Home Berita NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

Home Berita NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

by Akuntansi Akuntansi

NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

2017

3ACTION PART VIII

NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

 STRATEGIC COST MANAGEMENT : THE WAY TO GET A COMPETITIVE ADVANTAGE IN DIGITAL ECONOMY ERA”

Jum’at, 21 April 2017 Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) Trilogi telah menyelenggarakan rangkaian acara 3Action part VIII yaitu Kompetisi Tingkat Universitas Se-Nasional yang diikuti oleh berbagai universitas yang ada di Indonesia. Babak pertama dalam kompetisi ini ialah Babak Online Preliminary yang telah dilangsungkan pada tanggal 3 April 2017, peserta yang lolos dari babak ini dan sudah melakukan pendaftaran ulang berhak mengikuti rangkaian acara 3 Action mulai dari Seminar Nasional, Kompetisi Tingkat Universitas dan Jakarta Tour.

Kompetisi tingkat universitas di ikuti oleh 19 tim yang telah melakukan pendaftaran ulang yaitu: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (2 Tim), Universitas Indonesia (3 Tim), Universitas Trilogi (1 Tim), Universitas Negeri Semarang (2 Tim), Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (1 Tim), Perbanas Institute Jakarta (3 Tim), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (2 Tim), Telkom University (1 Tim), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (3 Tim), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (1 Tim).

Babak ke dua dari kompetisi ialah First Main Round dimana pada babak ini terdapat 2 tahap yaitu Rekonsiliasi Fiskal yang di kerjakan secara tim dan Pilihan Ganda yang di kerjakan secara individu. Dari Babak First Main Round dipilih 15 tim terbaik yang lolos ke Babak Second Maind Round. Pada babak ini akan terdapat 2 tahap yaitu Teka-teki yang di kerjakan secara tim dan Pos-to-Pos yang dikerjakan secara individu di masing-masing pos. Tim yang lolos dari Second Maind Round ialah 8 tim terbaik yang lolos ke Babak Semifinal. Pada babak ini 8 tim tersebut akan berpasangan secara acak untuk melakukan debat. Pada babak delapan, tim tersebut diundi untuk menentukan lawan dari masing-masing tim, dan peserta terbagi menjadi 2 ruangan. Setiap ruangan peserta akan dinilai oleh juri dari pihak Kantor Akuntan Publik yaitu: Bapak Yahya Santosa, CPA, CPMA dari  KAP Y. Santosa & Rekan dan Bapak Hafid Fitra Habibi, Skomp, SE., AK, CA, CPA dari KAP Junaidi, Chairul, dan Subyakto.

 

Setelah Babak Semifinal selesai dilaksanakan, dipilih 4 tim terbaik yang lolos ke Babak Final untuk merebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Harapan 1. Dari ke – 4 tim tersebut akan diberikan kesempatan untuk membuat Power Point dari case study yang telah diberikan dan mempresentasikannya di depan juri.

Setelah semua peserta mendapatkan kesempatan dalam tahap presentasi dan tanya jawab, maka peserta diarahkan kembali menuju Auditorium untuk menunggu hasil pengakumulasian skor dan pengumuman pemenang kompetisi 3Action. Selanjutnya, acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Kabul Wahyu Utomo selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dilanjutkan dengan pengumuman pemenang. Pemenang Accounting Competition (3ACTION Part VIII) Universitas/STIE sebagai berikut:

Juara 1                         : Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Juara 2                         : Universitas Negeri Semarang

Juara 3                         : Universitas Negeri Semarang

Juara Harapan 1          : Universitas Indonesia

Lalu pada hari Sabtu, 22 April 2017 diadakan Amazing Rest untuk seluruh panitia dan peserta kompetisi Universitas  yaitu berkeliling Jakarta.

 

2018

3ACTION PART IX

NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

”INSIGHT INTO FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH), ACCOUNTING PRACTICES AND REGULATIONS IN INDONESIA”

Rabu tanggal 18 April 2018. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) Trilogi telah menyelenggarakan rangkaian acara 3Action part IX yaitu Kompetisi Tingkat Universitas Se-Nasional Acara ini diikuti oleh 20 Tim yang terdiri dari 13 Universitas yang telah lolos dari babak Online Preliminary yang dilaksanakan pada tanggal 3 April 2018 dan pengumumannya tanggal 5 April 2018. Berikut adalah daftar 20 tim yang menjadi peserta acara kompetisi Universitas 3 Action part IX:

Universitas Jumlah Tim Nama Tim
Universitas Tarumanegara 1 TIM Kieso
Universitas Trilogi 2 TIM Fighters & Graceful
Universitas Trisakti 2 TIM Tim 2 Trilogi Usakti & Trisakti Tim 2
Universitas Pendidikan Indonesia 1 TIM UP1
Universitas Katolik Widya Mandala 2 TIM UKWM 1& UKWM 2
Universitas Muhammadiyah Cirebon 1 TIM Fatonah
Universitas Negri Semarang 1 TIM Profit
Universitas Pembangunan Nasional ‘’Veteran’’ Jakarta 1 TIM VJ1
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya 2 TIM Ubhara 1 & Ubhara 2
Universitas Telkom 3 TIM Slengean,NRF & Tim 2
Kalbis Institute 1 TIM Tim Menang Cacak Kalah Cacak
Perbanas Institute 1 TIM Tim 1
Politeknik Keuangan Negara STAN 2 TIM Bambu Pelangi & PKN STAN

Acara di buka oleh pembawa acara, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Trilogi yang dipandu oleh Ainun. Setelah itu sambutan oleh Bapak Dr. Aam Bastaman, SE., M.Si. selaku Rektor Universitas Trilogi dan Putri Amelia Zaleha selaku ketua pelaksana Kompetisi Universitas.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan dari panitia untuk First Mainround , yaitu Only One (O₂). Pada babak ini akan diambil 15 tim terbaik untuk melanjutkan ke Second Main Round. Pada babak Second Main Round Different Pen (DP), peserta mengerjakan dengan pulpen yang berbeda. Pada babak ini akan diambil 8 tim terbaik untuk melanjutkan ke Babak Semifinal Get The Answer (GTA). Dari Babak Semifinal ini, diambil 4 tim terbaik untuk masuk Final.  Di Final terdapat babak Explain Me dan Debat, dimana babak Explain Me dilaksanakan terlebih dahulu. Setelah Explain Me, peserta melakukan undian lagi untuk menentukan ruangan debat dan mosi yang akan didebatkan

 

Setelah perjuangan yang panjang, peserta kembali lagi ke Auditorium untuk mendengarkan pengumuman. Sebelum pengumuman terdapat penyampaian beberapa sambutan oleh Bapak R. Dwi Sunu Kanto,M.Sc.,Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Putri Amelia Zaleha selaku ketua pelaksana kompetisi dan sambutan oleh Dewan Juri Bapak Wildan Salim Salubi,SEI dari KAP Junaidi, Chairul dan Rekan dan Bapak Yosua Hasan Diki,SE.,CPA. dari KAP Yosua dan Rekan. Pengumuman dilakukan oleh Dewan Juri dan yang menjadi juara kompetisi universitas tingkat nasional adalah sebagai berikut:

Juara I Universitas Negri Semarang Tim Profit
Juara II Universitas Tarumanegara Tim Kieso
Juara III Universitas Katolik Widya Mandala Tim UKWM 1
Juara Harapan Universitas Katolik Widya Mandala Tim UKWM 2

Lalu pada hari Kamis, 19 April 2018 diadakan Amazing Rest untuk seluruh panitia dan peserta kompetisi Universitas  yaitu menuju Taman Mini Indonesia Indah.

2019

3ACTION PART IX

NATIONAL UNIVERSITY ACCOUNTING COMPETITION

”TRAIN YOUR INTEGRITY, ENERGY, AND INTELLIGENCE TO IMPROVE ACCOUNTANT COMPETITIVENESS”
Rabu, 10 Maret 2019

Rabu tanggal 10 April 2019 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Trilogi (HIMAKSI Trilogi) menyelenggarakan rangkaian 3Action yaitu Accounting Competition untuk tingkat Universitas. Acara ini diikuti oleh 18 Tim yang terdiri dari 12 Universitas yang telah lolos dari babak Online Preliminary yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2019 dan pengumuman pada tanggal 30 Maret 2019. Berikut adalah daftar 18 tim yang menjadi peserta acara kompetisi Universitas 3 Action part X:

Universitas Jumlah Tim Nama Tim
Universitas Kristen Indonesia 1 TIM UKI Team
Universitas Trilogi 2 TIM Trilogi 1 & Trilogi 2
Trisakti School Of Management 2 TIM TSM 1 & TSM 2
ITB Ahmad Dahlan Jakarta 2 TIM Acc Revolutionary ITB AD & Profit Team ITB AD
Universitas Mulawarman 1 TIM Mulawarman Muda
Politeknik LP3I Jakarta Utara 1 TIM LP3I Jaya
Universitas Pembanguna Nasional “Veteran” Yogyakarta 2 TIM Balance & Avengers
Universitas  Al-Azhar Indonesia 1 TIM Khawarizmi
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya 1 TIM Akuntansi Ubhara
Politeknik LP3I Cilodong Raya 2 TIM Newbie & Accounting Star
Universits Pancasila 1 TIM Universitas Pancasila
Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka 2 TIM Batapres & Loro

Acara dibuka oleh pembawa acara, lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Trilogi yang dipandu oleh saudari Fitriah. Setelah itu sambutan oleh Putri Azizah selaku ketua pelaksana kompetisi universitas, lalu di lanjutkan oleh Muhammad Zamzami selaku ketua HIMAKSI Trilogi dan dilanjutkan oleh Bapak R. Dwi Sunu Kanto, M.Sc., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi, lalu dilanjutkan oleh Putri Amelia Zaleha selaku ketua pelaksana Kompetisi Universitas.

Acara dilanjutkan ke-First Mainround, yaitu Me and Myself (M). Pada babak ini 12 tim terbaik akan melanjutkan ke Second Mainround. Pada Second Mainround peserta mengerjakan Rainbow Pen (RP). Pada babak ini 8 tim terbaik akan masuk ke Semifinal, pada tahap ini terdapat 2 sesi yaitu sesi 1 mengerjakan soal dalam amplop sesi 2 yaitu Tictac Mind. Dari Semifinal ini diambil 4 tim terbaik  untuk masuk  Final. Di final terdapat Explain Me dan Debat.

Setelah perjuangan yang panjang, peserta kembali lagi ke Auditorium untuk mendengarkan pengumuman. Sebelum pengumuman ada penyampaian sambutan oleh Ibu Sri Opti, S,E.Ak., M.M., CA dan sambutan oleh Dewan Juri, Bapak Drs. Jeri Anwar Hasan, CPA., CA., Ak dan Rekan. Serta penyerahan sertifikat kepada Dewan Juri.

Kamis, 11 April 2019

Kamis, 11 April 2019 Setelah mengikuti kompetisi antaruniversitas peserta akan mengikuti acara selanjutnya yaitu Gala Dinner yang di laksanakan pada hari Kamis, 11 April 2019. Gala Dinner berlangsung di Universitas Trilogi. Acara dibuka oleh pembawa acara, setelah itu sambutan oleh Ibu Sri Opti S.E.Ak., M.M., CA. Selanjutnya sesi foto bersama para dosen dengan peserta. Acara dilanjutkan dengan Traditional Welcome Dance yang di persembahkan oleh anggota HIMAKSI Trilogi.

Setelah perjuangan yang panjang dan setelah menikmati acara pembukaan, inilah saat-saat yang menegangkan yaitu, pengumunan juara kompetisi. Pengumuman akan dilakukan oleh MC dan yang mendapatkan juara sebagai berikut:

Juara I             : Trisakti School of Management 2 (TSM 2)
Juara II            : Trisakti School of Management 1 (TSM 1)
Juara III          : Universitas Trilogi 1 (Trilogi 1)
Juara Harapan : Universitas Trilogi  2 (Trilogi 2)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =

Open chat