KORELASI BELIEF MATEMATIK DAN KEMAMPUAN SPASIAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI

Fathinatul Hasanah, Wardhani Rahayu, Fahrurrozi Fahrurrozi

Abstract


Abstract : Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam memahami konsep geometri. Hal yang diduga berhubungan dengan pemahaman konsep geometri adalah kemampuan spasial dan belief matematik. Tujuan penelitian ini adalah melihat korelasi belif matematik dan kemampuan spasial dengan pemahaman konsep geometri. Penelitian ini menggunakan metode survey. Survey dilakukan terhadap 99 siswa. Hasil penelitian dengan , menunjukkan bahwa belif matematik berkorelasi dengan pemahaman konsep geometri. Begitu pula kemampuan spasial berkorelasi dengan pemahaman konsep geometri. Bahkan uji korelasi secara bersama-sama belief matematik dan kemamapuan spasial dengan pemahaman konsep geometri memiliki korelasi yang tinggi dengan besar 0,911.

 

Kata kunci : Belief matematik, Kemampuan Spasial, Pemahaman Konsep Geometri.

Full Text:

PDF

References


Aguswara, W. W., & Rachmadtullah, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jpud-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369-385.

Anita, Hubungan Bermain Balok Unit dengan Perkembangan Kemampuan Spasial Anak Usia 5-6 Tahun, Skripsi (Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2016), h. 59

Bonnie Coulter Leech, Geometry Great Thinkers: The History of Geometry (New York: The Rosen Publishing Group Inc., 2007), h. 4

Diki Rijal Mufasir, Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Terhadap Beliefs Tentang Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 9 (Cirebon : Institut Agama Islam Negeri Syech Nurjati), h. 2

Djamilah Bondan Widjajanti “Mengembangkan Keyakinan (Belief) Siswa Terhadap Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Makalah KNPM3 MAT UNY 2009, h. 6

Evi Febriana, “Profil Kemampuan Spacial Siswa Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika”, “Jurnal Elemen”, 2015, h. 14

Howard Gardner, Multiple Intellegences: The Theory in Practice : A Reader (New York: Basic Books, 1993), h.9

Iim Rohimah dan Indah Nursuprianah, “Pengaruh Pemahaman Konsep Geometri Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Bidang Datar”, Jurnal EduMa Vol. 5 No. 1 Th. 2016, h. 21

Kapetanas Eleftherios and Zachariades Theodosios, “Students’ Beliefs and Attitudes About Studying and Learning Mathematics (Seoul: Proceeding of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol.3, 2007), h. 97

La Timbu, Pengaruh Bentuk Penilaian (Assessment) Terhadap Hasil Belajar Fisika dengan Memperhatikan Kecerdasan Spasial Siswa SMA, Tesis (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2009), h. 153

M. Hariwijaya, Tes Itelegensi (Yogyakarta : Andi Offset, 2005), h. 14

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003), h. 214

Nur’aini Muhassanah, Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele (Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 1 Maret 2014), h. 56

Philip Carter, Tes IQ dan Bakat : Menilai Kemampuan, Penalaran Verbal, Numerik, dan Spacial Anda (Jakarta: PT. Indeks, 2010), h. 28

Putri Yuanita, “Kepercayaan (beliefs) Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 13 Pekanbaru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) (Riau : Universitas Riau, 2011), h. 19

Sanne Dijkstra, Hein P. M. Krammer, dan Jeroen J.G. Van Merrienboer, Instructional Models in Computer-Basid Learning Environments (University of Twence The Nederland:1991), h. 199

Schoenfeld, A. H., Exploration of Students’ Mathematical Belief and Behavior, (dalam Journal for Research in Mathematics Education, 1989), h. 338- 335

Stephen Skinner, Sacred Geometry : Disiphering the Code (New York: Sterling Publishing Co. Inc., 2009), h.6

Sumantri, M. S., Prayuningtyas, A. W., Rachmadtullah, R., & Magdalena, I. (2018). The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers’ Self-Regulation in Developing Competence in Teaching Science. Advanced Science Letters, 24(10), 7077-7081




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.