Home Berita Menanamkan Tradisi Ilmuwan di PKKMB 2022

Menanamkan Tradisi Ilmuwan di PKKMB 2022

Home Berita Menanamkan Tradisi Ilmuwan di PKKMB 2022

Menanamkan Tradisi Ilmuwan di PKKMB 2022

by admin trilogi

Sebanyak 328 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini berlangsung cukup menarik dan kreatif.

 

Ketua PKKMB Univeritas Trilogi, Dr. Rudi Ritonga menegaskan melalui kegiatan PKKMB ini mahasiswa baru tidak hanya diperkenalkan pada kehidupan pendidikan di perguruan tinggi. Lebih dari itu juga mengenalkan tradisi seorang ilmuwan yang menjadi bagian dari identitas mahasiswa.

 

“Mengenalkan tradisi ilmuwan itu penting bagi mahasiswa. Terlebih di era digital saat ini. Penguatan tradisi ilmuwan merupakan langkah tepat untuk mahasiswa baru,” jelas Rudi Ritonga saat mendampingi kegiatan PKKMB 2022 di kampus Universitas Trilogi, Jakarta, kemarin.

 

Tradisi ilmuwan yang dimaksudkan, lanjut Rudi adalah sikap kritis dan menguatkan literasi. Hal ini penting bagi mahasiswa untuk mampu menjadi garda terdepan dalam melawan informasu palsu atau hoax. Sekaligus melatih kemampuan analitik bagi mahasiswa dalam memahami berbagai fenomena.

 

Menurutnya menumbuhkan tradisi ilmuwan tidak bedanya dengan mengembangkan ilmu pengetahuan. Yakni memulai dengan hipotesa, menguji hipotesa dan menyimpulkannya. Dengan demkian mahasiswa menjadi bijak dalam setiap pengambilan keputusan.

 

“Dalam kegiatna ini juga banyak pembekalan lain. Baik yang bersifat individual maupun kolektif. Khususnya terkait nila dan norma kehidupan kampus,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =