jisa, informatikadansains

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JISA (Jurnal Informatika dan Sains)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk bagi (Calon) Penulis

JURNAL INFORMATIKA DAN SAINS

 

  1. Terbit Berkala, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dibidang Teknologi Terapan.
  2. Artikel yang dikirim belum pernah dimuat di media cetak atau elektronik lain, diketik dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pts dengan spasi 1,15 pada satu muka kertas ukuran A4. Panjang artikel maksimal 20 halaman.
  3. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel disertai nama institusi dan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi. Jika penulis terdiri atas 4 orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul adalah nama penulis utama; nama penulis lainnya dicantumkan sebagai catatan kaki pada halaman pertama. Dalam hal artikel yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis yang namanya ada pada urutan pertama.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan format esai. Judul artikel dicetak dengan huruf kapital pada awal setiap kata.
  5. Sistematika penulisan hasil pemikiran: • judul • nama penulis (tanpa gelar akademik), nama institusi, dan alamat e-mail • abstrak (maksimal 100 kata) • kata kunci (paling banyak delapan kata) • pendahuluan (tanpa judul) berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan • tinjauan pustaka • metodologi penelitian • hasil dan pembahasan • penutup berisi simpulan dan saran • daftar rujukan minimal 5 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk.
  6. Sumber rujukan sedapat mungkin berupa sumber primer, seperti laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi), atau artikel-artikel hasil penelitian dalam jurnal atau berkala ilmiah. Disarankan dari jurnal internasional yang mempunyai impact dan sudah terindeks “Scopus” minimal 3-5 referensi.
  7. Tata cara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan IEEE atau mencontoh langsung tata cara yang digunakan dalam artikel yang telah dimuat.
  8. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari atau penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis.
  9. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.
  10. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis. Penulis berhak untuk menarik artikelnya sebelum dinyatakan diterima dan selesai melalui proses review. 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang disubmit belum pernah diterbitkan sebelumnya
    atau sedang dalam tahap seleksi di jurnal lainnya.
  2. Pastikan file yang di submisi menggunakan format Microsoft Word
     
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang tepat, bukan di akhir.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Kproses blind review telah diikuti
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.