Home Berita 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing 01 – 02 Februari 2023

4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing 01 – 02 Februari 2023

Home Berita 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing 01 – 02 Februari 2023

4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing 01 – 02 Februari 2023

by mufti

National Conference on Accounting & Fraud Auditing (NCAFA) merupakan sebuah konferensi tingkat nasional di bidang akuntansi dan audit yang memiliki rangkaian kegiatan Call for Paper dan Seminar. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk mendukung Tri Dharma perguruan tinggi, khususnya di bidang penelitian dimana NCAFA menjadi wadah bagi akademisi, praktisi dan mahasiswa se-Indonesia untuk mempresentasikan hasil riset terbaik dalam bidang akuntansi.

 

NCAFA juga menjadi agenda rutin Program Studi Akuntansi, Universitas Trilogi sejak tahun 2019. Konferensi ini merupakan bentuk kontribusi dari Program Studi Akuntansi, Universitas Trilogi dalam perkembangan ilmu akuntansi di Indonesia. NCAFA merupakan hasil inisiasi kerja sama antara Universitas Trilogi dengan Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) Indonesia Chapter dan Association of Public Sector Accounting Educator (APSAE). Dalam perjalanannya penyelenggaraan NCAFA kemudian berkembang dengan bekerja samanya NCAFA dengan beberapa Jurnal Terakreditasi SINTA, Aliansi Pengelola Jurnal Berintegritas Indonesia (ALJEBI), serta Universitas Negeri maupun Swasta Indonesia. Seiring dengan perkembangan tersebut, antusiasme peserta dari tahun ke tahun juga kian meningkat.

 

Tahun 2023 merupakan tahun keempat penyelenggaraan NCAFA dan akan diselenggarakan secara hybrid; luring di Auditorium Universitas Trilogi, Jakarta dan daring melalui Zoom Cloud Meetings. Kegiatan 4th NCAFA ini akan membawa pengaruh penting bagi Universitas Trilogi dalam menjalin komunikasi ilmiah dengan para akademisi, praktisi bisnis maupun pelaku sektor publik karena hasil riset bidang akuntansi yang dipresentasikan meliputi berbagai kajian, termasuk di dalamnya Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal (AKPM), Akuntansi Manajemen dan Keperilakuan (AKMK), Sistem Informasi, Pengauditan, dan Etika Profesi (SIAEP), Perpajakan (PPJK), Akuntansi Syariah (AKSR), Tata Kelola dan Sustainability Accounting (TKSA), Fraud and Forensic Accounting (FFA), Akuntansi Sektor Publik (ASP), dan Pendidikan Akuntansi (PAk).

 

Hasil dari konferensi ini diharapkan akan memberikan solusi alternatif yang menjembatani antara pandangan berdasarkan teori dan hasil riset di dunia ilmiah dengan realitas praktik baik pada sektor bisnis maupun sektor publik. Konferensi ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bentuk gagasan konstruktif sebagai rekomendasi bagi kebijakan pemerintah, terutama peran akuntan dalam melakukan pencegahan terhadap tindakan kecurangan, peraturan perpajakan, dan kebijakan-kebijakan di sektor pasar modal dan pasar uang.

 

Tanggal Pelaksanaan

Session 1

Rabu, 01 Februari 2023

Session 2

Kamis, 02 Februari 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + eleven =