EDUKASI PENGELOLAAN MINYAK JELANTAH SEBAGAI UPAYA LITERASI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

Intan Permata Sari, Nuraidah Kamila

Abstract


Minyak jelantah yang dibuang sembarangan dapat mencemari tanah dan airserta mengganggu kesehatan masyarakat. Rendahnya kesadaran lingkungan ditingkat sekolah dasar menjadi tantangan dalam upaya pelestarian lingkungan.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkanliterasi lingkungan siswa melalui edukasi dan praktik pengelolaan minyakjelantah. Kegiatan dilaksanakan di SDN 01 Sukasari, Kota Depok, melaluipenyuluhan, demonstrasi pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah,serta lomba poster lingkungan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatanpengetahuan siswa sebesar 42% dan munculnya kesadaran untukmengumpulkan minyak bekas di rumah. Guru juga menyambut positif programini sebagai bagian dari pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning)dalam Kurikulum Merdeka. 

Keywords


minyak jelantah, literasi lingkungan, sekolah dasar, edukasi daur ulang, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Astuti, D., & Wardhani, R. A. (2022). Pengelolaan minyak jelantah sebagai limbah

domestik dan potensi pemanfaatannya di Indonesia. Jurnal

Pengelolaan Lingkungan, 14(1), 45-54. https://doi.org/10.xxxx/jpl.2022.14.1.45

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Kemendikbudristek. (2021). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen. KLHK. (2022). Laporan tahunan pengelolaan limbah rumah tangga nasional. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suryani, I., & Pramudito, T. (2021). Edukasi Pengelolaan Limbah Minyak Jelantah

sebagai Media Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal

Abdi Pendidikan, 4(2), 65–72. https://doi.org/10.21009/jap.v4i2.211

Sutrisno, E., & Hardjito, D. (2022). Konversi minyak jelantah menjadi biodiesel

sebagai solusi energi terbarukan dan pengurangan limbah. Jurnal

Energi Alternatif, 11(2), 77-85. Setiawan, D. (2020). Inovasi Produk dari Minyak Jelantah: Peluang dan

Tantangan. Jurnal Lingkungan dan Energi Terbarukan, 6(1), 33–40.

Nurhayati, S., & Wahyuni, D. (2023). Integrasi Proyek Daur Ulang dalam

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi

Pendidikan Dasar, 7(1), 88–97. Nuraini, L., & Sari, N. D. (2023). Analisis kandungan senyawa berbahaya pada

minyak goreng bekas dan implikasinya terhadap kesehatan. Jurnal

Kesehatan Masyarakat Indonesia, 18(2), 89-97. Putri, R. A., Handayani, S., & Kartika, Y. (2021). Dampak pembuangan minyak

goreng bekas terhadap kualitas air limbah domestik. Jurnal Ilmu

Lingkungan, 19(3), 201-210. UNESCO. (2019). Education for Sustainable Development Goals: Learning

Objectives. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural

Organization. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass. Yulianto, R., Prasetyo, D., & Mulyani, S. (2020). Pengaruh limbah minyak goreng

terhadap kualitas perairan dan ekosistem biotik. Jurnal Sumber Daya

Alam dan Lingkungan, 12(4), 132-140.




DOI: https://doi.org/10.31326/jpm-ikp.v7i2.2280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.