PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERILAKU KERJASAMA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Amelia Afrisna, Sri Hartati

Abstract


Perilaku kerjasama anak belum berkembang secara optimal karena kurang menariknya pemilihan metode yang digunakan guru. Sebagian besar guru kurang memperhatikan pentinya pemilihan meotde yang menarik dan menyenangkan sehingga terciptanya perilaku kerja sama anak. Maka demikian penelitian ini guna menjawab permasalahan yang ada berdasarkan identifikasi masalah yaitu seberapa besar pengaruh metode proyek terhadap perilaku kerja sama anak di Taman Kanak-kanak. Penggunaan metode Quasi Eksperimen pretest-postest sebagai metode penelitian ini berdasarkan populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik TK Aisyiyah 11 dengan jumlah sampel sebanyak 17 anak yang meliputi atas dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Analisis data penelitian mengacu pada uji prasyarat normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perolehan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. Dengan rata-rata N-gain metode proyek membuat taman mini sebesar 19,88 dan penggunaan media balok sebesar 18,29, perilaku kerjasama anak perlakuan dengan metode proyek lebih tinggi dibandingkan dengan kerjasama perilaku anak yang menggunakan media balok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh sangat besar terhadap perilaku kerja sama anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Kota Padang.

 


Keywords


perilaku kerjasama, metode proyek, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Adistyasari, R. (2013). Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kerjasama Anak dalam Bermain Angin Puyuh.

Apriono. (2012). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Prospektus Jurnal Ilmiah, 2, 56.

Elizabet B.Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Erlangga.

Erikson. (1968). Identity Youth and Crisis. Norton & Company.

Farida, M. (2013). Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini Merupakan Benih Bagi Masa Depan Bangsa. Jurnal-Talim, 3, 459–464.

Khadijah. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.

Lidwina, Indri Astuti, P. (2014). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek di Taman Kanak-kanak Al-Mukaddimah Pontianak.

Magta. (2019). Pengaruh Metode Proyek terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 2(24), 212–220.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.1761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760