SISTEM INFORMASI RETRIEVAL KETERKAITAN ANTARA HADITS ARBAIN DAN ALQURAN (TERJEMAHAN INDONESIA)

Imam Amirulloh, Yanti Apriyani, Taufik Wibisono, Melisa Winda Pertiwi, Mira Kusmira

Abstract


Al-Quran dan Al-Hadits mempunyai keterkaitan saling melengkapi dan menjelaskan satu sama lain. Atas dasar tersebut dalam menjelaskan isi Al-hadits perlu di lihat juga dari pandangan isi Al-Quran begitu juga sebaliknya. Namun dengan jumlah data Al-Quran dan Al-Hadits yang sangat besar berdampak pada lamanya eksekusi pencarian data dari kedua kitab tersebut terutama pencarian dari Ayat Al-Quran ke Hadits yang membutuhkan waktu yang lama dan ketepatan dalam pencarian. Untuk memecahkan permasalahan ini, ilmu penelitian sistem informasi retreival bisa menjadi solusi, salah satu bagian dari ilmu sistem informasi retrieval adalah Pre-Processing dengan Model Vector Space Model (VSM) dan untuk pengklasifikasian menggunakan metode Cosine Similarity, Dice dan Jaccard sehingga dapat membantu dalam menemukan hasil pencarian dengan tingkat ketepatan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut Cosine, Dice Dan Jaccard mempunyai hasil yang sama berdasarkan rata-rata recall, precision dan accuracy secara keseluruhan yaitu dengan nilai recall 44,27 %, precision 1,8 %, dan accurracy 94 %.


Keywords


Al-Quran; Al-Hadits; Sistem Informasi Retrieval; Vector Space Model;

Full Text:

PDF (48-60)

References


Budiharto, Widodo. (2016). Knowledge dan Information Retrieval. Yogyakarta:DeePublish

Broto Poernomo T.P, Ir. Gunawan. (2015). Sistem information retrieval pencarian kesamaan ayat terjemahan al quran berbahasa indonesia dengan query expansion dari tafsirnya. Teknik Informtika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Asia, Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknik Surabaya.

Geehan Sabah Hassan, Siti Khaotijah Mohammad.(2015). Categorization of ‘Holy Quran-Tafseer’ using K-Nearest Neighbor Algorithm, International Journal of Computer Applications (0975 - 8887).

Kaouther Faidi, Raja Ayed, Ibrahim Bounhas, Bilel Elayeb. (2015). International Journal on Islamic Applications in Computer Science And Technology Vol 3.

Mohammad Alhawarat, Mohamed Hegazi, Anwer Hilal. (2015) (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications Vol 6 No 2.

Muhamad Syarif. (2017). Implementasi Algoritma String Matching Dalam Pencarian Surah Dan Ayat Dalam Al-Quran Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 6 No 2.

North, Matthew (2012). Data Mining for The Masses. A Global Text Project Book.

Ogie Nurdiana, Jumadi, Dian Nursantika (2016). Perbandingan metode cosine similarity dengan metode jaccard similarity pada aplikasi pencarian terjemah al-qur’an dalam bahasa indonesia. JOIN Volume I No. ISSN 2527-9165.

Suhaib Kh. Hamed, Mohd Juzaiddin Ab Aziz.(2016). A Question Answering System on Holy Quran Translation Based on Question Expansion Technique and Neural Network Classification. Center for Artificial Intelligence Technology (CAIT).

Tutik Khotimah.(2014). Pengelompokan surat dalam al qur’an menggunakan algoritma k-means. Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 1 ISSN: 2252-4983.

Vivek Kale (2017). Enterprise Performance Intelligence and Desicion Patterns.




DOI: https://doi.org/10.31326/sistek.v5i1.1559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL IDENTITY

Journal Name:  Journal Information System and Science Technology

Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi


e-ISSN: 2684-8260
Publisher: Program Studi Sistem Informasi, Universitas Trilogi, Jakarta Selatan, Indonesia
Publication Schedule: February and August
Language: Indonesian and English
APC: Free of charge (submission, publishing) 
Indexing:  Google Scholar, Garuda, Neliti, One Search, Base, DRJI, Road, Crossref, Index CopernicusWorldCat, ScilitDimensions (find by DOI article)
OAI addresshttp://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/SISTEK/oai?verb=ListRecords&metadataPrefix=oai_dc
Collaboration Partners: Indonesian Association of Higher Education in Informatics and Computing (APTIKOM)

Contactjurnalsistek@gmail.com (Whatsapp Number: +628192454119)

license :
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Information System and Science Technology (Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi) is Published by Information System Department Trilogi University, South Jakarta, Indonesia. 

Under license CC-BY from Creative Commons Attribution.