Home Biodata Singkat & CV Kabul Wahyu Utomo

Biodata Singkat & CV Kabul Wahyu Utomo

Home Biodata Singkat & CV Kabul Wahyu Utomo

Biodata Singkat & CV Kabul Wahyu Utomo

by admin trilogi

  BIODATA SINGKAT: Kabul Wahyu Utomo

 

KABUL WAHYU UTOMO adalah dosen Universitas Trilogi yang telah mengabdi sejak akhir tahun 2003 di STEKPI yang pada tahun 2013 bertransformasi sebagai Universitas Trilogi. Sejak 20 November 2019, Kabul diberikan amanah sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Trilogi. Amanah tersebut merupakan amanah yang kedua kalinya pada jabatan yang sama, karena pada tahun 2016 Kabul juga pernah menjabat sebagai WR Akademik dan Kemahasiswaan.

Kabul Wahyu Utomo merupakan anak terakhir dari 4 bersaudara. Lahir di sebuah kota kecil di Jawa tengah bernama Kebumen pada tanggal 13 Juli 1975. Lahir dari Orang tua yang merupakan Pengusaha namun jalan hidup mengarahkan dirinya menjadi Dosen.

Masa kecil sampai SMA dihabiskan di Kebumen dengan menempuh Pendidikan di SD Inpres/SD Negeri Pejagoan 3, SMP Negeri 1 Kebumen dan SMA Negeri 1 Kebumen. Setelah luus SMA tahun 1993, Kabul ke Yogyakarta untuk mengejar Ilmu yang baru di Kota Pendidikan Yogyakarta. Selama 3,5 tahun di Yogyakarta, Kabul berhasil menyelesaikan studinya di Universitas Islam Indonesia, sebuah Universitas Swasta Tertua di Indonesia. Lulus disaat Indonesia mengalami krisis moneter menjadikan Dia harus berpikir ulang untuk masa depannya. Sambil menanti kondisi perekonomian membaik, Kabul belajar dari Ayahnya tentang bisnis, manajemen dan pengelolaan perusahaan.

Namun panggilan hati nurani untuk terus belajar membawa Kabul untuk mencari ilmu baru. Kemauan untuk terus belajar membawanya kembali ke Yogyakarta. Tujuan utamanya adalah masuk ke salah satu Kampus terbaik di Negeri ini. Universitas Gadjah Mada merupakan terminal terbaik untuk Dia menimba banyak ilmu. Tahun 2001, Dia menyelesaikan studinya di Program Magister Sains Program Studi Manajemen di Universitas Gadjah Mada. Ketertarikan Kabul akan perilaku dan Sumber Daya Manusia mengarahkannya untuk mengambil konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Perilaku Organisasi.

Ketika lulus tahun 2001, Dia dengan keahliannya di bidang MSDM dan Perilaku Organisasi, banyak dipercaya sebagai pengajar di mata kuliah tersebut di beberapa PTS di Yogyakarta dan beberapa kota disekitar Yogyakarta.

Tahun 2001 merupakan awal karirnya sebagai dosen dan merupakan awal karir di bidang Pendidikan. Pada awal karir tersebut, Kabul bahkan diminta membantu sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik di sebuah Perguruan Tinggi Swasta Baru di Kebumen yaitu STIE Putra Bangsa. Sebuah kampus di daerah yang perkembangan dapat dibanggakan sampai saat ini.

Cukup 3 Tahun mengabdi sebagai Putra Daerah dan mengembangkan Pendidikan di daerah, pada akhir tahun 2003, Kabul merasa bahwa ada tantangan baru di Ibu Kota. Tantangan tersebut membawanya ke sebuah perguruan tinggi yang saat itu bernama STEKPI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia). Pada saat itu dia menjadi dosen muda di program studi Manajemen.

Seiring waktu dengan makin meningkatkan ilmu-ilmu manajemen menyebabkan Kabul merasa bahwa dirinya harus berkembang dari sisi keilmuan. Sehingga dirinya kemudian membulatkan tekad untuk kembali ke Kota Pelajar untuk Studi S3 nya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Baginya, Yogyakarta adalah Kota sumber Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan.

Tahun 2016 Kabul menyelesaikan Pendidikan Doktor Manajemen dengan spesialisasi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perilaku Organisasi di FEB UGM Yogyakarta. Penelitian yang mengantarkannya mendapatkan gelar Doktor di UGM adalah tentang Kualitas hubungan Pemimpin dan Bawahan, Ketrampilan Politik serta Persepsi Politik Organiasional.

Selepas menyelesaikan Pendidikan S3 nya, Kabul kembali ke habitatnya sebagai dosen. STEKPI adalah merupakan Institusi yang ditinggalkannya saat menempuh Pendidikan Doktoral di Yogyakarta dan pada saat dia lulus, STEKPI sudah bertransformasi menjadi Universitas Trilogi.

Pada tahun tersebut kemudian Home Basenya dipindahkan dari Program Studi Manajemen S1 Universitas Trilogi menjadi Program Studi Manajemen S2 di Universitas Trilogi

Kabul adalah sosok yang mudah menyesuaikan diri dan beradaptasi sehingga dirinya memiliki berbagai karir yang cukup baik dan dipercaya memegang amanah pada beberapa posisi.

Seperti telah disampaikan sebelumnya karir organisasi pada ranah struktural sudah dimulai Kabul sejak lulus S2 yaitu sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik di STIE Putra Bangsa Kebumen. Ketika dia pindah ke Jakarta akhir 2003 dan awal 2004, di STEKPI Dia langsung dipercaya dan diberi amanah sebagai Kepala Sub Bagian Pelayanan Pembelajaran. Jabatan tersebut tidak lama, karena  hanya 3 bulan pada posisi tersebut Dia dipromosikan dan diminta untuk menjadi Kepala Bagian Humas dan Kerjasama. Tugas utamanya saat itu adalah Penerimaan Mahasiswa Baru dan menjalin hubungan baik dengan Pihak Eksternal. Pada saat Dia menjadi Kepala Bagian Humas dan kerjasama tersebut Penerimaan Mahasiswa STEKPI mengalami peningkatan yang signifikan dan stabil. Pada masa tersebut, Kabul juga diberi kepercayaan dan amanah untuk rangkap jabatan sebagai Kepala bagian kemahasiswaan dan Perpustakaan.

Sekembalinya dari Studi S3 tahun 2016 Kabul langsung dipercaya dan diberi amanah untuk menjadi Wakil Direktur Program Magister Manajemen Universitas Trilogi. Jabatan tersebut hanya dipegang selama 3 bulan karena kemudian Rektor pada saat itu (Prof. Asep Saefuddin, M.Sc., Ph.D.) memberikan amanah dan kepercayaan kepada Kabul untuk menjadi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menggantikan pejabat sebelumnya. Jabatan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan tersebut diselesaikannya dengan baik.

Selesai menjabat Wakil Rektor Bidang Akademik, Rektor baru pada saat itu memberikan amanah baru kepada Kabul untuk menjadi Ketua Program Studi Magister Manajemen dan mengawal proses Akreditasi Program Studi MM hingga selesai. Pada periode tersebut Dia juga sempat merangkap sebagai Ketua Program Studi Manajemen (S1).

Tahun 2017, tepatnya bulan Agustus, kemudian Rektor memberikan Promosi Jabatan kepada Kabul dengan memberikan amanah sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta merangkap sebagai Dekan Fakultas Bio Industri. Jabatan Dekan yang diamanahkan kepadanya hanya dijabatan selama 3 bulan. Kedatangan Rektor Baru (Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D.) kemudian memberikan tugas baru kepada Kabul untuk mendampingi Beliau. Kabul diangkat menjadi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Trilogi.

Selain sebagai struktural dalam jabatan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Kabul tidak meninggalkan tugasnya sebagai Dosen yang menjalankan fungsi Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Kabul secara aktif mengembangkan konsep VIEWS (Value, Integrity, Entrepreneurship, Wisdom, dan Sincerely) dengan melibatkan beberapa partner yang memiliki kesamaan pemikiran. Dengan konsep VIEWS tersebut mengantarkan Kabul untuk diundang diberbagai forum untuk memberikan sharing Ilmu tentang motivasi dan pengembangan perilaku. Salah satu momentum yang menyentuh dan tidak pernah dapat terlupakan adalah ketika Kabul memberikan materi VIEWS didepan teman-teman PERTUNI (Perhimpunan Tuna Netra Indonesia) dalam acara Seminar dan Rekornas PERTUNI tahun 2019. Sungguh baginya momentum tersebut sangat memorable dan makin meyakinkan dan mengkonfirmasi konsep VIEWS.


CURRICULUM VITAE

1.IDENTITAS PRIBADI

  1. Nama:Kabul Wahyu Utomo, S.E., M.Si., Dr.
  2. Tempat/tanggal lahir:Kebumen, 13 Juli 1975
  3. Jenis kelamin: laki-laki
  4. Agama: Islam
  5. Jabatan: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Trilogi
  6. Alamat kantor:Gedung Rektorat Universitas Trilogi, Lantai 5, Jl. TMP Kalibata No.1, Jakarta Selatan 12760.
  7. Email: kabulwahyu@trilogi.ac.id; kabulwahyu@gmail.com; kabulwahyu@yahoo.com.
  8. No.Telp: 021-7980011 / 7981350

2.RIWAYAPENDIDIKAN

Pendidikan formal

 

No

 

Jenjang Pendidikan/Gelar

 

Tahun Lulus

 

Bidang Ilmu

 

Nama Sekolah/Universitas

 

1

Sekolah Dasar 1987 SD INPRES/ SDN Pejagoan 3, Kebumen
 

2

SLTP 1990  

SMPN 1, Kebumen

 

3

SLTA/SMU 1993 SMAN 1, Kebumen
 

4

S1 (SE) 1997 Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
 

5

S2 2001 Majoring Human Resource Management and Organizational Behavior Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
 

6

S3 2016 Majoring Human Resource Management and Organizational Behavior Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

 Pendidikan/Pelatihan

 

No

 

Jenis Pendidikan/Pelatihan

 

Tempat/Instansi Penyelenggara

 

1

Training Applied Approach (AA) 2002 Kopertis Wilayah VI, Semarang, Jawa Tengah
 

2

Workshop Design of Lecturing 2004 STEKPI, Jakarta (Sekarang sebagai Universitas Trilogi)
 

3

Training Lecturing of Mathematic Economics 2004 STEKPI, Jakarta (Sekarang sebagai Universitas Trilogi)
 

4

Training Credit Point (Angka Kredit) 2005 Kopertis Wilayah III, Jakarta
 

5

Training Applied Approach (AA) 2007 Kopertis Wilayah III, Jakarta
 

6

Pelatihan Keterampilan Dasar dan Teknik Instruksional untuk Dosen 2007 Kopertis Wilayah III, Jakarta
 

7

Training Partial Least Square (PLS) 2009 Program Magister dan Doktor Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta
 

8

Training Credit Point (Angka Kredit) 2010 Kopertis Wilayah III, Jakarta
 

9

Doctoral Colloquium and Conference 2012 Program Magister dan Doktor Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta
 

10

National Seminar building business independence and UMK competitiveness readiness in facing MEA 2016 Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta
 

11

Workshop of Internal Auditor (Auditor Mutu Internal SPMI) 2016 Universitas Trilogi
 

12

Doctoral Colloquium and Conference 2016 Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
 

13

Workshop curriculum based on KKNI 2017 Universitas Trilogi
 

14

Workshop System of Economic Pancasila 2017 Hotel Novotel Bogor
 

15

Seminar from Rice Importer to Self Sufficiency 2017 Universitas Trilogi
 

16

Workshop on Productivity Measurement in the Higher Education Sector 2017 The Asian Productivity Organization (APO) and Directorate of Productivity Development (NPO Indonesia), Yogyakarta
 

17

Focus Group Discussion Leadership Pancasila 2017 Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
 

18

Workshop research methodology 2017 Universitas Trilogi
 

19

International Conference on Blue Economy for Sustainable Development 2018 Jakarta
 

20

Training Moodle 2018 Universitas Trilogi
 

21

Workshop and meeting to drafting guidelines Protocol, Secretary General of Ministry of Village, Development of Disadvantaged Region, and Transmigration of Republic of Indonesia 2018 Lorin Hotel, Sentul Bogor
 

22

Seminar Fraud Awareness 2018 Universitas Trilogi
 

23

Workshop Updated Document of SPMI 2018 Universitas Trilogi
 

24

Workshop for updated curriculum based on KKNI and SN-DIKTI 2018 Universitas Trilogi
 

25

Seminar of Digital Transformation-Potential and Challenge-Microsoft Case Study, The Secrets 2018 Universitas Trilogi
 

26

Leadership and Business Management Workshop 2018 Universiti Kuala Lumpur Malaysia
 

27

Workshop upgrade capacity of official at Directorate General Preparation and Development Transmigration Settlement Region 2019 Sari Ater Hotel & Resort, Subang Jawa Barat
 

28

Training for trainer implementation education for against corruption, coordinate by LLDIKTI III and Corruption Eradication Commission (Komisi Pemberantasan Kurupsi/ KPK) 2019 Kampus Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Jakarta
 

29

Seminar and Meeting for National Coordination, PERTUNI (Perhimpunan Tuna Netra Indonesia) 2019 Hotel Mega Anggrek Jakarta
 

30

National Seminal Link and Match curriculum of management 2019 Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  1. RIWAYAPEKERJAAN
No Nama Jabatan Periode Jabatan
1 Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan

Universitas Trilogi, Jakarta

2019-Sekarang
2 Dekan FEB dan Bio Industri 2019
3  Ketua Program Magister Managemen 2017-2019
4 Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Trilogi, Jakarta Januari 2017-Oktober 2017
5 Direktur Program Magister Manajemen Oktober 2016-Desember 2016
6 Dosen STEKPI dan sekarang menjadi Universitas Trilogi, Jakarta 2004-Sekarang
7 Dosen di Lembaga Layanan Kementrian Riset dan Teknologi  Wilayah III  (LLDIKTI Wilayah III) 2006-Sekarang
8 Kepala Hubungan Mahasiswa dan Kepala Perpustakaan STEKPI 2016-2017
9  Kepala Hubungan Masyarakat dan Hubungan Eksternal     STEKPI 2004-2007
10 Kepala Seksi Pengajaran dan Pembelajaran STEKPI  April 2004-Juni 2004
11 Dosen STIE Putra Bangsa, Kebumen 2001-2003
12 Wakil Ketua bidang akademik 2001-2003

     4. PENELITIAN

  1. 2001 & 2002 Kepemimpinan Dan PengaruhnyaTerhadap PerilakuCitizenship ( OCB), Kepuasan Kerja Dan Perilaku Organisasional ( Penelitian Empiris Pada Kabupaten Kebumen ) Master Program Thesis by Gadjah Mada University, and Published by ISEI Surabaya Journal 2002
  2. 2007 Analisis hubungan Job Insecure dan Komitmen serta Kepuasan Kerja (Research Funding by P3M STEKPI, Un-published, and Documented by P3M STEKPI/ Trilogi University)
  3. 2011 Meta Analisisantecedent dan consequence Hubungan Supervisi (Pimpinan) dan Subordinat (Bawahan) (Kajian perkembangan teori Leader Member Exchange) (Research Funding by P3M STEKPI. Documented by P3M STEKPI/ Trilogi University)
  4. 2012 Penelitian kualitatif Studi kasus perubahan kualitasLeader Member Exchange pada Salah satu Institusi Pendidikan Tinggi di Jakarta (Personal Research, Un-published)
  5. 2013 Penguatan Posdaya Melalui Sentra Kulakan Posdaya dan Tabur Puja di Kabupaten Bantul Efendri, Kabul Wahyu Utomo, Muyassaroh, Nurhidayati dan Sri Opti (Research Funding by DAMANDIRI)
  6. 2013 Increasing Wholesale Centers Role as Part of Supply Chain Management Of SMES Kabul Wahyu Utomo, Ludwina Harahap, Lely Dahlia (It has been Presented in The International Seminar, Bali 2013)
  7. 2016 The Impact of Political skills towards The Correlation of Demographical Differences and Quality of Leader-Member Direct Relation, Dissertation of Gadjah Mada University, Un-published, and Documented by Gadjah Mada University Library.
  8. 2016Keterampilan Politik memoderasi hubungan Kesamaan Etnis dan Kualitas Hubungan Pemimpin-Bawahan Langsung. It has been Presented in Economics and Business Doctoral Colloquium and Conference (EBDCC) Program Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, November 18-19, 2016 (Proceeding)
  9. 2017 Pentingkah Keterampilan Politik Organisasi, Saat tidak ada Perbedaab pada Kualitas Hubungan Pemimpin-Bawahan?.Kabul Wahyu Utomo, Publish at Jurnal Manajemen dan Pemasaran, March 2017
  10. 2017Meta Analysis Relationship between Leader-Member Exchange (LMX) With Liking. Kabul Wahyu Utomo and Ludwina Harahap (It has been Presented in Second International Research Conference on Management and Business (IRCMB), Bandung July, 29 2017 (Proceeding)
  11. 2019 Does Perceived Pressure Affects Quality? A Conformity Concept And Virtue Ethics In Audit Firm: Evidence From Special Region In Indonesia. Dyah Ekaari Sekar Jatiningsih, Annisa Budi Purwaningtyas, Kabul Wahyu Utomo (It has been Presented in The 1st International Global Conference on Management and Development Economics; Resort World Hotel, Langkawi Malaysia 17-18 March 2018 (Proceeding)
  12. 2019 Women’s Leadership in Government and Its Relationship With Organizational Citizenship Behavior. Kabul Wahyu Utomo, Memey Meirita Handayani, Lestari Agusalim (Cancel to presented at SIBR Hongkong 2019, September 28-29, 2019 because unstable condition in Hong Kong)
  13. 2020 Women’s Leadership in Government and Its Relationship With Organizational Citizenship Behavior. Kabul Wahyu Utomo, Memey Meirita Handayani, Lestari Agusalim; (It has been Presented in 30thEurasia Business and Economic Society Conference (EBES Conference, Kuala Lumpur 8-10 January 2020 (Proceeding)

Demikian Daftar Riwayat Hidup (CV) ini dibuat dengan sebenar-benarnya.

 

Jakarta, Juni 2020

 

 

 

Dr. Kabul Wahyu Utomo

Open chat