Home Berita SEMINAR NASIONAL ONLINE “MENJADI PEJUANG BISNIS LOKAL YANG MENGGLOBAL”

SEMINAR NASIONAL ONLINE “MENJADI PEJUANG BISNIS LOKAL YANG MENGGLOBAL”

Home Berita SEMINAR NASIONAL ONLINE “MENJADI PEJUANG BISNIS LOKAL YANG MENGGLOBAL”

SEMINAR NASIONAL ONLINE “MENJADI PEJUANG BISNIS LOKAL YANG MENGGLOBAL”

by Akuntansi Akuntansi

HIMAKSI (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) Universitas Trilogi adalah organisasi yang memfasilitasi mahasiswa, khususnya jurusan akuntansi untuk menambah wawasan. HIMAKSI Trilogi juga mewadahi tidak hanya mahasiswa, tetapi juga siswa SMA/K, pelaku usaha, dan berbagai profesi lain untuk berkembang dengan mengadakan kegiatan akademik da non- akademik. Salah satunya adalah pada acara yang diadakan pada hari jum’at, 24 juli 2020, yaitu Seminar Online Nasional dengan tema “Menjadi Pejuang Bisnis Lokal yang Mengglobal”.

 

Pendaftaran seminar online nasional telah dibuka sejak tanggal 7 juli 2020. Target peserta dalam seminar kali ini adalah lulusan dan siswa/I SMA/K, Guru SMA/K, Pelaku UMKM, Umum, dan Mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh 223 peserta yang terdiri dari berbagai instansi dan dosen universitas trilogi

Acara seminar nasional online ini dibuka oleh Meily Asfianti sebagai MC yang memimpin jalannya acara. Pembukaan dilanjutkan oleh sambutan dari ketua pelaksana, yaitu Adinda Mauliddina dan Ibu Dr. Inanpi Hidayati S. S.P., M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Bio Industri Universitas Trilogi. Pada acara kali ini, program studi akuntansi universitas trilogi dan didukung oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) Trilogi, mengundang pembicara yang terdari dari pengusaha, pelaku UMKM, dan serta Alumni Akuntansi Universitas Trilogi.

 

 

Pada sesi pemaparan materi oleh pembicara, acara dipandu oleh moderator yaitu, Ibu Novita S.E.Ak., M.Ak., CA. selaku Dosen Universitas Trilogi. Pemaparan pertama dilakukan oleh Ibu Wulan Ayodya, S.E., M.M selaku pengusaha dan Pendiri UKMKU. Ibu Wulan menjelaskan tentang bagaimana cara mengembangkan ide bisnis serta strategi dalam menghadapi risiko bisnis untuk dapat memasuki persaingan global. ibu wulan menjelaskan langkah pengembangan ide bisnis dengan perencanaan dan startegi, yaitu seseorang dapat mengevaluasi eksternal dan kondisi usaha, selanjutnya mengevaluasi internal usaha dan menentukan strategi dalam mengembangkan bisnis.

Permbicara kedua, pegusaha dan owner warung nasi tekor bali dan founder luwih bali adventure, yaitu ibu Ida Ayu Agung Ekastuti, S.E.Ak. Ibu Eka menjelaskan tentang bagaimana para pebisnis pemula dapat berfikir out of the box sebagai langkah dalam menghadapi bisnis secara global agar para pembisnis baru dapat bersaing dengan menjelaskan peta potensi diri menjadi entrepreneur. Kemudian pembicara ketiga, merupakan owner dari Mom Tarie dan merupakan alumni akuntansi tahun 2006 yaitu Ibu Gizka Taminathasya, S.E. Ibu Gizka atau yang lebih akrab dipanggil Kak Gizka mejelaskan tentang bagaimana penerapan ilmu bisnis dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis.

Pembicara keempat, Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Trilogi, yaitu ibu Sri Opti, S.E.Ak., M.M., CA. Ibu Opti menjelaskan bagaimana Pengelolaan keuangan dalam suatu bisnis yang baik dan benar untuk meningkatkan daya saing dalam berbisnis. Ibu opti menambahkan pentingnya pelaporan keuangan bagi UMKM dan memberikan tips-tips menjalankan usaha dengan modal kecil.

Demikian dengan pemaparan terakhir yang diberikan, semoga apa yang disampaikan dan pada seminar ini dapat berguna untuk seluruh peserta. Semoga dengan materi yang disampaikan dapat diimplementasikan dalam bisnis ataupun usaha yang baru mulai dijalankan. Terima kasih kepada Ibu Wulan, Ibu Eka, Ibu Gizka dan Ibu Sri Opti yang telah meluangkan waktu untuk menjadi narasumber pada seminar hari ini. Terima kasih juga kepada Program Studi Akuntansi yang telah mengadakan seminar yang menarik dan bermanfaat.

35 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =

Open chat