Program Studi Desain Komunikasi Visual

VISI

Menjadi program studi yang unggul dan inovatif dengan mengembangkan keteknososiopreneuran, kolaborasi, dan kemandirian dalam Pengembangan Produk Kreatif untuk Pertumbuhan Industri Kreatif Nasional Berdasarkan nilai-nilai Pancasila pada tahun 2030.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan keilmuan Desian Komunikasi Visual untuk mengembangkan keTeknososiopreneuran, kemampuan menciptakan lapangan kerja, Memiliki soft skill untuk bekal kerja dan kemandirian utamanya ekonomi kreatif dengan memanfaatkan teknologi untuk menjawab tantangan pasar (market share) sehingga menghasilkan lulusan yang siap kerja dan inovatif, adaptif serta memiliki karakter yang kuat berdasarkan Pancasila dan mampu berkontribusi pada pembangunan nasional yang berkelanjutan.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian sebagai sumbangan nyata pada pembangunan nasional yang sesuai dengan keilmuan Desain Komunikasi Visual, untuk memberikan sumbangan nyata pada pembangunan Nasional yang berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat dan mendorong tumbuhnya usaha baru dengan cara memanfaatkan sumber daya lokal.
  3. Menjalin kerjasama eksternal untuk meningkatkan kualitas tridharma di tingkat dosen dan mahasiswa berdasarkan yang sesuai dengan keilmuan Desain Komunikasi Visual yang sesuai dengan sistem ekonomi Pancasila dan ketenososiopreneuran.

 

Profil Lulusan

Menjadi desainer yang mampu memahami teori baik itu di bidang Visual Brand Design dan Multimedia untuk diimplementasikan ke dalam karya konseptual. Memiliki nilai Teknososiopreneur, Kolaborasi, dan Kemandirian dalam pengembangan diri yang berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila dengan mengusung tema Design For Society.

Deskripsi Profil Lulusan:

  • Menjadi desainer Multimedia yang mampu mengimplementasikan teori-teori desain multimedia secara konseptual;
  • Mampu memahami teknik dasar multimedia;
  • Memahami dan dapat mengimplementasikan alur produksi Multimedia
  • Menjadi Desainer Visual Brand Design yang mampu mengimplementasikan teori Dasar Branding ke dalam karya konseptual
  • Mampu mengimplementasikan teori Visual Branding ke tahap Konsep
  • Mampu mengimplementasikan Konsep ke tahap Visual

Program Learning Outcome/Capaian Pembelajaran Lulusan

PLO-1Menunjukkan sikap religius dalam ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moralitas dan etika, memiliki nasionalisme dan rasa tanggungjawab kepada negara dan bangsa serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.
PLO-2Kemampuan bekerja sama, kepedulian sosial, taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan menginternalisasi nilai dan jati diri yang dianut Universitas Trilogi (Integritas, kebersamaan, kemandirian, keunggulan, dan inovasi berkelanjutan), norma dan etika akademik serta bertanggungjawab atas pekerjaannya dengan semangat teknososiopreneur, kolaborasi, dan kemandirian.
PLO-3Memahami dan dapat menerapkan elemen dan prinsip dasar seni dan desain pada media desain komunikasi visual
PLO-4Menguasai pengetahuan tentang teori dasar Desain Komunikasi visual yang meliputi teori sejarah seni dan desain di indonesia maupun dunia, serta teori dasar media dan komunikasi.
PLO-5Mampu merancang karya Desain Komunikasi VIsual dengan metode yang sistematis dan ilmiah dengan teknologi dan media yang relevan untuk pemecahan masalah secara kreatif
PLO-6Mampu bekerjasama, bertanggung jawab, dan mengevaluasi diri baik dalam pekerjaan mandiri maupun di dalam kelompok
PLO-7Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi dan perkembangan media terkait desain komunikasi visual
PLO-8Menguasai metode riset, perancangan, dan produksi karya desain komunikasi visual sebagai solusi permasalahan
PLO-9Mampu mempresentasikan dan/atau mempublikasikan karya desain komunikasi visual berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah
PLO-10Menguasai pengetahuan tentang Hak Kekayaan Intelektual, mampu bersikap profesional, dan memahami Etika terkait Desain Komunikasi Visual
PLO-11Mampu menerapkan manajemen proyek desain komunikasi visual yang strategis, dengan memanfaatkan hasil riset untuk pemecahan masalah desain.
PLO-12Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan Desain di luar kelas sepanjang hayat

Staff Pengajar

Ketua Program Studi

Damarangga Putra, S.Sn., M.Ds

Ratih Mahardika, S.T., M.Ds.

Erneza Dewi Krishnasari, S.Ds., M.Ds.

M. Lahandi Baskoro, SP., M.Sn.

Abdul Haris Rustaman, S.ST., M.Ds.

Denta Mandra Pradipta B, S.Ds., M.Si.