MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BUAT LINGKARAN DI PAUD BANI RAHMAT
Abstract
Pada faktor lingkungan dan keluarga anak terdapat masalah perkembangan motorik kasar pada anak dimana kurangnya aktivitas fisik atau gerak yang diberikan kepada anak sehingga perkembangan anak pada usianya tidak sesuai atau terjadi keterlambatan motorik kasar. perkembangan. Untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, anak perlu sering diberikan aktivitas fisik atau gerakan. Seorang pendidik dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motoriknya ketika berada di sekolah, salah satunya dapat dilakukan dengan diberikan kegiatan permainan lingkaran. Dengan diberikannya permainan lingkaran pada anak, tidak hanya perkembangan motorik saja yang akan meningkat, tetapi kemampuan kognitif anak juga akan terus berkembang dan meningkat. Metode yang digunakan peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan empat anak sudah berkembang dan dua anak mulai berkembang (perlahan gerak fisiknya berkembang). Dengan diberikan permainan melingkar mencari teman dengan cepat maka gerakan anak sangat terlihat dan permainan ini dapat membantu anak usia dini yang perkembangan motorik kasarnya tertunda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Y., Nasirun, M., & D., D. (2019). MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA ANAK MELALUI PERMAINAN ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK B Taman Kanak-Kanak Lestari Desa Srikaton Blok V Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 32–40. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.32-40
Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriyah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 36–44.
Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Iii, B. A. B., & Penelitian, A. M. (n.d.). No Title. 46–54.
Indria, J. (n.d.). Bermain Dalam Rangka.
Oktriyani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka Di Taman Kanak- Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 83–96.
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812
Sah, R., Darmayanti, R., & BPA, M. (2022). Updating Curriculum Through 21st- Century Learning Design. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 2, 1. http://snastep.um.ac.id/pub/index.php/proceeding/indexKeahliandanPerformaPaka%0ArdalamTeknologiPendidikanuntuk
Sjoekoer. (2005). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Ocean Modelling, 22(3), 1361–1369.
Surayani. (2005). Analisis Kamus Umum Bahasa Indonesia. 10.
Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v5i2.1321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760