PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE STORYTELLING MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK

Agung Cahya Karyadi

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode storytelling menggunakan media big book untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dan apakah metode storytelling menggunakan media big book dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B PAUD Muslimat Lampung. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan selama 12 kali pertemuan. Adapun langkah-langkah metode penelitian tindakan dengan model Kemmis & Taggart yaitu meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Sebelum melakukan penelitian, diadakan penelitian pra tindakan untuk mengetahui hasil prosentase awal keterampilan berbiara anak. Sehingga dapat diketahui seberapa peningkatan yang terjadi antara sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan baik dalam siklus I maupun siklus II. Keterampilan berbicara dapat meningkat setelah dilakukan tindakan melalui metode storytelling menggunakan media big book. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa rerata kelas pada pra tindakan sebesar 34,89%. Setelah dilakukan tindakan dalam siklus I meningkat rerata kelas menjadi sebesar 54,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 71,03%. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan metode storytelling menggunakan media big book sebagai salah satu alternative metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dan mampu memberikan pengalaman baru dan berharga pada anak, rasa ingin tahu dan perhatian anak pun dapat difasilitasi, sehingga anak dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangannya

Kata kunci : keterampilan berbicara, metode storytelling, media big book, penelitian tindakan.

 

The aim of the research is to describe how the application of the method of storytelling using big media book to improve speaking skills of children and whether the method of storytelling using big media book can improve speaking skills of children in group B ECD Moslem Lampung. Research used in this study is action research (Action Research). This study used a model of Kemmis and Taggart were conducted over 12 meetings. The steps of the action research method Kemmis & Taggart models that include (1) planning (planning), (2) the action (action), (3) observation (observation), and (4) reflection (reflection). Before conducting the research, pre-action research conducted to determine the percentage of the initial results berbiara skills of children. So that it can be seen how the increase that occurred between the prior action with good action after the first cycle and second cycle. Speaking skills can be increased after the action through storytelling method uses big media book. It can be seen from the results of research that says that the average grade on the pre-action amounted to 34.89%. After the action in the first cycle increases the average grade of 54.89% and became the second cycle increased to 71.03%. The implication of this research is the application of the method of storytelling using big media book as one of the alternative methods of learning fun for children and are able to provide a new and valuable experience in children, the curiosity and attention of a child can be facilitated, so that the child can be actively involved in learning activities which according to the stage of development.

Keywords: conversation skills, methods of storytelling, book big media, action research.

 



 


Full Text:

PDF

References


Abdul Azis Abdul Majid, Mendidik Dengan Cerita. Bandung: PT Rosdakarya, 2005. Remaja

Maidar dan Mukti, Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahsa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 2003.

Mimis Souliotis & Argyris G. Kyridis, "Narrating and Reading Folktales and Picture Books: Storytelling Techniques and Approaches with Preschool Children", Technological Educational Institution of Thessaloniki, Vol 8/ No.l (Juni, 2007).

Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Musthafa, Budaya Tuturan. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Lasely Mandel Morrow, Literay Development in the Early Years. Boston: Allyn and Bacon, 1993.

SIL International, 2010, http//www.sil.org/linguistik/Literac yReference Materials/GlossaryOfLiteracyTerms/ what is a big book.htm.

Siti Jubaedah, Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini, Penelitian Eksperimen di TK Islam Al-Mu’awanah pada kelas B usia 5-6 tahun, Jalan Singosari Ujung Komplek Parmindo Cimahi Selatan Bandung tahun 2010, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, hal. Kesimpulan.

Atik Setywati, "Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Peneltian Tindakan di RA Sabilal Mukhtadii, Jakarta Pusat Tahun 2011, Pendidikan Anak Usia Oini, Universitas Negeri Jakarta, hal. abstrak.

Desi Elyawati, Peningkatan Keterampilan Anak Usia Dini Melalui Teknik Membaca Nyaring Menggunakan Buku Cerita Bergambar. Bandung: UPI-Tidak diterbitkan, 2009.

Elan, dkk, Pendidikan Kewarganegaran dan Bahasa Indonesia SD. Bandung: FKIP Unpas, 2009.

Endang Lestari dan Maliki, Komunikasi yang Efektif. Jakarta: LAN RI, 2009.

H.G Tarigan dan Djago Tarigan, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa, 1986.

Snow, E. Catherin, Susan Burns, and Peg Griffin, Preventing Reading Difficulties in Young Children. Washington DC: National Academy Press, 1998.

Suhartono, Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.

Takdiroatun Musfiroh, Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.