SESI KEARIFAN LOKAL BERSAMA MURID SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM DI KOTA SEMARANG, JAWA TENGAH

Yudith Vega Paramitadevi, Henny Endah Anggraeni

Abstract


Banjir, kesulitan pasokan air bersih dan hilangnya spesies tertentu merupakan akibat yang timbul dari perubahan iklim. Semarang sebagai salah satu kota pesisir di Pulau Jawa juga memiliki kerentanan terhadap perubahan iklim. Terjadinya “rob” atau intrusi air laut ke daratan dan kekeringan berkepanjangan hingga menyebabkan pasokan air tanah berkurang merupakan isu pokok. Adaptasi perubahan iklim lambat laun perlu dilakukan agar isu-isu tersebut teratasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pendampingan adaptasi perubahan iklim yang berbalut kearifan lokal, bagi peserta didik di tingkat pendidikan dasar. Tujuan kegiatan pendampingan melalui program IPB Mengabdi adalah tercapainya tingkat kepahaman peserta didik terhadap kearifan lokal sebagai bentuk adaptasi iklim. Metode pendampingan dilakukan satu sesi, pelaksanaannya mulai dari tahap identifikasi media dan peserta didik, tahap implementasi dengan platform daring, dan tahap evaluasi untuk mengukur kepuasan guru terhadap materi pendampingan. Selama pelaksanaan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan dan antusias mengerjakan penugasan mandiri. Hasil survei kepuasan guru menunjukkan nilai likert sebesar 2 yang berarti puas terhadap materi yang disampaikan, guru dapat mengaplikasikan materi di kelas dan dapat berpartisipasi langsung dalam menilai tugas mandiri peserta didik. Kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali pada periode berikutnya, dengan metode penyampaian yang lebih menarik.


Keywords


kearifan lokal, perubahan iklim, peserta didik, sekolah dasar, Semarang

Full Text:

PDF

References


Diposaptono S. 2009. Menyiasati Peru-bahan Iklim di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Bogor: Bu-ku Ilmiah Populer.

Fitrianita E, Widyasari F, Pratiwi WI. 2018. Membangun Etos dan Kearifan Lokal melalui Foklor: Studi Kasus Foklor di Tembalang Semarang. Endogami: Jurnal Ilmi-ah Kajian Antropologi. Vol 2 No 1.

Miladan, N. 2009. Kajian Kerentanan Wilayah Pesisir Kota Semarang terhadap Perubahan Iklim. [Skripsi]. Universitas Diponegoro Semarang.

Rohaeti, EE, Nabila PNS, Muharrom A. 2019. Program Pendampingan Berbasis Kearifan Lokal Desa Adat Senaru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Adat Senaru (Program Pengabdi-an Kepada Masyarakat di Desa Adat Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi. Vol 2 No 1.

Rukiyati SL, Purwastuti A. 2017. Local Wisdom-Based Character Educa-tion Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching. Vol. 14, No. 5, 299-308. doi:10.17265/1539-8072/2017.05.003.




DOI: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i1.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.