HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ANAK PADA PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI

Chika Rachmania, Tuti Hayati, Arif Nursihah

Abstract


Ketidakseimbangan antara aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna dengan konsentrasi belajar anak usia dini menjadi latar belakang masalah penelitian ini. Metode eksperimen pencampuran warna merupakan salah satu faktor yang dapat melatih dan mengembangkan konsentrasi belajar anak usia dini. Dari asumsi teori tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna dengan konsentrasi belajar anak usia dini di Kelompok B RA Nurul ‘Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional dengan statistik deskriptif terhadap 18 anak di kelompok B. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui rumus korelasi product moment dan uji t dengan db =16 dan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 10,05 > t tabel = 2,120 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna dengan konsentrasi belajar anak usia dini.

Keywords


Anak Usia Dini; Konsentrasi Belajar; Metode Eksperimen; Pencampuran Warna

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kretif dan Inovatif. Bandung: PT Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azzahra, St. F. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Melalui Kegiatan Pencampuran Warna untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Kelompok B TK Aisyiyah Jatia Kabupaten Gowa . Universitas Muhammadiyah Makassar.

Cecep, Thosin Waskita, D., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70.

Hayati, T. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Sains bagi Anak Usia Dini. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 38–49.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kurniasari, F. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Mencampur Warna dengan Kertas Krep pada Kelompok B di KB Aisyiyah Gondangmanis Bae Kudus Semester I Tahun Ajaran 2016/2017 [Universitas Kristen Satya Wacana]. https://doi.org/http://repository.uksw.edu/handle/123456789/10003

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 58-75.

Mulyasa. (2020). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyono, M. A. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Nase, T. (2007). Strategi Pembelajaran di Kelas. Bandung: Bina Aksara.

Rahmah, H., Budianti, Y., & Nasution, F. (2019). Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Sifat-sifat Air Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di RA Maryam Sei Rampah. RAUDHAH, 07(01), 66–78.

Roestiyah, N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Swastika, G. E., & Setiadi. (2015). Efektivitas Senam Otak (Brain Gym) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Autis di Terapis Anak Terang Kedung Seroko Surabaya. Jurnal Hasil Riset, 1–8.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunus, M. (2016). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Banten: Orbit Publishing.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v6i2.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760