. Penelitian   ini   bertujuan   untuk   melihat   pentingnya pengaruh Google review terhadap penilaian kepuasan pelanggan Balistung. Ulasan atau review yang diberikan yaitu dapat berupa bintang atau komentar yang dapat diisi dengan kritik, saran, pujian dan foto.

 


Keywords


Pendidikan, Balistung, Google review, pelanggan, orang tua, siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad Farki, I. B. (t.thn.). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 2016.

Asri Nugrahani Ardianti, D. W. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Maketplace Shopee. Tonare-Journal of Sustainable Tourism Reseach.

balistung. (t.thn.). Balistung business site. Diambil kembali dari https://balistung.business.site/

Balistung. (t.thn.). Diambil kembali dari Les Baca Tulis Bimbel SD & SMP: https://balistung.com/

Fathia Uqimul Haq, H. R. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW SEBAGAI PENILAIAN KEPUASANPENGUNJUNG DALAM PARIWISATA. Tornare-

Livia Nita Karina Pasi, B. S. (2021). ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEWS DAN. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 1.

Rahman, A. M. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KECAMATAN MEDAN JOHOR) .




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v6i2.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.