PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Erwin Ginting

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh strategi pembelajaran peta konsep dan strategi pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah, untuk mengetahui interaksi antara atrategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar IPA.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi peta konsep memiliki hasil belajar IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh F. Hitung = 201.57 > F. Tabel = 3.968 pada taraf signifikan α = 0.05. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi hasil belajar biologi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah. Hal ini ditunjukkan oleh F. Hitung = 5.20 . F. Tabel = 3.968 pada taraf signifikan α = 0.05. Dengan dk = 1.76, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir logis siswa terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan F.hitung = 16.69 . F. Tabel = 3.968 pada taraf signifikan α = 0.05.

 

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Berpikir Logis, Hasil Belajar

 

Abstrac : The objective of this research were to discover the different effect between map concept instructional strategy and conventional istructional strategy, to discover the different of IPA strategy instructional out come between students with high and low logical tinking ability, and to discover the interaction between intructional strategy and logical thingking to ward IPA learning achievement   .The hipothesis testing showed that students taught with map concept strategy had a higher learning out come comparewith student taught with conventional strategy. This whas propped by F.count = 201.57 . F. Tabel = 3.968at the level of significance α = 0.05. student with high logical thinking ability the learning out come were higher that students with low logical thinking analysis. This was propped by the F . count 5.20 F. Tabel = 3.968 the level of significance = 0.05 with level accuracy = 0.76 and the was interaction between learning strategy and student logical thinkng abilyti to warred IPA learning out come this was shown by F.count = 16.69 > F. Tebel = 3.968 at the level of significance α = 0.05.

 

Keywords : Instructional strategy, Logical thinking, learning out come

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I & Ann Klicher. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge.

Danim. S. 2007. Metode Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Perilaku. Jakarta : Bumi Aksara.

Hajar, 2017. Penerapan Strategi Belajar Peta Konsep Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VI. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.5 No.5

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Moller, Leslie, Jason Bond Huett, & Douglas M. Harvey. 2014. Learning and Intructional Technologies for The 21st Century. New York : Springer Science-Business Mediarn LLC.

Oliver, Paul. 2013. Writing Your Thesis. Sage Publication Ltd.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Stenberg, Robert & Karin Stenberg, 2012. Cognition. Canada : Wadswoth Cengage Learning.

Tirtarahardja. U. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i2.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.