Home Agenda SEMINAR NASIONAL AUDITING VOL 1

SEMINAR NASIONAL AUDITING VOL 1

Home Agenda SEMINAR NASIONAL AUDITING VOL 1

SEMINAR NASIONAL AUDITING VOL 1

by Akuntansi Akuntansi

SEMINAR NASIONAL AUDITING VOL 1

“KECURANGAN PADA LAPORAN KEUANGAN DAN STRATEGI ANTI-FRAUD PERUSAHAAN DI ERA DIGITAL”

Kamis, 03 Oktober 2019 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi mempersembahkan Seminar Nasional Auditing Vol 1 yang di dukung oleh ACFE (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia Chapter) yang bertema “Kecurangan pada Laporan Keuangan dan Strategi Anti-Fraud Perusahaan di Era Digital”. Acara Seminar Nasional Auditing Vol 1 diketuai oleh Fitriah Kesuma Jelita dan dihadiri oleh Ibu Sahnaz Ubud,ST., MMT selaku Rektor Universitas Trilogi, Bapak Ir. Leo Pramuka selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Sri Opti, SE.Ak.,M.M., CA selaku Ketua Prodi Akuntansi, Ibu Meidyah Indreswari, S.E., Ak., M.Sc., Ph.D perwakilan dari ACFE (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia Chapter) selaku perwakilan dari pihak ACFE (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia Chapter) serta Dosen Universitas Trilogi dan diikuti sebanyak ±200 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Universitas Trilogi, karyawan, universitas lain hingga para profesional.

Seminar Nasional Auditing Vol 1 dimulai dengan pembukaan dari MC , dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Lidia Nurhayati. Selanjutnya, sambutan dari Ketua Himaksi Sdr. Muhammad Zamzami, Sambutan dari Kepala Program Studi Akuntansi Ibu Sri Opti,SE.,Ak.,M.M.,CA dan Sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Dr. Kabul Wahyu Utomo. Peresmian Acara Seminar Nasional Auditing Vol 1 dilakukan secara simbolis dengan menggunting pita yang dilakukan oleh Bapak Kabul Wahyu Utomo selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Sri Opti selaku Kepala Program Studi Akuntansi, Fitriah Kesuma Jelita selaku Ketua Acara, dan Ibu Meidyah Indreswari, S.E., Ak., M.Sc., Ph.D perwakilan dari ACFE (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia Chapter).

Acara pada sesi pertama, membahas mengenai Peran Akuntan Forensik & Audit Investigasi dalam Mendeteksi Kecurangan Pelaporan Keuangan di Era Digital dan Peran Profesi Akuntan dalam Menghadapi Kecurangan Pelaporan Keuangan dengan Pendekatan Pentagon di Era Digital yang dipandu oleh moderator kita Ibu Novita, SE.Ak., M.Ak., CSRS., CA. Pada penyampaian materi oleh para narasumber, sesi pertama diisi oleh Bapak Gatot Trihargo, CFE selaku President Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter dan Bapak Jamaludin Iskak , MSi., Ak., CA., CPI., ACPA., CPA selaku Partner KAP Jamaludin, Ardi, Sukimto & Rekan (Member Firm Of Audittrust International)) dikarenakan Bapak Gatot Trihargo berhalangan hadir digantikan oleh Bapak Mairizal Chaidir, CA, CACP, CFE selaku pihak ACFE (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia Chapter). Pada sesi ini, para narasumber menjelaskan tentang peran para akuntan forensik mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan di era digital. Karena pada era ini profesi akuntan forensik dituntut untuk bisa mendeteksi dan mengidentifikasi kecurangan dengan pendekatan pentagon di era digital serta peran profesi akuntan dalam mendeteksi kecurangan pelaporan keuangan berdasarkan model pentagon. Lalu dilanjutkan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian small gift yang dari ACFE Indonesia Chapter untuk penanya terbaik yang dipilih oleh para narasumber serta pemberian sertifikat dan palakat kepada Narasumber kita  Bapak Mairizal Chaidir, CA, CACP, CFE yang diberikan oleh Ibu Dr. Anies Lastiati, SE.Ak., MHRM., M.Educ.Stud., CA, Bapak Jamaludin Iskak , MSi., Ak., CA., CPI., ACPA., CPA yang diberikan oleh Ibu Dr. Nurul Aisyah Rachmawati, SE., M.S.Ak. Pemberian sertifikat moderator kita Ibu Novita, SE.Ak., M.Ak., CSRS., CA yang diberikan oleh Ibu Sri Opti, SE.Ak.,M.M.,CA. Sebelum Istirahat ada pemberian kenang-kenangan dari ACFE (Association of Certified Fraud Examiners Indonesia Chapter) kepada pihak Universitas Trilogi yang berisi Jurnal APFJ/Asia Pasific Fraud Journal yang dikelola ACFE Indonesia Chapter, Report to The Nation (RTTN) riset ACFE Global 2018, Survei Fraud Indonesia ACFE Indonesia Chapter 2016.

Pada seminar sesi kedua dengan tema Tantangan Perusahaan dalam Menghadapi Kecurangan Pelaporan Keuangan di Era Digitaldengan Ibu Dr. Nurul Aisyah Rachmawati, SE., M.S.Ak sebagai moderator yang memandu jalannya pemaparan materi oleh Bapak Irwan Dwiyana Makdoerah dan Bapak Boyke Wibowo Hukijat. Sesi ini pembicara memaparkan berbagai tantangan bagi perusahaan dalam menghadapi kecurangan pelaporan keuangan di era digital dan kemampuan perusahaan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional dalam menghadapi peluang terjadinya kecurangan di suatu perusahaan karena perkembangan teknologi yang ada pada saat ini. Lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian small gift dari Wardah dan tukangsayur.com kepada penanya terbaik. Dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan plakat kepada narasumber Bapak Irwan Dwiyana Makdoerah yang diberikan oleh Ibu Sahnaz Ubud, ST., MMT, Bapak Boyke Wibowo Hukijat yang diberikan oleh Bapak Ir. Leo Pramuka. Pemberian sertifikat moderator Ibu Dr. Nurul Aisyah Rachmawati, SE., M.S.Ak diberikan oleh Ibu Sri Opti, SE.Ak.,M.M., CA. Sebelum acara seminar selesai ada sosialisasi mengenai Sertifikasi teknisi akuntan yang disampaikan oleh Ibu Khoirina Farina, S.E., MS.Ak, selanjutnya pemberian doorprize kepada peserta yang beruntung.

Acara ini dapat terselenggara dengan dukungan dan partisipasi dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi Trilogi (HIMAKSI), Universitas Trilogi, ACFE Indonesia Chapter, dan Audittrust International serta berbagai sponsor yang telah membantu kami untuk menyelenggarakan acara ini yaitu Damandiri, Sosro, Fruit tea, Teh botol, Prima, Wardah dan media partner Kabar seminar, Share event, Media Event, Event terkini, Event hunter jkt, Event campus, dan Event banget. Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang sudah mendukung demi terselenggaranya acara ini. Harapan kami, semoga acara kami ini dapat menambah ilmu dan wawasan untuk para peserta dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang turut berpartisipasi. Semoga acara kami ini dapat terus berjalan setiap tahunnya agar selalu memberikan ilmu dan wawasan kepada orang banyak. Terimakasih

 

1 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + twenty =

Open chat