PENGARUH METODE PEMBELAJARAN (JIGSAW DAN EKSPOSITORI) DAN GAYA KOGNITIF (FIELD DEPENDENT DAN INDEPENDENT) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PEGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Gusti Ayu Made Cityasari, Mohamad Syarif Sumantri, Etin Solihatin

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran (jigsaw dan ekspositori) dan gaya kognitif (field independent dan dependent) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 2 Kecamatan Tapos. Desain penelitian menggunakan metode eksperimen dengan treatment by level 2 x 2. Analisis data menggunakan analisis varian 2 jalur. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) adanya perbedaan secara signfikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang belajar menggunakan metode jigsaw dengan ekspositori, (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa sekolah dasar, (3) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara peserta didik yang mempunyai gaya kognitif independen yang diberi metode pembelajaran jigsaw dan yang diberi metode pembelajaran ekspositori berbeda secara signifikan, (4) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial antara peserta didik yang mempunyai gaya kognitif dependen yang diberi metode pembelajaran jigsaw dan yang diberi metode pembelajaran ekspositori berbeda secara signifikan.

 

 Kata Kunci: metode jigsaw, metode ekspositori, gaya kognitif, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Academia. [Online]. Tersedia: https://www.academia.edu/31385556/Artikel_konsep_dasar_model_pembelajaran diakses pada Tanggal 25 September 2017.

AGUSWARA, W. W., & RACHMADTULLAH, R. (2017). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 369-385.

Asyik Belajar. (2017). Tujuan Pembelajaran ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. [Online]. Tersedia: http://www.asikbelajar.com/2017/10/tujuan-pembelajaran-ilmu pengetahuan sosial.html diakses pada Tanggal 25 September 2017.

Baiduri. (2015). Gaya Kognitif Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Field Dependence-Independence. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahman, A. (2009). Profil Pengajuan Masalah Matematika berdasarkan gaya kognitif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: PT. RadjaGrafindo Perkasa.

Sumantri, M. S., & Rachmadtullah, R. (2016). The Effect of Learning Media and Self Regulation to Elementary Students’ History Learning Outcome. Advanced Science Letters, 22(12), 4104-4108.

Sumantri, M. S., Prayuningtyas, A. W., Rachmadtullah, R., & Magdalena, I. (2018). The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers’ Self-Regulation in Developing Competence in Teaching Science. Advanced Science Letters, 24(10), 7077-7081.

Suparman, A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.31326/jipgsd.v2i02.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.