MENUMBUHKAN KREATIVITAS CALON GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PRAKTIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA

Rida Fironika Kusumadewi

Abstract


Abstrak: Perkembangan dunia abad 21 yang ditandai dengan ilmu dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran menuntut para guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Teknologi yang begitu pesat telah mendatangkan berbagai temuan baru yang dapat diadopsi untuk diterapkan dalam bidang pendidikan. Perkembangan–perkembangan yang begitu pesat dalam teknologi berkaitan dengan bagaimana kreativitas guru dalam mengajar. Terlebih bagi calon guru, mereka harus menguasai dan memahami perkembangan yang ada melalui praktik mengajar. Untuk menciptakan kreativitas dalam pembelajaran, calon guru harus mampu membuat suatu karya dari bahan yang ada, mengusulkan suatu kegiatan baru didalam kelas dan melakukan tindakan-tindakan untuk membuat kelas menjadi sesuatu yang nyaman. Ketika calon guru mampu menciptakan kreativitas dalam pelaksanaan pembelajaran, maka segala bentuk media yang diterapkan akan berfungsi dengan baik, karena media sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Permainan ular tangga merupakan suatu media yang sangat menarik apabila dikaitkan dengan proses belajar mengajar. Namun dalam pelaksanaan dan mekanisme pembelajaran menggunakan permainan, calon guru harus memahami terlebih dahulu bagaimana proses pembelajaran yang akan diterapkan melalui praktik mengajar, sehingga suasana kelas proses belajar mengajar menjadi menyenangkan.

Kata Kunci: kreativitas, media permainan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Baryati. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mengangkang. Semarang : Skripsi pada FKIP UNNES : Tidak diterbitkan

Conny R. Semiawan. 2009. Memupuk dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia

Dalman. 2013. Ketrampilan membaca.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto dan Darmiatun, S. 2013. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media

Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia

Hamdayama, J. 2014. Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Bogor :

(http://www.sejarahdk.com/2016/02/bermain-dengan-ular-tangga-kuno-yang.html ).

Purwanto, N. 2012. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung : Rosda

Slameto.2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Rosda

Syarbini, A. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta : Prima Pustaka.

Utami Munandar. 1992. Mengembangkan dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.